Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Ada di Norwegia

Internasional

News / Internasional

Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Ada di Norwegia

Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Ada di Norwegia

KEPONEWS.COM - Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Ada di Norwegia Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Ada di Norwegia Restoran "Under berada lima meter di bawah permukaan laut Spangereid di selatan Norwegia. Kata "Under dalam bahasa Norwegia juga berarti "keajaiba...
Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Ada di Norwegia

Restoran "Under berada lima meter di bawah permukaan laut Spangereid di selatan Norwegia.

Kata "Under dalam bahasa Norwegia juga berarti "keajaiban .Restoranini baru diluncurkan Rabu (20/3) lalu, dengan dihadiri keluarga serta teman-teman dari pemiliknya. Baru di bulan April restoran ini akan dibuka untuk umum. Sebagai restoran bawah laut terbesar di dunia, "Under dapat menampung hingga 100 tamu.

Salah satu pemiliknya, Gaute Ubostad, optimis dengan konsep restoran. "Restoran kami akan mendatangkan turis dari seluruh dunia. Itulah tujuan kami, katanya.

Bagunan restoran dibuat menyerupai batu besar yang muncul dari dalam laut. Restoran "Under" tingginya 34 meter dan sengaja didesain menyatu dengan lingkungan laut. Permukaan betonnya sengaja dibuat kasar dengan maksud sebagai terumbu karang buatan bagi rumput laut dan limpet.

Kantor arsitektur asal Norwegia, Snoehetta, yang mewujudkan karya ini. Mereka juga dikenal dengan karya arsitekturnya untuk Museum 11 September di New York dan gedung opera di Oslo.

Restoran dilengkapi dengan jendela-jendela yang besar. Sambil menyantap hidangan, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan bawah laut. Kepiting, lobster, ikan hiu kecil atau dogfish, ikan pollack dan ikan kod ialah beberapa ikan yang biasanya akan terlihat diantara rumput laut. Sang arsitek, Kjetil Traedal Thorsen mengatakan: "Jendela besar bukan dimaksudkan sebagai akuarium, melainkan untuk melihat hal yang sesungguhnya.

Anjing laut tidak akan ditemukan dalam pandangan karena kehadirannya justru membuat takut ikan-ikan yang lebih kecil.

Pencahayaan buatan akan digunakan untuk menuntun ikan-ikan ke mangsanya yang berada di dekat jendela. "Salah satu tujuan kami ialah kepuasan tamu untuk bisa merasakan pengalaman unik di dalam laut," lanjut Ubostad.

Hidangan laut tentunya ada di daftar menu, juga daging burung laut dan domba sebagai menu santap malam.

Nicolai Ellitsgaard Pedersen didaulat sebagai koki utama. Dia pernah bekerja di restoran "Maltid di Kristiansand dan di Henne Kirkeby Kro, sebuah restoran Michelin di Denmark.

Sudah 7000 orang memesan tempat di restoran itu untuk menu "Under , yang diperkirakan akan dihargai sampai 376 Euro atau sekitar enam juta Rupiah. Ubostad berharap per tahunnya restoran akan kedatangan sekitar dua belas ribu orang. Hal ini juga baik bagi usaha perhotelan di sekitar restoran.

ga/hp (DW)

Comments