Putuskan Resign, Ini Kisah Sukses Mantan HRD Banting Setir Jadi Petani

Inspirasi

Ragam / Inspirasi

Putuskan Resign, Ini Kisah Sukses Mantan HRD Banting Setir Jadi Petani

Putuskan Resign, Ini Kisah Sukses Mantan HRD Banting Setir Jadi Petani

KEPONEWS.COM - Putuskan Resign, Ini Kisah Sukses Mantan HRD Banting Setir Jadi Petani JAKARTA Petani tidak lagi identik dengan orang tua dan desa. Belakangan ini mulai bermunculan pemuda pemudi milenial yang mengaku tertarik dengan sektor pertanian. Salah satunya merupakan Rio Erla...

JAKARTA Petani tidak lagi identik dengan orang tua dan desa. Belakangan ini mulai bermunculan pemuda pemudi milenial yang mengaku tertarik dengan sektor pertanian.

Salah satunya merupakan Rio Erlangga (35 tahun). Dia memutuskan untuk ke luar dari perusahaan automotif multinasional pada 2015, ketika yang bersangkutan tertarik dengan usaha tani. Saat itu dia bekerja sebagai di divisi SDM perusahaan automotif. Setelah bernegosiasi secara panjang, akhirnya lampu hijau ke luar dari tempat kerjanya pada Februari 2016.

Pelajaran Usaha Karaoke dari Inul Daratista, Ide Dicontek Itu Hal Biasa

Bapak dua anak itu mengisahkan alasan dirinya untuk berbisnis di tengah tawaran dan posisi yang menggiurkan dari perusahaan. Dia menilai ketika dirinya fokus untuk bertani, keuntungan finansial yang diperoleh akan lebih berlipat ketimbang mempertahankan menjadi pegawai.

Kalau difokuskan, saya mau coba ke arah situ (pertanian). Saya lihat potensinya bagus, ya sudah saya putuskan kalau saat itu saya mau terjun ke bidang pertanian, kata Rio kepada Okezone, Selasa (16/6/2020).

Terpuruk Imbas Covid-19, UMKM Cobalah Lakukan Hal Ini untuk Bangkit

Setelah itu, lanjut dia, dirinya mencari seorang mentor yang memang sudah berpengalaman di dunia pertanian. Tak lama berselang, ia langsung menyerap segala masukan dan berita yang diberikan untuk segera menjalani usaha tersebut.

(Mentornya) Bisa mengarahkan, dapat gambaran, saya jalani. Alhamdulillah memang grafiknya sangat cepat, begitu kita jalani secara konsisten. Hasilnya pun Alhamdulillah bagus, ujarnya.

lemon

Menjalani fokus usaha lemon dan jahe selama 6 bulan di daerah Cileungsi, Jawa Barat, progres positif pun terus mendatangi pundi-pundi keuangannya. Dalam waktu sesingkat itu, ia mengaku sudah bisa membalikkan modal usaha yang dikeluarkan saat memulai usahanya.

Jadi sampai dengan September 2016, pertumbuhannya sudah begitu lumayan baik. Jadi naik terus secara growth bisnisnya. Naik terus sampai sekarang, katanya.

(kmj)

Comments