Resolusi Sehat 2017: 4 Cara agar Tidur Lebih Nyenyak

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Resolusi Sehat 2017: 4 Cara agar Tidur Lebih Nyenyak

Resolusi Sehat 2017: 4 Cara agar Tidur Lebih Nyenyak

KEPONEWS.COM - Resolusi Sehat 2017: 4 Cara agar Tidur Lebih Nyenyak Tidur nyenyak jadi salah satu kunci untuk lebih sehat di 2017. Kecukupan tidur berdampak positif pada penurunan berat badan, lebih banyak energi saat berolahraga, serta berkurangnya tingkat stres.Jika...

Tidur nyenyak jadi salah satu kunci untuk lebih sehat di 2017. Kecukupan tidur berdampak positif pada penurunan berat badan, lebih banyak energi saat berolahraga, serta berkurangnya tingkat stres.

Jika mendapatkan tidur berkualitas merupakan salah satu resolusi sehat tahun baru Anda, coba simak tips dari Dr Sujay Kansagra, direktur program kesehatan tidur di Duke University. Berikut empat tips agar tidur lebih nyenyak di 2017 seperti dilansir Popsugar, Selasa (3/1/2017):

1. Pikirkan cara agar tetap terjaga

"Mungkin hal ini terdengar kontra-intuitif," ujarnya. DR Kansagra mengatakan, bagi mereka yang sulit tidur lantaran terlalu khawatir tidak bisa memulai tidur, sebaiknya lakukan hal kebalikannya.

Alih-alih khawatir tak bisa mulai tidur, pikirkan untuk tetap terjaga. Hal ini terkadang bisa mengurangi kekhawatiran dan memberi kesempatan pada pikiran untuk lebih rileks agar tertidur. "Hal itu dikenal sebagai teknik niat paradoks," ujar Kansagra.

2. Daftar To-do

"Teknik ini untuk mereka yang terbiasa mengecek daftar pekerjaan yang belum diselesaikan sebelum tidur," ucap Kansagra.

"Dalam keseharian kita yang semuanya serba cepat, terkadang Anda baru benar-benar memikirkan apa yang ada dalam daftar ketika berbaring di tempat tidur. Dengan menciptakan daftar tugas dan menuliskan kekhawatiran Anda, Anda bisa mencegah terlalu memikirkannya sebelum tidur," jelasnya.

3. Mandi air hangat di malam hari

Dr Kansagra memberi bocoran mengenai cara menyiasati ritme sirkadian tubuh.

"Temperatur tubuh turun ketika kita tertidur. Mandi air hangat sebelum tidur seperti meningkatkan temperatur tubuh. Dengan begitu kita akan terlelap lebih mudah."

4. Mematikan lampu

Tak hanya lampu, Anda juga perlu mematikan gawai. "Menghindari cahaya dari TV, ponsel pintar, dan komputer memang terkesan sulit, tapi penting dilakukan. Otak akan mengurangi produksi hormon tidur atau melatonin secara alami ketika terpapar cahaya lampu di malam hari. Coba mematikan semua gawai satu jam sebelum tidur," saran Kansagra.

Resolusi Sehat 2017: 4 Cara agar Tidur Lebih Nyenyak

Comments