Rencana Pemulangan WNI ABK Diamond Princess Terus Disiapkan Pemerintah

Nasional

News / Nasional

Rencana Pemulangan WNI ABK Diamond Princess Terus Disiapkan Pemerintah

Rencana Pemulangan WNI ABK Diamond Princess Terus Disiapkan Pemerintah

KEPONEWS.COM - Rencana Pemulangan WNI ABK Diamond Princess Terus Disiapkan Pemerintah AFP/CHARLY TRIBALLEAU Kapal Pesiar The Diamond Princess yang mengangkut sekitar 3600 orang yang terpaksa dikarantina di dalam kapal karena ditakutkan tertular virus corona, berlabuh di Terminal Kapal...
Loading...
Rencana Pemulangan WNI ABK Diamond Princess Terus Disiapkan Pemerintah

AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Kapal Pesiar The Diamond Princess yang mengangkut sekitar 3600 orang yang terpaksa dikarantina di dalam kapal karena ditakutkan tertular virus corona, berlabuh di Terminal Kapal Dermaga Daikoku, Yokohama, Jepang, Senin (10/2/2020). Total terdapat 78 WNI yang menjadi kru kapal tersebut, dengan 4 diantaranya positif terjangkit virus corona. AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

JAKARTA - Rencana pemulangan warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess tengah dipersiapkan pemerintah pemerintah Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Hal tersebut disampaikan Plt Jubir Kementerian luar negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (21/2/2020).

"(Terkait pemulangan) terus disiapkan oleh pemerintah pusat dan KBRI Tokyo," ujar Faizasyah.

Singgung Presiden Jokowi, Ini Jawaban Lugu Anak-anak Peserta Aksi 212 di Monas

Faizasyah juga menginformasikan sebagian dari 74 WNI tersebut sudah menjalani uji kesehatan.

Adapun hasilnya baru diketahui 2-3 hari mendatang.

"Hasilnya (baru diketahui) antara 2-3 hari," ujarnya

KBRI Tokyo semenjak awal masa observasi Diamond Princess, disampaikan telah memohon kepada otoritas Jepang agar kemudian diberikan akses untuk berkomunikasi dengan seluruh 78 WNI yang merupakan anak buah kapal dari perusahaan Diamond Princess.

Hingga Kamis (20/2/20) kemarin sudah ada 4 WNI yang teridentifikasi tertular COVID-19, setelah sebelumnya dikarantina diatas kapal berbendera Inggris itu.

Yang mana masing-masing dua orang dirawat di dua rumah sakit yang berbeda, yaitu di Chiba dan Tokyo.

Comments