Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Kirim Tim Survei Tanggap Darurat ke Donggala dan Palu

Nasional

News / Nasional

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Kirim Tim Survei Tanggap Darurat ke Donggala dan Palu

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Kirim Tim Survei Tanggap Darurat ke Donggala dan Palu

KEPONEWS.COM - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Kirim Tim Survei Tanggap Darurat ke Donggala dan Palu Laporan Wartawan Tribunnews, Vincentius Jyestha JAKARTA - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengirimkan Tim Survei Tanggap Darurat bencana alam ke Donggala dan Palu, Su...
Loading...

Laporan Wartawan Tribunnews, Vincentius Jyestha

JAKARTA - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengirimkan Tim Survei Tanggap Darurat bencana alam ke Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018).

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan tim survei diberangkatkan dengan membawa peralatan survei hidro-oseanografi canggih.

"Diantaranya peralatan pendeteksi bawah air Multibeam Echosounder yang dapat mendeteksi kedalaman sampai dengan 500 m, Side Scan Sonar, CTD ( Conductivity Temperature Depth), serta alat ukur pasang surut," ujar Harjo, dalam keterangannya, Selasa (2/10/2018).

KPK Tahan Pengacara Lucas Karena Merintangi Penyidikan

Tim survei tanggap darurat Pushidrosal yang diberangkatkan berjumlah 6 personel, dipimpin Komandan Tim Survei Mayor Laut (P) Yohanis L Kalambo.

Ia menyebut bahwa penanggulangan bencana, khususnya gempa bumi membutuhkan sinergitas antara kelembagaan pemerintah dan segenap komponen masyarakat.

Terutama, kata dia, upaya tanggap darurat dalam memetakan daerah terdampak bencana dan pemetaan area akses maupun daerah bencana.

Menurutnya, sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal mempunyai tanggung jawab untuk memberikan kontribusi dalam membantu mengatasi bencana dan SAR yang terjadi di perairan Indonesia.

Ini Kronologi Kecelakaan Mobil yang Dialami Marco Simic di Jakarta Selatan

Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan sumbangsih serta tugas Pushidrosal.

"Tim Pushidrosal akan melakukan survei dan pemetaan hidro-oseanografi di daerah bencana, yaitu perairan Palu dan Donggala yang diguncang gempa bumi 7,4 Scala Richter dan tsunami guna menyokong pemerintah dalam mitigasi bencana maupun dukungan penanggulangan bencana," jelas dia.

Lebih lanjut, Harjo menegaskan kegiatan Tim Survei Tanggap Segera Pushidrosal akan melakukan pengumpulan dan pengolahan data hidrografi, untuk nantinya memberikan jaminan keselamatan navigasi dan pelayaran di alur dan perairan sekitar pelabuhan TNI AL maupun Pelabuhan umum.

Puskesmas Pembantu Tarimbang Dikabarkan Rusak karena Gempa di Sumba Timur

"Selain itu juga pemilihan pantai untuk beacing Kapal LST yang membawa bantuan logistik dan obat-obatan serta pengecekan detail pantai yang telah mengalami perubahan untuk updating peta laut," katanya.

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Kirim Tim Survei Tanggap Darurat ke Donggala dan Palu

Comments