Rampung Tahun Ini, Jalan Trans Papua Jadi Kado Natal dan Tahun Baru

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Rampung Tahun Ini, Jalan Trans Papua Jadi Kado Natal dan Tahun Baru

Rampung Tahun Ini, Jalan Trans Papua Jadi Kado Natal dan Tahun Baru

KEPONEWS.COM - Rampung Tahun Ini, Jalan Trans Papua Jadi Kado Natal dan Tahun Baru JAKARTA - Setelah jembatan Youtefa diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, pembangunan sejumlah ruas jalan Trans Papua ditargetkan bisa dinikmati warga di Bumi Cendrawasih pada akhir tahun...

JAKARTA - Setelah jembatan Youtefa diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, pembangunan sejumlah ruas jalan Trans Papua ditargetkan bisa dinikmati warga di Bumi Cendrawasih pada akhir tahun ini.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo mengatakan, pembangunan jalan Trans Papua merupakan salah satu program Nawa Cita Jokowi di Papua. Dia pun meminta warga Papua untuk menyokong pembangunan infrastruktur yang terus digenjot pemerintah.

Jalan Trans Papua Sudah 1.071 Km, Begini Kondisinya

"Kita dan masyarakat harus bersinergi. Harapan kita merupakan sama-sama menyokong semua infrastruktur yang dikerjakan pemerintah agar bisa terwujud di Tanah Papua," kata John Wempi kepada wartawan, Rabu (11/12/2019).

Selain pembangunan jalan Trans Papua, pengembangan bandara di Papua juga diharapkan bisa dirampungkan pada tahun ini guna menjadi kado Natal dan Tahun Baru bagi warga.

Trans Papua

Meski demikian, Jhon Wempi mengatakan, pembangunan sebagian ruas jalan Trans Papua masih terkendala medan yang berat dan situasi keamanan. Apalagi, pembangunan jalan itu dikerjakan sepanjang 2.300 km.

Mengintip Pembangunan Jalan Trans Papua

Jalan Trans Papua terbentang sepanjang wilayah Papua dan Papua Barat. Untuk wilayah Papua Barat, jalan tersebut terbentang mulai dari Sorong-Maybrat-Manokwari sepanjang 594,81 kilometer dan Manokwari-Mameh-Wasior-Batas Provinsi Papua sepanjang 475,81 kilometer.

Adapun untuk di provinsi Papua, jalan tersebut berada di Wamena-Habema-Kenyam-Mamugu (NULL,3 kilometer), Kwatisore (batas provinsi Papua)-Nabire (batas kota) sepanjang 203,32 kilometer, Nabire-Wagete-Enarotali (NULL,5 kilometer), dan Enarotahlaga-Mulia-Wamena (NULL,4 kilometer).

Selanjutnya, Wamena-Elelim-Jayapura (585 kilometer), Kenyam-Dekai (NULL,83 kilometer), Dekai-Oksibil (NULL,6 kilometer), Oksibil-Waropko (NULL,01 kilometer), Waropko-Tanah Merah-Merauke (NULL,06 kilometer), dan Wagete-Timika (NULL,43 kilometer).

Selanjutnya

Comments