Review Honor 8X: Smartphone Kelas Menengah dengan Perpaduan Desain dan Performa Menarik

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Review Honor 8X: Smartphone Kelas Menengah dengan Perpaduan Desain dan Performa Menarik

Review Honor 8X: Smartphone Kelas Menengah dengan Perpaduan Desain dan Performa Menarik

KEPONEWS.COM - Review Honor 8X: Smartphone Kelas Menengah dengan Perpaduan Desain dan Performa Menarik Honor belum lama ini meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang diberi nama Honor 8X di Indonesia. Tampil meramaikan pasar 4 jutaan yang terbilang sudah cukup sesak, Honor 8X tetap percaya...
Loading...

Honor belum lama ini meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang diberi nama Honor 8X di Indonesia. Tampil meramaikan pasar 4 jutaan yang terbilang sudah cukup sesak, Honor 8X tetap percaya diri bisa menarik minat para pengguna.

Ada banyak hal yang dikedepankan oleh Honor 8X, mulai dari desain, performa, hingga kemampuan kamera. Karena itu, dalam review kali ini kami ingin membuktikan apakah semua penawaran tersebut membuatnya layak dibanderol Rp3.999.000.

Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkap kami

Desain menawan

Sebagai salah satu sektor unggulan, desain Honor 8X bisa dibilang sedap dipandang. Bukan karena bagian depan yang mempunyai poni sehingga terlihat modern, melainkan bagian belakangnya yang muncul dengan dua efek visual berbeda.

Bagian belakang ini memakai lapisan kaca yang akan terlihat menawan ketika memantulkan cahaya. Selain kaca, Honor 8X juga sudah memakai frame metal. Perpaduan kedua material tersebut menjadikan tampilan eksteriornya terasa lebih mewah.

Varian yang kami coba merupakan yang berwarna biru, yang menurut kami lebih cocok untuk pengguna yang ingin menjadi pusat perhatian. Berbeda dengan warna hitam yang cenderung lebih santai. Kabarnya Honor juga akan meluncurkan warna merah.

Beralih ke depan, Kamu disuguhkan layar 6,5 inci yang dikelilingi bezel super tipis dengan ukuran hanya 4,25mm saja. Dengan begitu, ratio screen-to-body dari Honor 8X bisa mencapai 91 persen.

Untuk pengoperasiannya, meski layarnya berukuran 6,5 inci bagi kami Honor 8X masih mudah digenggam dengan satu tangan. Mungkin akan lain ceritanya bila dipegang oleh Kamu yang bertangan mungil.

Bagian belakangnya sedikit licin dan mudah kotor karena menjadi magnet sidik jari. Untungnya Honor sudah menyediakan softcase di paket penjualannya. Walaupun kualitasnya seadanya, setidaknya bisa menjadi solusi awal sebelum Kamu membeli casing yang lebih bagus.

Sedikit membahas ketersediaan slot, Honor 8X mempunyai dua slot SIM-card dan satu slot yang terdedikasi khusus untuk microSD (bukan hybrid).

Layar ekstra lega

Seperti disebutkan di atas, Honor 8X memberikan layar besar FullView berukuran 6,5 inci. Resolusinya sudah Full HD+, sehingga tajam untuk menampilkan gambar. Panelnya pun bisa menghasilkan warna yang kaya dan matang (vivid).

Dengan kombinasi seperti itu, menurut kami layar Honor 8X sudah sangat mencukupi untuk memenuhi banyak sekali kebutuhan Kamu, mulai dari browsing, mengakses sosmed, menonton video, hingga bermain games.

Selain itu, layar Honor 8X juga sudah mempunyai mode Eye Comfort lengkap dengan sertifikasi TuV Rheinland untuk mengurangi emisi cahaya biru, agar mata tidak cepat lelah saat menatap layar dalam durasi yang lama.

Dari sektor audio, Honor 8X punya speaker yang menurut kami lumayan jernih dan lantang untuk sekadar menemani menonton video dari YouTube, atau bermain games.

UI sederhana

Honor 8X mengadopsi sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan sentuhan user interface EMUI 8.2. Selain terlihat sederhana tanpa app drawer dan memudahkan untuk mengakses banyak hal, UI ini juga tidak dipenuhi banyak bloatware.

Yang ada hanyalah beberapa software bawaan yang menurut kami cukup berguna untuk keperluan sehari-hari, misalnya Health untuk menampilkan berita kebugaran, Party Mode untuk sinkronisasi audio dari beberapa perangkat Honor 8X sekaligus, serta Phone Manager.

Untuk urusan keamanan, Kamu disuguhkan sensor sidik jari yang terletak di belakang, serta face unlock.

Kamera tergolong bagus di kelasnya

Tidak hanya memberikan layar besar dan desain yang menawan, Honor 8X juga dibekali sistem fotografi yang tergolong bisa diandalkan untuk banyak sekali kondisi pemotretan, mulai dari tempat terang hingga temaram.

Ada dua kamera di belakang, adalah 20 megapixel f/1.8 + 2 megapixel. Seperti kebanyakan kamera smartphone masa kini, Honor 8X juga dilengkapi dengan dukungan AI yang bisa mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori.

Tapi yang paling menarik, kamera ini punya mode bernama Super Night Shot yang dapat mengurangi dampak tangan yang bergetar (goyang) pada foto long-exposure, dan menyokong sistem stabilization multi-frame. Mode yang menurut kami sangat cocok digunakan saat memotret di tempat gelap.

Sementara untuk selfie, ada kamera 16 megapixel di depan yang juga dibekali AI serta mode backlight. Kamera depan ini akan bekerja dengan menggabungkan beberapa frame menjadi satu, agar wajah maupun background tetap terlihat jelas.

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Untuk level harganya, bisa dibilang Honor 8X tergolong salah satu smartphone dengan kamera yang bagus di kelasnya. Untuk pemotretan outdoor di siang hari hasilnya tajam, dan dynamic range-nya pun cukup baik.

Hasil foto Honor 8X (3)

Hasil foto kamera Honor 8X (5)

Hasil foto kamera Honor 8X (3)

Hasil foto kamera Honor 8X (6)

Hasil foto kamera Honor 8X (7)

Meski begitu, karena berbasis AI terkadang hasil fotonya sedikit kurang konsisten. Kami beberapa kali menemui hasil jepretan dengan warna yang terlalu matang, sehingga tampak kurang natural. Di konsidi tertentu kami justru lebih suka menonaktifkan AI kameranya. Dua foto di bawah ini ialah perbandingan antara hasil foto tanpa AI dan memakai AI:

Hasil foto Honor 8X (4)

Hasil foto Honor 8X (5)

Sedangkan untuk low light, kamera Honor 8X masih bisa menangkap detail dengan baik saat memotret dengan kondisi temaram dengan banyak lampu di sekitar. Namun saat berada di kondisi gelap yang lebih ekstrem, barulah Kamu wajib mengaktifkan mode Super Night Shot.

Hasil foto Honor 8X (6)

Hasil foto Honor 8X (4)

Hasil foto Honor 8X (5)

Hasil foto memakai Super Night Shot dapat menghasilkan gambar yang terang walaupun akurasi warnanya tidak 100 persen akurat dan detail juga menurun. Perlu Kamu ketahui pula bahwa memotret dengan Super Night Shot membutuhkan waktu sekitar 4 detik. Artinya, tangan Kamu tidak boleh bergoyang berlebihan, dan objek diwajibkan dalam kondisi diam.

Untuk lebih memaparkan seperti apa kemampuan kamera dari Honor 8X, langsung saja simak koleksi foto kami yang lebih di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa mumpuni, memori internal besar

Dari sektor performa, Honor 8X dipersenjatai SoC Kirin 710 12nm dengan CPU 4x 2.2 GHz Cortex-A73 dan 4x 1.7 GHz Cortex-A53. Honor mengklaim, SoC ini punya kinerja single-core 75 persen lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Kamu juga disuguhkan RAM 4 GB untuk menyokong multitasking, serta ruang penyimpanan 128 GB yang tergolong cukup besar bila dibandingkan dengan para pesaing lainnya di kelas harga yang sama.

Perpaduan hardware tersebut menurut kami sudah amat menggiurkan untuk sebuah smartphone dengan harga 4 juta rupiah. Kinerja Honor 8X terbukti mulus, baik untuk menjalankan software standar maupun game.

Saat dicoba memainkan PUBG Mobile, secara otomatis pengaturan yang dipilih merupakan Medium. Selama bermain pun frame rate cukup terjaga, dan suhu yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu jalannya permainan.

Untuk lebih memaparkan seperti apa performa dari Honor 8X, langsung saja simak beberapa hasil pengujian memakai software benchmark di bawah ini.

Baterai tahan lama

Honor 8X dibekali baterai dengan kapasitas 3750 mAh. Terkesan tanggung karena beberapa lawannya sudah mengandalkan 4000 mAh. Walaupun demikian, harus diketahui bahwa data di atas kertas tidak selalu mencerminkan pengalaman yang ditawarkannya.

Terbukti, selama kami mencobanya, Honor 8X bisa menyala selama seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Kalau Kamu termasuk orang yang kurang terlalu aktif dengan smartphone, kami yakin daya tahan baterainya bisa mencapai 2 hari.

Proses pengisian daya pun tidak terlalu lama. Dari kondisi baterai tersisa 5 persen, butuh waktu sekitar 2 jam agar dapat terisi 100 persen penuh. Tak lupa kami sajikan pula hasil pengujian memakai PC Mark Battery Life 2.0 di bawah ini:

Kesimpulan

Dengan perpaduan antara desain dan performa yang menarik, kami menyimpulkan bahwa Honor 8X ialah penantang serius bagi para pesaingnya di level harga 3-4 jutaan rupiah. Apalagi, dari sektor fotografi Honor 8X juga bisa tampil mumpuni.

Dengan banderol Rp3.999.000, Honor 8X cocok untuk Kamu para pengguna yang mencari smartphone kelas menengah dengan desain bagus dan kualitas fasilitas di atas rata-rata.

Yang Canggih:

Tampilan eksterior sedap dipandang Layar besar dan tajam Performa oke untuk banyak sekali kebutuhan Memori internal besar (128 GB) Kamera bagus untuk memotret di kondisi cahaya memadai Super Night Shot sangat membantu mendapatkan hasil foto yang terang Baterai awet Harga kompetitif Ada slot microSD terpisah

Yang Kurang

Bodi mudah kotor oleh sidik jari Hasil foto memakai AI tidak konsisten dan warnanya terlalu matang Akan lebih menarik juga sudah dibekali NFC Spesifikasi Honor 8X Layar FullView 6,5 inci Full HD+ SoC Kirin 710 octa-core RAM 4 GB Memori internal 128 GB Kamera belakang 20 megapixel f/1.8 + 2 megapixel Kamera depan 16 megapixel Baterai 3750 mAh OS Android 8.1 Oreo (EMUI 8.2) Fasilitas Sensor sidik jari, face unlock, Super Night Shot Harga Rp3.999.000 Dimensi 160.4 x 76.6 x 7.8 mm (bobot 175 gram)

Honor 8X

Opsi yang menarik untuk Kamu yang mempunyai budget 4 juta rupiah

Related

Komentar
Loading...

Comments