PVMBG: Gelembung di Selat Sunda Muncul dari Lubang Gunung Krakatau

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

PVMBG: Gelembung di Selat Sunda Muncul dari Lubang Gunung Krakatau

PVMBG: Gelembung di Selat Sunda Muncul dari Lubang Gunung Krakatau

KEPONEWS.COM - PVMBG: Gelembung di Selat Sunda Muncul dari Lubang Gunung Krakatau Petugas dari BKSDA Bengkulu Lampung baru-baru ini menemukan sebuah fenomena alam di Perairan Selat Sunda, dekat Gunung Anak Krakatau. Fenomena alam itu ditemukan petugas di sisi timur bibir pantai Gun...

Petugas dari BKSDA Bengkulu Lampung baru-baru ini menemukan sebuah fenomena alam di Perairan Selat Sunda, dekat Gunung Anak Krakatau.

Fenomena alam itu ditemukan petugas di sisi timur bibir pantai Gunung Anak Krakatau, berupa gelembung besar yang menyembur dari dasar lautan ke permukaan air laut. Gelembung itu tak cuma satu, ada yang lainnya dan aktivitas gelembung itu menyebabkan air di sekitar lokasi menjadi bergolak.

Saat itu petugas tidak sedang meneliti aktivitas Gunung Anak Krakatau, tapi mereka sedang melakukan patroli pengamanan wilayah Cagar Alam dan Cagar Alam Laut atau CA dan CAL Kepulauan Krakatau.

Meski tidak mengetahui apa yang terjadi dengan gelembung itu. Namun, petugas menduga kemunculan gelembung itu ada kaitannya dengan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

Nah, VIVA.co.id telah menghubungi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Dan terungkap fakta bahwa sebenarnya fenomena gelembung yang ditemukan petugas BKSDA itu memang ada di sekitar bibir pantai Gunung Anak Krakatau. Fakta ini diterangkan Kepala Bidang Gunungapi PVMBG, Hendra Gunawan.

Gelembung di Selat Sunda.

"Kalau sekitar GAK (Gunung Anak Krakatau) semenjak tahun 2007 juga setidaknya memang ada gelembung dan membuat sedikit menjadi hangat di satu titik di pantai GAK," kata Hendra.

Gelembung di Selat Sunda.

Video Kemunculan Gelembung Besar di Selat Sunda Dekat Gunung Krakatau

Gelembung di Selat Sunda.

Air Selat Sunda Bergolak, Muncul Gelembung Dekat Gunung Krakatau

Pesawat CN295.

Tanggulangi Banjir, TNI Kerahkan Pesawat CN295 dan CASA ke Selat Sunda

Gunung Anak Krakatau.

Penjelasan BNPB, Radius Diluar 2 Km Kawah Gunung Krakatau Aman

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

Megawati Tolak Pembangunan Jembatan Selat Sunda, Ini Alasannya

PVMBG

Gunung Anak Krakatau Erupsi

Hendra memaparkan, gelembung yang muncul di Selat Sunda itu berasal dari lubang-lubang yang ada di tubuh Gunung Anak Krakatau.

"Di bagian tubuh gunungapi ada lubang-lubang keluar gas dan suhunya sedikit hangat merupakan fenomena umum," ujar dia.

Menurut Hendra, meski gelembung yang muncul terjadi menerus. Tapi berdasarkan pengamatan PVMBG, aktivitas Gunung Anak Krakatau masih tenang.

"Secara umum aktivitas GAK semenjak 1 bulan terakhir relatif tenang, jumlah gempa vulkanik yg terekam sedikit (

Untuk diketahui, Gunung Anak Krakatau merupakan salah satu gunungapi aktif di Indonesia. Bahkan letusannya 22 Desember 2020 telah memicu terjadinya gelombang tsunami yang menerjang Anyer, Banten.

Video Kemunculan Gelembung Besar di Selat Sunda Dekat Gunung Krakatau

Comments