Rekomendasi Makanan dan Jumlah Nutrisi yang Dapat Bantu Tumbuh Kembang si Kecil

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Rekomendasi Makanan dan Jumlah Nutrisi yang Dapat Bantu Tumbuh Kembang si Kecil

Rekomendasi Makanan dan Jumlah Nutrisi yang Dapat Bantu Tumbuh Kembang si Kecil

KEPONEWS.COM - Rekomendasi Makanan dan Jumlah Nutrisi yang Dapat Bantu Tumbuh Kembang si Kecil ANAK-anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menyokong tumbuh kembangnya. Jumlah nutrisi yang harus mereka konsumsi sebetulnya didasarkan pada prinsip yang sama seperti nutrisi untuk orang dewasa. S...

ANAK-anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menyokong tumbuh kembangnya. Jumlah nutrisi yang harus mereka konsumsi sebetulnya didasarkan pada prinsip yang sama seperti nutrisi untuk orang dewasa.

Semua orang membutuhkan asupan nutrisi esensial seperti vtamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Anak-anak juga membutukan nutrisi tersebut, namun porsi atau jumlah nutrisinya cenderung berbeda karena harus disesuaikan dengan usianya.

Jadi, apa formula terbaik untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan mereka? Berikut Okezone rangkumkan pedoman diet untuk anak perempuan dan laki-laki banyak sekali usia, sebagaimana dilansir dari Mayo Clinic, Kamis (22/11/2018).

Protein

Pilihlah seafood atau daging tanpa lemak seperti dada ayam, telur, kacang polong, produk kedelai, dan kacang atau biji-bijian tanpa garam. Untuk anak-anak berusia 2-3 tahun, sebaiknya beri asupan protein sebanyak 2-4 ons per hari.

Buah-buahan

Dorong anak Kamu untuk mengonsumsi banyak sekali buah-buahan segar, kalengan, beku atau kering. Namun, kalau si kecil bersikeras ingin mengonsumsi jus buah, pastikan jusnya 100% tanpa tambahan gula dan batasi pula porsinya. Gunakanlah buah segar atau kalengan yang rendah gula, karena bila dikonsumsi terlalu berlebihan, makanan ini dapat menyumbangkan kalori yang sangat tinggi. Untuk anak-anak berusia 2-3 tahun, sebaiknya beri buah-buahan sebanyak 1 1,5 cangkir buah per hari.

anak makan buah

Sayuran

Sama seperti buah-buahan, Kamu harus menyajikan banyak sekali sayuran segar, kalengan, beku atau kering. Usahakan untuk memakai sayuran yang mempunyai daun berwarna hijau gelap, merah, dan oranye. Namun, saat memilih sayuran kalengan atau beku, pastikan kandungan sodiumnya rendah. Untuk anak-anak berusia 2-3 tahun, sebaiknya beri sayuran segar sebanyak 1 1,5 cangkir sayur per hari.

Biji-bijian

Pilih biji-bijian utuh seperti roti gandum utuh, oatmeal, popcorn, quinoa, atau nasi merah. Batasi biji-bijian olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi. Untuk anak-anak berusia 2-3 tahun, sebaiknya beri biji-bijian sebanyak 3-5 ons per hari.

Susu

Ajarkanlah anak Kamu untuk mengonsumsi produk-produk dairy bebas lemak atau rendah lemak, seperti susu, yogurt, keju, atau minuman kedelai yang telah dicampurkan oleh bahan-bahan sehat lainnya. Untuk anak-anak berusia 2-3 tahun, sebaiknya beri produk dairy sebanyak 2 cangkir per hari.

(hel)

Comments