Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mendadak copot semua gelar resmi untuk selir Sineenat Wongvajirapakdi

Internasional

News / Internasional

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mendadak copot semua gelar resmi untuk selir Sineenat Wongvajirapakdi

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mendadak copot semua gelar resmi untuk selir Sineenat Wongvajirapakdi

KEPONEWS.COM - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mendadak copot semua gelar resmi untuk selir Sineenat Wongvajirapakdi EPA Sineenat Wongvajirapakdi diangkat menjadi pendamping raja pada bulan Juli. Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (67 tahun) hari Senin (21/10) mendadak mencopot semua gelar kerajaan yang tadinya diber...
Sineenat WongvajirapakdiEPA Sineenat Wongvajirapakdi diangkat menjadi pendamping raja pada bulan Juli.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (67 tahun) hari Senin (21/10) mendadak mencopot semua gelar kerajaan yang tadinya diberikan kepada selirnya dengan alasan "tidak setia".

Pencopotan dilakukan hanya beberapa bulan setelah Sineenat Wongvajirapakdi, perempuan berusia 34 tahun, diangkat secara resmi menjadi selir raja.

Pengumuman yang dikeluarkan kerajaan menyebutkan, Sineenat "ambisius dan mencoba memposisikan diri sebagai ratu". Dikatakan pula bahwa Sineenat "bertindak tidak pantas dan tidak berterima kasih".

Pada akhir Agustus lalu, istana kerajaan menerbitkan foto-foto Sineenat bersama raja.

Situs resmi kerajaan Thailand tumbang dan sulit diakses selama berjam-jam setelah menerbitkan foto-foto candid Sineenat.

Sineenat WongvajirapakdiReuters Sineenat Wongvajirapakdi berpangkat mayor jenderal dan pernah mendapatkan pelatihan sebagai penerbang.

Foto-foto tersebut antara lain memperlihatkan, Sineenat sedang menerbangkan pesawat tempur jet dan mengeluarkan tembakan.

Sineenat dikenal berpangkat mayor jenderal dan pernah menjalani pelatihan sebagai penerbang. Ia ialah pemegang gelar resmi selir kerajaan yang pertama dalam kurun hampir 100 tahun di Thailand.

Raja Vajiralongkorn memberikan gelar kepada Sineenat di bulan Juli, dua bulan setelah pernikahannya dengan Ratu Suthida, istri ke empatnya.

Sineenat WongvajirapakdiReuters Sineenat Wongvajirapakdi ikut serta upacara Kremasi Kerajaan Raja Bhumibol Adulyadej.

Situs yang menerbitkan foto tersebut sempat berhenti beroperasi karena mendapatkan lalu lintas yang tinggi, lapor kantor informasi Reuters.

Ketika itu, biografinya diterbitkan di samping foto-foto itu.

Sineenat Wongvajirapakdi (tengah) dan raja (kiri).AFP Sineenat Wongvajirapakdi (tengah) dan raja (kiri).

Ratu Suthida, 41 tahun - mantan pramugari dan wakil pimpinan pengawal - merupakan pasangan Raja Vajiralongkorn semenjak lama dan sering terlihat di depan umum dengannya selama bertahun-tahun.

Vajiralongkorn menjadi raja setelah ayahnya, Bhumibol Adulyadej, meninggal dunia pada tahun 2016.

BBC Raja meneteskan air suci pada Ratu Suthida saat mereka menikah di bulan Mei.

Comments