Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama

KEPONEWS.COM - Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama Saat ini sudah banyak beredar beragam model jam tangan pintar di pasaran. Tapi, belum banyak jam tangan pintar yang menjanjikan daya tahan baterai tahan lama. Melihat peluang inilah Huawei merilis ja...
Loading...

Saat ini sudah banyak beredar beragam model jam tangan pintar di pasaran. Tapi, belum banyak jam tangan pintar yang menjanjikan daya tahan baterai tahan lama.

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama 11

Melihat peluang inilah Huawei merilis jam tangan pintar Watch GT2 ke pasar Indonesia. Jam tangan pintar besutannya ini membawa sederetan fasilitas dan menggunggulkan daya tahan baterai dengan menjanjikan waktu guna hingga 14 hari. Penasaran apa saja kehebatan dari Huawei Watch GT2? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain keren

Huawei Watch GT2 tampil dengan desain yang sangat keren dan macho. Diameter bodinya yang berukuran 46mm memang relatif besar, di atas rata-rata jam tangan pintar umumnya yang muncul dengan profil 38mm, 40mm atau 42mm.

Untuk diameter 46mm memang akan terlihat bongsor di pergelangan tangan yang berukuran kecil. Ini menjadikannya lebih ideal digunakan oleh pria. Tapi, tidak perlu khawatir karena Huawei juga sudah merilis ukuran yang lebih kecil adalah 42mm yang lebih pas di ukuran pergelangan tangan yang lebih kecil.

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama 12

Secara fisik Huawei Watch GT2 mengadopsi jam tangan bergaya chrono. Di samping kanan bodinya terdapat 2 tombol. Tombol atas untuk mengakses menu dari jam ini dan tombol bawah untuk tombol pintas mengakses beragam mode olahraga yang didukungnya. Sementara bezel yang melingkari layar sentuhnya tidak bisa diputar dan terdapat deretan angka ala jam dengan bezel GMT.

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama 13

Beralih ke bagian belakang bodinya terdapat sensor detak jantung. Di bagian strap, Watch GT2 menyokong strap berukuran 22 mm. Strap bawaannya berbahan karet silikon yang cukup lentur dan nyaman digunakan sehari-hari. Strapnya ini bisa dilepas pasang dengan sangat mudah berkat spring bar yang telah mengadopsi pin quick release.

Rancangan Huawei Watch GT2 juga sudah tahan air dengan standar 5ATM. Jadi, Kamu bisa mengajaknya berenang dan tidak perlu khawatir saat menggunakannya di kondisi cuaca yang tidak menentu.

Layar sentuh responsif

Seperti jam tangan pintar pada umumnya Watch GT2 muncul dengan layar sentuh. Layar sentuhnya tersebut mengusugn panel OLED dengan ukuran 1.39 inci yang resolusinya 454 x 454 pixel. Layarnya tersebut telah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass.

Layar sentuh Huawei Watch GT2 tergolong sangat responsif dengan sentuhan jari. Satu nilai positif dari layarnya, layar tersebut tetap bisa terlihat dengan jelas di dalam atau luar ruangan. Bahkan, di bawah kondisi pencahayaan yang sangat terang pun layarnya masih bisa terlihat. Di Huawei Watch GT2 juga tersedia opsi mode always-on display. Di mode ini tampilan layarnya akan selalu aktif, jadi akan sangat cocok untuk Kamu yang ingin menggunakannya seperti jam tangan digital pada umumnya.

Fasilitas tetap jempolan meski tanpa Wear OS

Perlu dicatat, Huawei Watch GT2 bukanlah jam tangan pintar yang mengadopsi sistem operasi Wear OS dari Google. Huawei Watch GT2 menjalankan sistem operasi Lite OS racikan Huawei.

Lite OS ini terasa sangat gegas dan minim lag dengan antarmuka yang tergolong sederhana. Ini menjadikannya sangat mudah digunakan. Huawei Watch GT2 bisa terhubung ke smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Menjalankan sistem operasi racikan sendiri dan tidak terikat dengan ekosistem Wear OS dari Google jelas ada kelebihan dan kekurangan dari Huawei Watch GT2.

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama 14

Kelebihannya, Huawei Watch GT2 berhasil membuat kami terkesan dengan fasilitas bawaannya yang relatif lengkap. Untuk menyokong aktivitas olahraga dan memantau kebugaran, jam tangan pintar ini telah dilengkapi dengan sederetan sensor. Sensor yang dibawanya mencakup sensor detak jantung, GPS, akselorometer, cahaya dan sensor tekanan udara. Mode olahraga yang tersedia juga sangat lengkap dengan lebih dari 15 pilihan mode olahraga. Selain itu, jam tangan pintar ini dilengkapi dengan fasilitas untuk memantau pola tidur, mengukur tingkat stress hingga pelatih olahraga untuk mendampingi Kamu saat olahraga.

Lalu apa saja kekurangannya? Kekurangan yang paling utama dari Huawei Watch GT2 ada di ekosistem software. Huawei Watch GT2 tidak bisa ditambahkan software pihak ketiga. Bahkan, Huawei juga menutup rapat akses untuk terhubung ke software pihak ketiga.

Jadi, semua data yang dikumpulkan oleh jam tangan pintar ini hanya bisa ditampilkan ke software Huawei Health di smartphone. Tidak bisa terhubung ke Google Fit, Apple Health atau software pihak ketiga seperti Strava yang sering kami gunakan saat olahraga lari dan bersepeda.

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama 15

Kekurangan lain yang kami jumpai ialah opsi Watch Face. Watch Face yang tersedia relatif sedikit dan kurang menarik. Huawei juga tidak menyediakan opsi kustomisasi ataupun menambahkan opsi Watch Face.

Kinerja sangat memuaskan

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang kami jumpai di atas, pada prakteknya kami sangat puas selama memakai Huawei Watch GT2. Bagi kami yang gemar olahraga Huawei Watch GT2 dengan fasilitas bawaannya telah mencukupi untuk menyokong kegiatan olahraga.

Review Huawei Watch GT2: Jam Tangan Pintar dengan Fitur Olahraga Lengkap dan Baterai Sangat Tahan Lama 16

Saat kami ajak untuk bersepeda misalnya, modul GPS Watch GT2 patut diacungi jempol dengan kemampuan pelacakan yang sangat akurat. GPS Huawei Watch GT2 bisa melacak jarak tempuh dan kecepatan bersepeda kami dengan tepat, hasilnya cukup mendekati nyaris 95% dengan GPS dan komputer mini yang terpasang di sepeda kami. Kemampuan pelacakan detak jantung dan jumlah langkah kaki juga relatif akurat saat kami bandingkan dengan dua jam tangan pintar lain yang kami miliki.

See also

[Hands-On] Mencoba Kecanggihan Kamera OPPO Reno 10x Zoom 10

Satu hal yang menarik, setiap saat digunakan berolahraga fasilitas pelatih olahraga di jam tangan pintar ini secara otomatis akan aktif. Secara periodik lewat speakernya Huawei Watch GT2 akan menginformasikan ke pengguna sudah berapa lama Kamu berolahraga, berapa jumlah kalori yang terbakar, detak jantung dan berita lain. Bila tidak digunakan olahraga dan terlalu banyak duduk Huawei Watch GT2 juga akan mengingatkan Kamu untuk berdiri dan bergerak beberapa saat lewat fungsi getarannya.

Untuk menemani Kamu olahraga, Huawei Watch GT2 dilengkapi dengan fasilitas pemutar musik. Dengan memori internal 4GB Kamu bisa menyimpan beberapa judul lagu favorit sebagai sahabat olahraga. Jadi tidak perlu lagi membawa smartphone saat olahraga.

Mendengarkan lagu pun bisa langsung lewat speakernya atau Huawei Watch GT2 bisa terhubung ke headphone lewat Bluetooth. Selain untuk mendengarkan musik, lewat speakernya tersebut saat terhubung ke smartphone Huawei Watch GT2 juga bisa digunakan untuk menjawab panggilan telepon yang masuk.

Semua data yang dikumpulkan oleh Huawei Watch GT2 kemudian bisa ditampilkan lewat antarmukanya langsung di jam tangan atau lewat software Huawei Health di smartphone. Software Huawei Health bisa menampilkan berita dan perkembangan olahraga Kamu dengan data yang sangat detil dan informatif.

Antarmuka Huawei Health sangat sederhana dan mudah dipahami. Perkembangan olahraga, kualitas tidur, hingga tingkat stress Kamu bisa dipantau dan diinformasikan dengan sangat jelas lewat infografik di aplikasinya tersebut. Bahkan, Huawei juga menyediakan beragam medali yang bisa dikumpulkan untuk mendorong pengguna agar lebih semangat berolahraga.

Baterai tahan lama

Menjagokan daya tahan baterai Huawei Watch GT2 memang terbukti berhasil memberikan waktu guna yang lebih lama. Dari pengujian kami yang menggunakannya setiap hari dan mengajaknya berolahraga seminggu empat kali selama sekitar satu jam dengan mengaktifkan fasilitas pemantau detak jantung dan GPS, baterainya tetap bisa memberikan waktu guna hingga sekitar 10 hari. Masih di atas rata-rata jam tangan pintar pada umumnya yang hanya sekitar 2-5 hari saja. Untuk isi ulang baterainya dari kosong hingga penuh Huawei Watch GT2 hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam.

Kesimpulan

Sebagai sebuah jam tangan pintar Huawei Watch GT2 memang nyaris tepat. Tidak bisa dimungkiri jam tangan pintar ini akan semakin menarik di kelas harganya kalau Huawei membuka dukungan ke software pihak ketiga. Atau, setidaknya Huawei harus menyiapkan beragam software dan opsi Watch face yang lebih variatif untuk menyokong jam tangan pintar ini.

Kendati demikian, untuk pengguna yang sekedar mengincar jam tangan pintar dengan fasilitas pemantau kebugaran dan menyokong beragam jenis olahraga, Huawei Watch GT2 bisa jadi opsi yang tepat. Semua fasilitas bawaanya sudah mencukupi kebutuhan tersebut. Apalagi daya tahan baterai yang ditawarkan sangat tahan lama, di atas rata-rata jam tangan pintar pada umumnya.

Bila tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 2,799 Juta Rupiah, Huawei Watch GT2 sangat kami rekomendasikan untuk Kamu yang gemar olahraga dan tidak ingin direpotkan dengan isi ulang baterai saat memakai jam tangan pintar.

Yang Canggih:
+ Baterai sangat tahan lama
+ Desain keren
+ Harga cukup kompetitif
+ Bodi tahan air 5 ATM
+ Kinerja responsif
+ Fasilitas bawaan sudah mencukupi untuk penggunaan sehari-hari
+ Mode olahraga lengkap
+ GPS dan pemantau detak jantung akurat
+ Software Huawei Health sangat detil dan informatif

Yang kurang:
Tidak menyokong software pihak ketiga
Belum dilengkapi wireless charging
Opsi kustomisasi sangat terbatas
Koleksi Watch Face kurang variatif
Tidak dilengkapi NFC

Comments