Rencana ''Mega Roket'' Putin Terancam Gagal, Kesalahan Fatal Ditemukan

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Rencana ''Mega Roket'' Putin Terancam Gagal, Kesalahan Fatal Ditemukan

Rencana ''Mega Roket'' Putin Terancam Gagal, Kesalahan Fatal Ditemukan

KEPONEWS.COM - Rencana ''Mega Roket'' Putin Terancam Gagal, Kesalahan Fatal Ditemukan Roket Angara 5 membawa misil. (Wikipedia/ Allocer) Rusia berlomba-lomba untuk meningkatkan sistem penerbangan luar angkasa dengan Amerika Serikat. Isu buruk, teknisi dan ilmuwan menemukan kesalahan f...

Roket Angara 5 membawa misil. (Wikipedia/ Allocer)

Rusia berlomba-lomba untuk meningkatkan sistem penerbangan luar angkasa dengan Amerika Serikat. Isu buruk, teknisi dan ilmuwan menemukan kesalahan fatal dalam desain roket ''heavy lift'' Angara 5.

Roket tersebut merupakan roket buatan Khrunichev State Research and Production Space Center yang berbasis di Moskow, Rusia.

Angara 5 bisa mengangkat muatan berat antara 2.000 hingga 40.500 ke orbit Bumi rendah.

Roket ini direncanakan menjadi armada peluncur tak berawak andalan Rusi di masa depan.

Para ilmuwan memperingatkan osilasi frekuensi rendah berbahaya yang dapat merobek mesin RD-191 milik roket Angara selama peluncuran.

Meskipun ada upaya untuk mengurangi osilasi ini, termasuk pemasangan katup khusus, para ilmuwan memperingatkan bahwa peluncuran masih bisa berakhir dengan bencana.

Roket Angara 5 pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Angara 5 dikembangkan untuk menggantikan Proton 5 sebagai roket pengangkut muatan berat Rusia.

Ilustrasi presiden Rusia, Vladimir Putin. (Pixabay/ DimitroSevastopol)Ilustrasi presiden Rusia, Vladimir Putin. (Pixabay/ DimitroSevastopol)

Isu ini seakan kurang tepat karena melengkapi isu buruk yang dialami oleh pengembangan roket besar-besar di era presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pada bulan Juli 2018, Putin mengatakan bahwa Angara 5 mempunyai ''arti besar'' bagi pertahanan negara.

Ia meminta badan antariksa Roscosmos untuk bekerja lebih aktif di dalamnya dan memenuhi sasaran batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun sayangnya, rencana ''Mega Roket'' Putin seakan terganggu dengan serangkaian kegagalan yang ada.

Sensor roket Soyuz yang mengalami kerusakan memaksa astronot NASA dan Rusia melakukan pendaratan darurat pada Oktober 2018.

Pembuatan Roket Angara 5. (YouTube_TyphoonUSSR)Pembuatan Roket Angara 5. (YouTube_TyphoonUSSR)

Dikutip dari Daily Mail, Proton M juga mempunyai tingkat kegagalan hampir 10 persen dalam lebih dari 100 kali peluncuran semenjak tahun 2001.

Sebuah pesawat ruang angkasa kargo milik Rusia yang berbeda jatuh kembali ke Bumi tak lama setelah diluncurkan pada Desember 2016.

Peluncuran kedua roket Angara 5 yang telah diperbaiki dijadwalkan meluncur pada akhir 2019.

Apabila mengalami kegagalan lagi, maka ini akan menjadi pukulan bagi Rusia yang mempunyai ambisi besar dalam perkembangan roket.

Comments