Punya Ukuran 5 Nm, Chipset iPhone 2020 Siap Diproduksi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Punya Ukuran 5 Nm, Chipset iPhone 2020 Siap Diproduksi

Punya Ukuran 5 Nm, Chipset iPhone 2020 Siap Diproduksi

KEPONEWS.COM - Punya Ukuran 5 Nm, Chipset iPhone 2020 Siap Diproduksi Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) ditunjuk Apple sebagai satu-satunya perusahaan yang akan membuat Bionic A14, chipset yang digadang bakal menjadi otak dibalik performa iPhone 2020 (iP...

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) ditunjuk Apple sebagai satu-satunya perusahaan yang akan membuat Bionic A14, chipset yang digadang bakal menjadi otak dibalik performa iPhone 2020 (iPhone 12).

Kabar baiknya, laporan dari DigiTimes pada Jumat (3/1/2020) menyebut bahwa TSMC menyatakan kesiapannya dan segera memproduksi Bionic A14 pada awal kuartal kedua tahun ini, demi mengejar peluncuran iPhone 12 yang dijadwalkan berlangsung pada September 2020.

Bionic A13. [Apple Insider]Bionic A13. Pendahulu bionic A14, sebagai ilustrasi [Apple Insider]

Bionic A14 sendiri membawa sejumlah pembaruan, seperti ukurannya yang dibangun dengan fabrikasi 5 nm. Nantinya, chipset ini akan mengantarkan iPhone sebagai ponsel pertama yang didukung chipset terkecil di dunia.

Seandainya terealisasi, hal itu akan mengulang pencapaian yang dilakukan iPhone XS. Saat meluncur 2018 silam, ponsel ini menjadi yang pertama punya chipset fabrikasi 7 nm.

Imbas ukuran fabrikasi yang semakin mengecil ini diklaim bakal membuat performa Bionic A14 super kencang sekaligus membuat ponsel irit baterai.

Menariknya, Apple bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang akan membuat chipset 5 nm. Huawei pun dikabarkan akan membuat Kirin 1020 dengan ukuran fabrikasi yang sama.

Kesamaan lainnya, proses produksi Kirin 1020 juga akan diserahkan pada TSMC. Hanya, mereka belum menginformasikan kapan produksinya mulai digeber.

Comments