Review HP Omen Laptop 15-en0013AX: Laptop Gaming 20 Jutaan dengan Performa AMD Ryzen yang Kencang dan Fitur Komplit

Games

Updates / Games

Review HP Omen Laptop 15-en0013AX: Laptop Gaming 20 Jutaan dengan Performa AMD Ryzen yang Kencang dan Fitur Komplit

Review HP Omen Laptop 15-en0013AX: Laptop Gaming 20 Jutaan dengan Performa AMD Ryzen yang Kencang dan Fitur Komplit

KEPONEWS.COM - Review HP Omen Laptop 15-en0013AX: Laptop Gaming 20 Jutaan dengan Performa AMD Ryzen yang Kencang dan Fitur Komplit Pertarungan laptop di segmen gaming kian memanas seiring munculnya prosesor AMD Ryzen 4000 Series. HP pun tidak ingin ketinggalan kompetisi. Buktinya, HP meluncurkan Omen Laptop 15-en0013AX yang memad...

Pertarungan laptop di segmen gaming kian memanas seiring munculnya prosesor AMD Ryzen 4000 Series. HP pun tidak ingin ketinggalan kompetisi. Buktinya, HP meluncurkan Omen Laptop 15-en0013AX yang memadukan kecanggihan AMD Ryzen 4000 Series dan GPU Nvidia RTX-Series. Tidak hanya itu saja, laptop gaming kelas premium ini juga tampil dengan wajah baru. Apakah Omen Laptop 15-en0013AX bisa memuaskan para gamer di tanah air? Simak ulasannya sebagai berikut.

Secara keseluruhan rancangannya terasa sangat solid. Bodinya juga relatif ramping untuk sebuah laptop gaming. Bobotnya yang sekitar 2.37 Kg tergolong cukup ringan dan masih ideal untuk diajak mobilitas.

Omen Laptop 15-en0013AX-8 Omen Laptop 15-en0013AX-7

Penempatan port konektivitas termasuk rapih dan komplit dengan mengambil tempat di sisi kiri dan kanan bodi. Semua port konektivitasnya juga tidak saling menggangu saat digunakan. Di sisi kiri ada port ethernet RJ-45, port SuperSpeed USB Type-A dengan dukungan fasilitas HP Sleep and Charge untuk isi ulang baterai perangkat lain, HDMI 2.0, audio jack 3.5mm dan satu slot pembaca kartu memori. Sementara, di sisi kanan ada dua port SuperSpeed USB Type-A, Mini DisplayPort dan satu port SuperSpeed USB Type-C yang menyokong fungsi DisplayPort 1.4 dan HP Sleep and Charge.

Layar HP Omen Laptop 15-en0013AX

Beralih ke sektor layar Omen Laptop 15-en0013AX membawa panel layar IPS yang ukurannya 15.6 inci. Area panel layar dibingkai dengan bezel yang cukup tipis di samping kiri dan kanan. Area atas sedikit agak tebal karena terpasang kamera HP Wide Vision 720p HD. Kameranya ini juga belum menyokong IR dan Windows Hello serta tidak dilengkapi dengan fasilitas penutup untuk melindungi privasi.

Omen Laptop 15 en0013AX 5

Kualitas tampilan di layarnya tergolong memuaskan. Berkat resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixel tampilan visual di layarnya terlihat tajam. Warna juga memanjakan mata dan cukup akurat dengan cakupan gamut warna 72% NTSC. Masih ideal untuk kegiatan penciptaan konten seperti penyuntingan foto dan video. Sebagai laptop gaming panel layarnya juga telah menyokong refresh rate 144Hz dengan waktu respon 7 milidetik. Panelnya yang tidak memantulkan bayangan ini juga sangat nyaman di mata.

Bergeser ke bagian engsel, engsel layar Omen Laptop 15-en0013AX dirancang bisa dibuka penuh hingga rata dengan meja. Jadi, sudut penglihatan bisa diatur sesuai selera. Kamu juga tidak perlu khawatir karena tidak rawan patah bila layar tidak sengaja dibuka secara penuh.

Keyboard dan touchpad Omen Laptop 15-en0013AX

Omen Laptop 15 en0013AX 6

Area keyboard juga turut mendapat pembaruan. Desain keyboard Omen Laptop 15-en0013AX berbeda dengan laptop gaming kebanyakan. Di sisi kanan tidak lagi ditemukan tombol numpad dan digantikan dengan tombol panah dan beberapa tombol pintas. Tombol pintasnya terdiri dari tombol untuk mengakses Omen Command Center, Calculator, Print Screen, Insert, Home, Page UP, Pause, End dan Page Down.

Tombol numerik numpad pindah ke bagian atas keyboard. Penempatan tombol Power juga tidak biasa. Tombol power diapit tombol F12 dan Delete. Letak tombol power tersebut memang rawan tertekan secara tidak sengaja. Tapi, tenang saja karena jikalau tombol power tidak sengaja tertekan sistem laptop atau layar juga tidak akan mati.

Patut diakui memang perlu sedikit menyesuaikan diri dengan layout keyboard Omen Laptop 15-en0013AX ini. Untunglah, keyboard yang dibawanya muncul dengan ukuran tombol yang cukup besar dan sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Berkat fasilitas anti ghosting keyboardnya juga sangat responsif saat digunakan bermain game.

K413 728 yangcanggih

HP Omen command center 2

Untuk menonjolkan sedikit aura gamingnya, keyboard Omen Laptop 15-en0013AX telah dilengkapi pencahayaan RGB. Tingkat kecerahan hanya satu tingkatan saja dengan opsi kustomisasi warna lampu 4 zona yang bisa diatur sesuai selera lewat Omen Command Center.

Bergeser ke area touchpad, touchpad Omen Laptop 15-en0013AX berukuran besar. Tombol klik kiri dan kanan tidak terlihat karena menjadi satu kesatuan. Touchpad Omen Laptop 15-en0013AX sangat nyaman digunakan dan responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan juga relatif empuk dan senyap saat ditekan.

Audio HP Omen Laptop 15-en0013AX

Omen Laptop 15 en0013AX 4
Tepat di atas keyboard bisa ditemukan speaker. Sektor audionya dipercayakan pada speaker speaker dari Bang & Olufsen dengan dukungan fasilitas DTS:X Ultra dan HP Audio Boost 2.0. Speaker Omen Laptop 15-en0013AX tergolong sangat baik. Output suara cukup bertenaga dan jernih. Sangat ideal untuk menikmati konten multimedia dan gaming. Dengan dukungan fasilitas Omen Audio Control pengguna juga dimungkinkan untuk mengatur output suara dan pengaturan mic sesuai selera lewat fasilitas preset dan EQ yang yang tersedia.

Performa HP Omen Laptop 15-en0013AX

Performa Omen Laptop 15-en0013AX dipercayakan pada prosesor AMD Ryzen 7 4800H, RAM 16GB (2x8GB) dan ruang penyimpanan dengan M.2 SSD PCIe NVMe yang kapasitasnya 512GB. Untuk menambah ruang penyimpanannya masih tersedia satu slot M.2 cadangan untuk ekspansi. Sementara, departemen grafisnya dipercayakan pada Nvidia RTX 2060 6GB. Perlu dicatat Nvidia RTX yang digunakan merupakan versi normal dan bukan versi Max-Q design. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Kombinasi AMD Ryzen 7 4800H dan Nvidia RTX 2060 6GB patut diakui berhasil menghadirkan performa yang sangat jempolan untuk gaming. Beberapa judul gaming AAA yang kami uji dari Red Dead Redemption 2, Shadow of Tomb Raider, dan Metro Exodus bisa dijalankan dengan mulus di setting rata kanan. Spesifikasinya ini bahkan masih sangat mumpuni untuk penyuntingan video dan foto di resolusi tinggi hingga melalukan rendering 3D.

See also

oppo watch wrist

Omen Laptop 15 en0013AX 2

Lalu bagaimana dengan manajemen thermalnya? Omen Laptop 15-en0013AX kini mengadopsi teknologi pendingin baru Omen tempest Cooling. Sistem pendinginnya ini disokong dengan lubang-lubang ventilasi udara di bagian bawah dan belakang bodinya.

Pengaturan sistem pendinginnya ini bisa diatur lewat Omen Command Center. Pengaturan kipas tersedia dengan opsi Auto dan Max, serta tersedia preset pengaturan performa dengan opsi Comfort, Default, dan Performance. Sistem laptop juga bisa dimonitor lewat Omen Command Center.

HP Omen command center HP Omen command center-3

Selama sesi gaming kami memakai mode Performance dan pengaturan fan speed max. Performa sistem pendingin teranyarnya ini sangat memuaskan. Saat bermain game yang intens kipas pendinginnya bisa menjaga performa laptop tetap stabil dan tidak cepat panas. Di pengaturan kipas maksimum kinerja kipasnya memang sedikit agak bising. Area bagian permukaan keyboard juga hanya terasa sedikit rasa hangat yang sangat wajar untuk sebuah laptop gaming.

Baterai HP Omen Laptop 15-en0013AX

Daya tahan baterai Omen Laptop 15-en0013AX juga tergolong baik untuk di kelasnya. Meski performanya sangat bertenaga konsumsi dayanya tergolong irit. Dari pengujian kami, dengan pengaturan manajemen daya Windows performance di opsi better battery, memakai mode Comfort dan Fan Speed auto di Omen Command Center, tingkat kecerahan layar 50%, terhubung ke WiFi, mengetik di notepad dan browsing, baterainya ini bisa menemani produktivitas kami hingga sekitar 7 jam.

Kesimpulan

Tahun ini laptop dengan AMD Ryzen 4000 memang menjadi primadona dan sangat laris di pasaran. Tidak terkecuali Omen Laptop 15-en0013AX yang sangat menarik hati dengan memadukan performa AMD Ryzen dan Nvidia RTX.

Dengan harga jual 20.99 juta Rupiah, Omen Laptop 15-en0013AX sangat kami rekomendasikan dan wajib dilirik untuk gamer atau konten kreator yang mengincar laptop gaming bertenaga di kisaran 20 jutaan.

Harga jualnya tersebut menurut kami relatif murah. Fiturnya juga tergolong komplit, termasuk desain minimalis yang keren, performa kencang, layar menawan, sistem pendingin sangat mumpuni dan tentu saja keyboard RGB. Di paket penjualannya bahkan sudah termasuk dengan Windows 10, Microsoft Office Home & Student, gaming mouse, tas backpack dan garansi 2 tahun dengan dukungan garansi ADP.

Yang canggih:
+ Performa kencang
+ Desain minimalis
+ RAM dan SSD bisa diupgrade
+ Baterai irit
+ Keyboard nyaman digunakan dan dilengkapi lampu backlit RGB
+ Audio bertenaga
+ Kinerja adem
+ Layar 144Hz Omen Laptop 1 Omen Laptop 15-en0013AX 5-en0013AX

Yang Kurang
Penempatan tombol power agak menggangu
Kinerja kipas pendingin agak bising di pengaturan fan maksimum
Kamera belum dilengkapi fasilitas IR untuk menyokong Windows Hello dan penutup untuk melindungi privasi

Comments