Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship

KEPONEWS.COM - Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship Desain mewah. Performa kencang. Kamera kece. Batere tahan lama. Itulah empat hal yang kini wajib dimiliki sebuah smartphone di kelas premium saat ini. Meneruskan kiprahnya di pasar smartphone kelas pr...
Loading...

Desain mewah. Performa kencang. Kamera kece. Batere tahan lama. Itulah empat hal yang kini wajib dimiliki sebuah smartphone di kelas premium saat ini.

Meneruskan kiprahnya di pasar smartphone kelas premium, OPPO meluncurkan Reno2.

Untuk saat ini, rata-rata smartphone premium kategori flagship atau smartphone kasta teratas dari sebuah brand biasanya mempunyai harga di atas 10 juta rupiah. Ini membuat OPPO Reno2 masuk ke dalam kategori semi flagship karena harga jualnya yang ada di angka 8 juta rupiah. Seperti apa kemampuan Reno2 saat digunakan? Berikut ulasannya.

Konsep desain khas Reno dipertahankan

Desain mewah khas OPPO Reno dengan O-Dot masih dipertahankan OPPO. Pilihan warna juga terlihat lebih mewah dan elegan. Kini ada dua pilihan, yaitu Luminous Black dan Sunset Pink. Meningkat dari case bening transparan, OPPO memberikan Reno2 case tekstur kulit yang jauh lebih berkelas dibanding case transparan seperti ponsel OPPO lainnya.

oppo reno2 luminous black oppo reno2 sunset pink

Dari sisi ergonomis, Reno2 cukup nyaman digenggam. Bodinya yang lebar akan merepotkan bagi pengguna dengan tangan berukuran kecil untuk menggunakannya dengan satu tangan. Tapi jikalau tangan Kamu cukup besar, Reno2 akan nyaman di genggaman.

Tekstur bodi belakang yang halus juga terasa licin dan mudah kotor oleh sidik jari, jikalau Kamu menggunakannya tanpa case. Reno2 muncul dengan Hybrid dual nano-SIM. Ini berarti Kamu harus memilih antara dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu kartu microSD .

Kelas semi premium dengan fasilitas flagship

Kami melihat ada kompromi yang harus dilakukan OPPO untuk menekan harga jual Reno2 di kisaran 8 juta rupiah. Yang utama merupakan penggunaan SoC atau chipset Qualcomm Snapdragon 730G. Chipset ini masih di bawah Snapdragon 855 yang digunakan di Reno 10x zoom.

Dibandingkan dengan Snapdragon 710, peningkatan performa saat main game cukup terasa. Di atas kertas, Qualcomm sendiri mengklaim kinerja grafis SD730G lebih cepat hingga 35%. Kami mencobanya untuk memainkan game populer terkini seperti Call of Duty Mobile, Mario Kart Tour, dan tentunya PUBG. Semua game tersebut dapat berjalan mulus dan lancar di Reno2.

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship 1

Rahasia performanya saat memainkan game tidak hanya ada pada chipset Snapdragon 730G, tapi juga pada beberapa fasilitas khusus gaming yang dimliikinya seperti HyperBoost yang memastikan games berjalan pada frame rate tinggi. Tidak hanya HyperBoost, OPPO juga memberikan fasilitas System EngineBoost di Reno2. Ini artinya beberapa game populer yang memakai engine tertentu untuk grafis akan lebih optimal dimainkan di Reno2.

Kualitas tampilan Reno2 juga amat menunjang saat digunakan bermain game dan memutar video. Layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ bisa menampilkan visual yang tajam dengan reproduksi warna matang yang enak dipandang. Tidak ada poni atau tompel yang mengganggu keasyikan saat nonton Netflix atau bermain game aksi yang tombolnya sering ditempatkan di ujung layar.

Performanya juga lebih dari cukup untuk membuat menavigasi menu dari ColorOS 6.1 terasa ringan. Tidak cukup kencang saja, Snapdragon 730G juga punya konsumsi daya yang efisien.

oppo reno2 pcmark battery

Dari pengujian dengan PCMark, kami mendapatkan angka hampir 14 jam. Sedangkan dari pengujian pemakaian, batere OPPO Reno2 bisa bertahan sekitar 15 jam dengan pola pemakaian : sering foto-foto dan video, sering chat dan sosmed, sesekali main game dan nonton video YouTube. Pengisian baterai berkapasitas 4000mAh miliknya juga bisa dituntaskan dengan cepat berkat fasilitas VooC Flash Charge 3.0. Dari baterai nyaris kosong hingga penuh, Reno2 membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Kamera terbaik untuk smartphone di bawah 10 juta rupiah

Peningkatan signifikan dapat ditemukan di kamera belakangnya. Dibandingkan dengan Reno2 F, kamera belakang Reno2 mempunyai spesifikasi yang berbeda. Selain kamera utama, ultra lebar dan portrait, ada kamera telephoto yang menyokong Hybrid Zoom 5x.

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship 2

Kamera Reno2 juga lebih baik untuk merekam foto dan video, berkat adanya fasilitas O.I.S (Optical Image Stabilizer) dan E.I.S (Electronic Image Stabilizer). Kedua iftur ini berfungsi untuk mengimbangi efek guncangan tangan saat memotret. Dengan begitu, hasil video dan foto akan terlihat lebih tajam.

Hasil foto kamera utama Reno2 yang mengandalkan sensor gambar Sony IMX586 terbilang amat bagus. Dalam kondisi cahaya berlimpah, seperti di luar ruangan di siang hari yang cerah, hasil foto terlihat tajam dengan reproduksi warna yang netral. White balance otomatisnya juga cukup akurat, tidak mempunyai kecenderungan warm seperti ponsel OPPO seri F atau A.

Berikut hasil foto kamera utama Reno2 dalam kondisi cahaya ideal, di luar dan dalam ruangan, tanpa penyuntingan.

IMG20191104114659

IMG20191104173730

IMG20191031202643

IMG20191031181716

OPPO Reno2 dilengkapi fasilitas Ultra Dark Mode yang dapat aktif otomatis dalam Night Mode. Fasilitas ini berguna untuk memotret dalam kondisi yang amat gelap, yang biasanya akan susah diciduk dengan kamera tanpa bantuan tripod.
Berbeda dengan Ultra Night Mode 2.0, fasilitas ini tidak menggabungkan beberapa gambar untuk mencapai rentang dinamis yang lebih tinggi. Ultra Dark Mode hanya bertujuan membuat terang hasil foto di kondisi gelap ekstrem.

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship 3

Berikut contoh foto OPPO Reno2 dalam Ultra Dark Mode.

Ultra Dark Mode

Untuk kondisi cahaya remang-remang, Kamu bisa memakai Ultra Night Mode 2.0. Hasilnya, foto malam hari terlihat lebih menawan dibandingkan dengan mode normal. Walaupun begitu, Night Mode akan memilih setting ISO yang cukup tinggi. Ini berimbas pada menurunnya detil di hasil foto Night Mode. Walaupun begitu, Kamu tidak akan mengetahuinya jikalau hanya mencermati hasil fotonya di layar ponsel saja.

Inilah hasil foto OPPO Reno2 dalam Night Mode tanpa penyuntingan.

IMG20191104174952

IMG20191104175540

IMG20191028183911

Satu peningkatan yang terasa penting ialah adanya kamera telephoto. Mengatur zoom juga mudah. Tinggal geser tombol zoom di tengah layar ke kiri dan kanan. Memilih jangkauan lensa juga bisa dilakukan lebih mudah dengan menekan tombol untuk beralih dari ultra-wide, 1x zoom, 2x zoom dan 5x zoom.

Zoom efektif kamera telephoto Reno2 ada di setting 1x hingga 3,2x. Lebih tinggi dari itu, Reno2 akan mengaktifkan Hybrid Zoom, yang merupakan penyempurnaan dari digital zoom. Kamu bisa mengatur zoom hingga 20x, meskipun hasilnya akan terlihat kurang baik jikalau zoom sudah melebihi 5x.

Hasil foto pada rentang zoom efektif mempunyai kualitas yang baik; kaya detil dan tajam dengan reproduksi warna yang cukup matang. Noise pada kondisi cahaya remang-remang terlihat lebih jelas dibanding kamera utama, tapi masih bisa diterima jikalau hanya diteliti di layar ponsel saja. Berikut hasil foto dengan lensa telephoto Reno2 dalam banyak sekali kondisi cahaya.

IMG20191104175550

IMG20191103131648

Hasil hybrid zoom cukup bagus, apalagi jikalau hanya sebatas dibagikan ke sosial media. Namun bila diteliti di layar komputer dengan perbesaran 100%, maka akan terlihat ketajaman dan detail yang menurun drastis. Apalagi kalau dibandingkan dengan hasil kamera utama. Berikut hasil foto Reno2 dengan zoom 5x (hybrid zoom).

IMG20191104175600

IMG20191104175008

Selain menangkap gambar dari sudut ekstra lebar, kamera ultra-wide Reno2 punya fungsi ganda sebagai kamera makro. Ini berarti Reno2 ini bisa mengunci fokus dari jarak ekstra dekat, sekitar 3cm dan menghasilkan foto makro dengan resolusi 8 megapixel. Hasil fotonya tajam, walaupun Kamu harus memperhatikan bayangan saat kamera terlalu dekat dengan obyek.

Berikut hasil-hasil foto kamera ultra-wide OPPO Reno2 , dari jarak jauh dan dekat, tanpa penyuntingan.

IMG20191031174544

IMG20191031185037

IMG20191031153030

IMG20191031173955

Kamera depan OPPO Reno2 tidak hanya bisa menghasikan foto selfie yang menawan, tapi juga video yang keren. Bahkan kini ada fasilitas Bokeh Video. Sesuai namanya, Kamu bisa merekam video dengan efek bokeh alias efek kabur di latar.

FItur ini amat berguna jikalau sedang vlogging di tempat yang agak ramai atau vlogging dengan latar belakang yang kurang menyokong. Tingkat bokeh juga bisa diatur. Berikut hasil foto dan video memakai kamera depan OPPO Reno2.

IMG20191104153857

IMG20191104153808

OPPO Reno2 Video Bokeh (2)

Adanya fasilitas OIS (optical image stabiliser) dan EIS (electronic image stabiliser) serta cropping video saat Ultra Steady menjadikan Reno2 sebagai smartphone OPPO dengan hasil rekaman video paling stabil.

Bahkan saat mencoba merekam video dengan berlari-lari, hasil videonya tetap stabil. Perlu diingat, perekaman video dilakukan tidak dengan bantuan tripod, melainkan hanya dipegang tangan biasa. Ada penurunan kualitas saat merekam video dengan fasilitas Ultra Steady jikalau dilakukan dengan gerakan intens. Tapi kalau hanya bergerak wajar, kualitas video akan meningkat.

Untuk video dengan fasilitas Ultra Steady, Reno2 akan menghasilkan video Full HD 60fps. Berikut hasil rekaman videonya tanpa penyuntingan. (klik untuk memutarnya)

OPPO Reno2 Ultra Steady Video (3)

Kamu juga bisa mengatur zoom saat merekam video, tapi dalam kondisi fasilitas Ultra Steady dimatikan. Jadi tidak perlu menghentikan perekaman video saat ingin berganti dari wide ke telephoto, misalnya. Tinggal klik setting zoom atau geser tombol zoom untuk mengatur lensanya. Untuk video dengan zoom aktif, resolusi videonya ialah Full HD 30fps .

Berikut hasil video OPPO Reno2 tanpa penyuntingan.

VID20191104173524

OPPO juga sudah menyediakan software penyunting video otomatis yang dinamakan SoLoop. Dengan software ini, Kamu tinggal memilih foto dan video, filter dan tema, musik, dan SoLoop akan langsung menggabungkannya menjadi sebuah video untuk sosmed. Software ini cocok bagi yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu menyunting video atau memang hanya ingin membagikan video yang sederhana saja.

Kesimpulan

Setelah mencoba OPPO Reno2, kami agak dikejutkan dengan harganya. Harga 8 juta rupiah yang dipatok untuk OPPO Reno2 terasa tidak mahal bila menilik ke fasilitas dan kemampuannya.

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship 4

Satu-satunya kompromi yang harus dilakukan OPPO ada di sektor chipset. Walaupun kencang, Snapdragon 730G belum bisa menyamai performa Snapdragon 855 yang sementara ini hanya terbatas dimiliki smartphone flagship di atas 10 jutaan rupiah.

Fasilitas lainnya seperti videografi dan fotografi, desain, serta ketahanan baterai, sudah dapat menyaingi smartphone kelas flagship yang lebih mahal. Yang mengejutkan tentunya ialah Ultra Steady yang membuat hasil video saat bergerak terlihat stabil seperti memakai gimbal.

Jadi OPPO Reno2 ini cocok untuk siapa?

Buat Kamu yang gemar vlogging atau menciptakan konten keren baik dalam bentuk foto dan video, gamer yang suka foto2 dan butuh smartphone dengan baterai tahan lama, atau pengguna yang butuh smartphone berdesain cantik dengan beragam fasilitas canggih kekinian, OPPO Reno2 amat layak dipertimbangkan.

Yang Canggih
+ Desain mewah khas Reno dengan layar penuh tanpa poni
+ Layar AMOLED yang tajam dengan warna yang matang
+ Case bawaan bagus, di atas rata-rata case gratisan ponsel lain
+ Kinerja Qualcomm Snapdragon 730G kencang dan irit daya
+ UI kamera lebih intuitif dan mudah dimengerti
+ Hasil foto kamera utama amat baik, di banyak sekali kondisi
+ Ultra Dark Mode untuk memotret di kondisi ekstra gelap
+ Hasil foto kamera telephoto baik, selama pada setting zoom efektifnya
+ Hasil foto kamera ultra-wide tergolong oke di kondisi cahaya ideal
+ Ultra Steady bekerja dengan baik menyetabilkan video saat bergerak dengan output FUll HD 1080p
+ Hybrid Video Zoom bisa berganti jangkauan lensa tanpa menghentikan perekaman video
+ Hasil video 4K amat baik di kondisi cahaya ideal
+ Daya tahan baterai bagus, dengan pengisian cepat
+ Harga sebanding dengan fasilitas dan kualitas

Yang Kurang:
Kualitas foto kamera ultra wide di kondisi minim cahaya masih kurang oke
Ultra Night Mode selalu cenderung memilih ISO yang amat tinggi
Pengurang noise di kondisi malam hari sedikit proaktif dan mengurangi detil pada gambar
Mekanisme kamera depan geser mungkin kurang disukai sebagian pengguna
Sebagian pengguna akan sering membuat kotor lensa kamera belakang yang ada di tengah
Bodi ponsel mudah kotor jikalau digunakan tanpa case
Kualitas video saat mode Ultra Steady masih di bawah kualitas video di mode video biasa
Hasil foto kamera ultra lebar tidak sebaik kamera utama
Tidak ada manfaat yang kentara saat memotret dalam mode 48 megapixel

Review OPPO Reno2, Smartphone Semi Premium Setara Flagship

Semi Premium Rasa Flagship

Buat Kamu yang gemar vlogging atau menciptakan konten keren baik dalam bentuk foto dan video, gamer yang suka foto2 dan butuh smartphone dengan baterai tahan lama, atau pengguna yang butuh smartphone berdesain cantik dengan beragam fasilitas canggih kekinian, OPPO Reno2 amat layak dipertimbangkan.

Comments