Resolusi 2019, Kementerian PANRB Prioritaskan Enam Sasaran Reformasi Biroklrasi

Nasional

News / Nasional

Resolusi 2019, Kementerian PANRB Prioritaskan Enam Sasaran Reformasi Biroklrasi

Resolusi 2019, Kementerian PANRB Prioritaskan Enam Sasaran Reformasi Biroklrasi

KEPONEWS.COM - Resolusi 2019, Kementerian PANRB Prioritaskan Enam Sasaran Reformasi Biroklrasi Untuk mencapai sasaran reformasi birokrasi nasional, pada 2019 prioritas kegiatan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan difokuskan pada enam kegiatan pokok. K...

Untuk mencapai sasaran reformasi birokrasi nasional, pada 2019 prioritas kegiatan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan difokuskan pada enam kegiatan pokok.

Kita harus fokus, cerdas dan tuntas. Kita harus memusatkan perhatian dan mengarahkan segala sumber yang kita miliki untuk menyelesaikan target-target yang telah ditetapkan untuk jangka waktu lima tahun ini, ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birikorasi (PANRB), Syafruddin dalam acara Refleksi Kementerian PANRB 2018 dan Resolusi 2019 di Jakarta, Kamis (31/01).

Dikatakan, di 2019 merupakan tahun politik yang sedikit banyak bisa menggangu ritme kerja kita. Karena itu, kita harus tetap netral, bebas dari segala kepentingan politik dan fokus melaksanakan tugas-tugas sesuai amanah yang kita emban.

Selain itu, Syafruddin mengajak jajarannya harus cerdas, harus bisa memilih, memilah dan memprioritaskan kegiatan yang strategis, agar seluruh sumber daya dapat dimanfaatkan secara cermat, efektif dan efisien. Adapun tips ketiga, pekerjaan harus tuntas. Pasalnya, di 2019 merupakan akhir dari masa bakti pemerintahan kabinet kerja 2015 -2019.

Adapun enam kegiatan yang menjadi fokus kegiatan Kementerian PANRB, yang pertama merupakan menuntaskan penetapan banyak sekali kebijakan sebagai fondasi sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) menuju smart ASN. Fokus kedua, mengakselerasi penerapan e-Government dalam penyelenggaraan penerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha.

Selanjutnya, fokus ketiga ialah memantapkan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) guna mewujudkan penyelenggaraan penerintahan yang efektif dan efisien. Fokus keempat, memperluas pembangunan zona integritas untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.

Kelima, melanjutkan penataan kelembagaan instansi pemerintah agar fungsi dan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan dapat terselenggara dengan lincah, efektif dan efisien. Sementara fokus keenam merupakan mengakselerasi perbaikan pelayanan dasar dan perizinan kepada masyarakat dan dunia usaha.

Capaian 2018

Dalam kesempatan itu, Syafruddin memberikan sejumlah capaian di 2018, antara lain mendorong penerapan pemerintahan berorientasi hasil melalui penerapan SAKIP, yang antara lain dengan melakukan evaluasi terhadap penerapan sakip setiap tahun. Hasilnya, pada di 2018 tingkat efisiensi dari 25 provinsi dan 217 kabupaten/kota mencapai Rp65,1 triliun.

Dalam mendorong reformasi birokrasi seluruh instansi pemerintah, antara lain dilakukan dengan memperbaiki kebijakan pelaksanaan reformasi birokrasi, adalah melakukan perubahan Permenpanrb nomor 14 tahun 2014 menjadi Permenpanrb nomor 30 tahun 2018 wacana Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi.

Resolusi 2019, Kementerian PANRB Prioritaskan Enam Sasaran Reformasi Biroklrasi

Comments