Resmikan Revitalisasi Toilet di Lembah Indah Malang, Sandiaga: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Resmikan Revitalisasi Toilet di Lembah Indah Malang, Sandiaga: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata

Resmikan Revitalisasi Toilet di Lembah Indah Malang, Sandiaga: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata

KEPONEWS.COM - Resmikan Revitalisasi Toilet di Lembah Indah Malang, Sandiaga: Toilet Bersih Dukung Pengembangan Pariwisata MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (17/10/2021). Ia memulai...

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (17/10/2021).

Ia memulai sambutannya dengan sebuah pantun;

Pergi ke Malang naik kereta

Keretanya bersih dan juga nyaman

Untuk menyokong revolusi pariwisata

Revitalisasi toilet wisata harus terus dilakukan

"Hari ini saya sangat bahagia, tersentuh, bahwa program kita yang sudah kami jalankan dari awal tahun perihal Satgas Toilet Indonesia," ujar Sandiaga.

Di Jawa Timur kata Sandiaga ada Satgas Keeping Jatim Bisa yang dapat turut serta dalam pemulihan pariwisata dan membantu pemerintah.

"Dengan inisiatif sendiri serta kemitraan dunia usaha hari ini kita resmikan yaitu toilet wisata Lembah Indah Kabupaten Malang. Di dua titik ini, toilet ini berbeda dengan toilet lainnya karena ramah disabilitas. Dan ini memberikan keberpihakan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan," terangnya.

Sandiaga Undang 19 Dubes Anggota Uni Eropa, Ini yang Dibahas

Sandiaga Uno

(Foto: Kemenparekraf)

Khususnya kata dia, di tengah pandemi Covid-19 yang mana masyarakat amat membutuhkan kunjungan wisatawan. Oleh karenanya, pemerintah melalui Kemenparekraf memberikan terima kasih kepada seluruh pihak yang menghadirkan satu kolaborasi apik ini.

"Mudah-mudahan kita bisa bangkit di saat sulit, salam satu jiwa. Tadi saya sudah coba langsung memakai toilet yang standar dan melihat langsung yang disabilitas. Yang disabilitas ini dirancang memang jauh lebih luas agar mobilitas para penyandang disabilitas ini dapat terakomodasi terutama saat mereka harus memakai fasilitas mandi," ujar dia.

Lebih lanjut Sandiaga mengapresiasi pembangunan toilet wisata tersebut yang memakai pendekatan humanis, karena sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2016. Bahwa software dari UU tersebut ialah akses infrastruktur yang berkeadilan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan khususnya dari kaum disabilitas.

"Ini yang saya nyatakan bahwa ini pemandangan kelas dunia dan toiletnya kelas internasional. Jadi tidak usah jauh-jauh, berpartisipasi cukup di Lembah Indah Malang. Kami terus melakukan di saat yang sama secara serentak di beberapa titik di beberapa provinsi yang menjadi destinasi unggul wisata seperti di Bali, Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuhan Bajo, dan Borobudur juga kita sudah launching bersama-sama," tuturnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini berujar bahwa yang berbeda dari semua ialah partisipasi masyarakat. Dirinya dan Bupati Malang tidak mengeluarkan dana sepeserpun terkait revitalisasi toilet wisata. Ini semua kata Sandiaga Uno dikeluarkan oleh pak Firman dan teman-teman semua yang ikut berkolaborasi.

Comments