Review OPPO K3: Smartphone Layar Penuh dengan Kamera Pop-Up Paling Terjangkau dari OPPO

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Review OPPO K3: Smartphone Layar Penuh dengan Kamera Pop-Up Paling Terjangkau dari OPPO

Review OPPO K3: Smartphone Layar Penuh dengan Kamera Pop-Up Paling Terjangkau dari OPPO

KEPONEWS.COM - Review OPPO K3: Smartphone Layar Penuh dengan Kamera Pop-Up Paling Terjangkau dari OPPO Selain RENO, OPPO juga merilis seri baru yang berada di antara A-Series dan F-Series . OPPO K3 merupakan smartphone seri K pertama yang rilis di Indonesia. Seperti apa seri baru dari OPPO ini? Berikut...

Selain RENO, OPPO juga merilis seri baru yang berada di antara A-Series dan F-Series . OPPO K3 merupakan smartphone seri K pertama yang rilis di Indonesia. Seperti apa seri baru dari OPPO ini? Berikut ulasan kami setelah menggunakannya selama 2 minggu.

Desain sederhana dengan layar AMOLED

Dari sisi desain, OPPO K3 terlihat minimalis tapi tetap elegan. Kenyamanan juga tetap diperhatikan, dengan sisi dan sudut tumpul yang halus saat dipegang tangan. Walaupun konsep desainnya yang relatif sederhana lebih mirip seperti A-Series, kesan mewah tetap terasa saat menggenggamnya. Sama seperti ponsel dengan finishing kilap, bodi OPPO K3 mudah kotor terkena sidik jari. Problem yang mudah dipecahkan dengan mengenakan case bawaannya.

OPPO K3 kamera utama

Kenyamanan penggunaan terus berlanjut saat memandangi layarnya. Dengan layar AMOLED, warna terlihat lebih matang dengan warna hitam yang benar-benar pekat. Dipadukan dengan resolusi Full HD, layar OPPO K3 terbukti bisa menyajikan visual yang tajam dan penuh warna. Secara keseluruhan, OPPO K3 muncul dengan desain ergonomis yang terlihat dan terasa premium untuk kelas harganya.

Performa kencang di kelasnya

Bagi penggemar game, performa yang ditawarkan chipset Qualcomm Snapdragon 710 pada OPPO K3 akan memuaskan. Saat dicoba memainkan banyak sekali game yang cukup berat, OPPO K3 dapat menjalankannya. Game yang sedang naik daun seperti PUBG Mobile, Honkai Impact 3, serta Asphalt 9 bisa dimainkan dengan lancar di OPPO K3.

OPPO juga melengkapi K3 dengan fasilitas Game Space. Secara singkat, fasilitas ini memastikan game yang dimainkan dapat berjalan secepat mungkin. Caranya dengan memrioritaskan RAM dan prosesor untuk game tersebut. Jikalau tidak diinginkan, setting ini dapat dimatikan atau diatur berjalan untuk beberapa game yang dipilih saja.

Sama seperti desainnya, UI ColorOS versi 6 yang digunakan OPPO K3 juga terlihat rapi dan minimalis. Menavigasi menu dapat dituntaskan dengan gegas, tanpa ada lag yang berarti. Membuka kunci melalui sensor sidik jari di layar bisa dilakukan dengan cepat dan cukup akurat, selama posisi jari tepat di atas sensor.

Shortcut untuk fungsi mendasar seperti Bluetooth, Wi-Fi, Flashlight , Auto-Rotate dan sebagainya, juga ditampilkan dalam ikon berukuran besar. Beberapa fasilitas pintar juga telah dimiliki seperti kemampuan untuk memblokir SMS dan panggilan, mode Smart Driving untuk pengendara motor, Clone Apps untuk memakai dua akun Facebook, Instagram dan Whatsapp, serta Split-screen untuk membagi layar dan memakai dua software secara bersamaan.

Review OPPO K3: Smartphone Layar Penuh dengan Kamera Pop-Up Paling Terjangkau dari OPPO 1

Dari pengujian kami, baterai OPPO K3 bisa bertahan hingga sekitar 14 jam. Waktu ini diraih dengan pola pemakaian untuk bermain game sesekali, chat dan sosmed amat sering, serta memotret beberapa puluh foto. Cukup panjang untuk tipe pengguna yang tidak intensif main game. Bila dibutuhkan, tersedia fasilitas Power Saver yang dapat mengatur penghematan konsumsi daya sesuai kebutuhan. Hanya perlu diingat, dalam kondisi Power Saver aktif, ada beberapa fasilitas OPPO K3 yang akan dimatikan.

Kamera tetap jadi prioritas

Menyebarkan konsep desain kamera pop-up dengan OPPO F11 Pro, kamera depan OPPO K3 bisa menghasilkan foto yang amat baik di kondisi cahaya ideal seperti pada foto berikut.

IMG20190824134526

IMG20190824134533

Terdapat mode Portrait untuk swafoto dengan bokeh atau latar yang kabur halus. Efek ini akan lebih optimal di kondisi cahaya yang baik dan kondisi cahaya yang kontras antara foreground dan background.

Di bagian belakang, OPPO K3 memakai dua kamera yaitu kamera 16 megapixel dan 2 megapixel. Hasil foto saat memotret di kondisi cahaya ideal atau siang hari terlihat amat baik. Kamera utama OPPO K3 bisa menghasilkan foto yang terjaga detil dan warnanya. Untuk hasil foto, kamera utama OPPO K3 sedikit unggul bila dibandingkan OPPO F11 Pro.

Berikut hasil foto kamera OPPO K3 di kondisi cahaya ideal tanpa penyuntingan.

IMG20190827151755

IMG20190824142502

IMG20190824095007

IMG20190824142830

Beralih ke malam hari atau dalam ruangan yang cenderung gelap, OPPO K3 mengandalkan Night Mode. Modus pemotretan yang menggabungkan foto dalam banyak sekali setting exposure ini bisa menghasilkan foto malam hari yang baik, selama tangan pemotret tetap stabil.

Berikut beberapa contoh hasil foto Night Mode.

IMG20190903221208

IMG20190903225017

IMG20190903223154

OPPO K3 juga bisa merekam video dalam resolusi Full HD dan Ultra HD 4K. Hasilnya cukup bagus, selama tangan stabil atau memakai gimbal. Berikut contoh hasil video OPPO K3 tanpa penyuntingan.

VID20190827150639

Secara keseluruhan, kamera OPPO K3 cukup dapat dipercaya dengan hasil foto di atas rata-rata kompetitornya. Kamera depan popup juga bisa menghasilkan foto selfie yang amat baik di kondisi cahaya ideal.

Smartphone kelas menengah yang berimbang

Beberapa tahun lalu, OPPO sering dikaitkan dengan smartphone yang mempunyai spesifikasi pas-pasan tapi harganya mahal. Banyak juga yang nyinyir bila smartphone OPPO laris hanya karena taktik penjualannya yang proaktif. Namun OPPO K3 membuat sentimen tersebut sirna.

Walaupun lebih kencang dan lebih lengkap fiturnya jikalau dibandingkan dengan OPPO F11 Pro, harga OPPO K3 juga lebih terjangkau. Bahkan OPPO K3 juga merupakan smartphone OPPO dengan layar penuh dan kamera depan pop-up yang paling terjangkau saat ini. Dibekali fasilitas in-display fingerprint, desain layar penuh cantik, performa kencang di kelasnya, serta hasil kamera depan belakang yang amat baik, OPPO K3 akan membuat pecinta OPPO melupakan F-Series. Fasilitas dan spesifikasinya ini juga membuatnya lebih unggul dari kebanyakan smartphone tipe lain di kelas harganya.

Jadi siapa yang akan puas memakai OPPO K3? Pengguna yang suka tampil gaya dan mendambakan foto selfie cemerlang, pengguna yang suka main game di waktu senggang tapi tidak terlalu bernafsu bermain dengan setting grafis tertinggi, serta pengguna yang membutuhkan smartphone berdesain keren, kamera depan belakang oke, serta performa kencang untuk hampir semua aktivitas di kisaran harga 3 juta rupiah, akan sangat puas memakai OPPO K3.

Yang Canggih:
+ Desain minimalis yang elegan
+ Prosesor kencang di kelasnya
+ Kamera depan pop-up dengan hasil swafoto yang amat baik
+ Kamera utama bisa menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang matang
+ Night Mode bekerja efektif saat memotret di kondisi malam hari
+ Bisa merekam video 4K
+ Layar AMOLED yang cemerlang
+ Pemindai sidik jari bekerja cepat
+ Harga kompetitif untuk spesifikasinya

Yang Kurang:
Finishing kilap di belakang mudah kotor
Detail berkurang saat foto dalam kondisi minim cahaya
Reproduksi warna cenderung warm atau sedikit terlalu kuning
Kurang stabil saat merekam video

Beberapa tahun lalu, OPPO sering dikaitkan dengan smartphone yang mempunyai spesifikasi pas-pasan tapi harganya mahal. Banyak juga yang nyinyir kalau smartphone OPPO laris hanya karena taktik penjualannya yang proaktif. Namun OPPO K3 membuat sentimen tersebut sirna.

Walaupun lebih kencang dan lebih lengkap fiturnya kalau dibandingkan dengan OPPO F11 Pro, harga OPPO K3 juga lebih terjangkau. Bahkan OPPO K3 juga merupakan smartphone OPPO dengan layar penuh dan kamera depan pop-up yang paling terjangkau saat ini. Dibekali fasilitas in-display fingerprint, desain layar penuh cantik, performa kencang di kelasnya, serta hasil kamera depan belakang yang amat baik, OPPO K3 akan membuat pecinta OPPO melupakan F-Series. Fasilitas dan spesifikasinya ini juga membuatnya lebih unggul dari kebanyakan smartphone tipe lain di kelas harganya.

Jadi siapa yang akan puas memakai OPPO K3? Pengguna yang suka tampil gaya dan mendambakan foto selfie cemerlang, pengguna yang suka main game di waktu senggang tapi tidak terlalu bernafsu bermain dengan setting grafis tertinggi, serta pengguna yang membutuhkan smartphone berdesain keren, kamera depan belakang oke, serta performa kencang untuk hampir semua aktivitas di kisaran harga 3 juta rupiah, akan sangat puas memakai OPPO K3.

Comments