Rampak Sarinah Kampanye Kebaya di Thailand

Internasional

News / Internasional

Rampak Sarinah Kampanye Kebaya di Thailand

Rampak Sarinah Kampanye Kebaya di Thailand

KEPONEWS.COM - Rampak Sarinah Kampanye Kebaya di Thailand THAILAND-Sulistyani, anggota Rampak Sarinah Jakarta mengikuti Kampanye Kebaya Goes To The World di negara Thailand selama dua hari, 7 hingga 9 Desember 2019 yang diorganisir oleh Komunitas Perempuan...

THAILAND-Sulistyani, anggota Rampak Sarinah Jakarta mengikuti Kampanye Kebaya Goes To The World di negara Thailand selama dua hari, 7 hingga 9 Desember 2019 yang diorganisir oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI), diketuai oleh Rahmi Hidayati.

Sebelumnya, Rampak Sarinah juga aktif berpartisipasi di beberapa kegiatan PBI, termasuk serangkaian FGD wacana Kebaya di bulan November 2019 di Kemenko PMK yang mendasari program di Thailand tersebut.

Kenakan Kebaya, Begini Cantiknya Syahrini saat Temani Papa Mertua Kondangan

Komunitas PBI yang sudah berdiri di beberapa provinsi memperjuangkan pemakaian kebaya dalam kehidupan sehari-hari oleh para perempuan Indonesia, dimana saja.

Selanjutnya, berupaya agar ada penetapan Hari Berkebaya Nasional dari Pemerintah.

Pengenalan kebaya ke dunia internasional akan cepat terlaksana apabila orang-orang Indonesia sesering mungkin memakai kebaya saat di luar negeri, jelas Rahmi Hidayati, ketua PBI yang didirikannya 2 tahun lalu.

Rampak Sarinah berdiri 26 Februari 2018 lalu. Organisasi ini merupakan gerakan perempuan berideologi nasionalis yang memakai kebaya putih sebagai seragam organisasi dengan bawahan kain nusantara.

Pesan di Balik Paduan Anggun Baju Kurung dan Batik yang Dikenakan Iriana Saat Pelantikan Jokowi

Kebaya berbahan kaos kita pilih sebagai seragam karena kebaya memang baju nenek moyang kita sehari-hari untuk bertani, bakulan,mengajar, berkonggres, pengajian bahkan untuk bertarung seperti yang dilakukan Nyi Ageng Serang. Ciri organisasi kita merupakan di Kerudung bu Fat yang berwarna merah, Eva Sundari politisi PDIP yang juga pengagas pembentukan Gerakan Rampak Sarinah.

Selain mengorganisir seminar, delegasi PBI juga melaksanakan fashion show, menyanyi yang diiringi musik angklung dan Tari Kebaya yang dipersembahkan PBI Yogyakarta.

Sulistyani yang juga kader PDIP memaparkan, Rampak Sarinah bersama PBI akan melaksanakan kampanye kebaya untuk kalangan millenial dan pelajar putri.

Mengintip Aktivitas Eva Kusuma Sundari dan Fahri Hamzah Berbenah Siap Tinggalkan Gedung DPR RI

Di beberapa wilayah yang kepala daerahnya kader PDIP misalnya di Bali, Blitar dan Solo, berkebaya sudah menjadi seragam pelajar dan ASN di hari tertentu sesuai Perda setempat, jelas Sulistyani.

Rampak Sarinah semenjak awal menyokong gerakan pelestarian kebaya sebagai warisan budaya Indonesia sebagai bagian dari pelaksanaan ajaran Trisakti Bung Karno.

Sebagai taktik gerakan budaya maka 3 ajaran Trisakti harus dilaksanakan serentak secara simultan yaitu kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan penguatan kepribadian.

Untuk Trisakti maka kita harus melakukan pembalikan taktik gerakan lingkungan yaitu Think Locally, Act Globally, Eva Sundari yang juga pendiri dan Ketua Kaukus Pancasila menambahkan.

Rampak Sarinah Kampanye Kebaya di Thailand

Comments