Punya Motor Matik Jangan Cuma Ganti Oli Mesin

Otomotif

News / Otomotif

Punya Motor Matik Jangan Cuma Ganti Oli Mesin

Punya Motor Matik Jangan Cuma Ganti Oli Mesin

KEPONEWS.COM - Punya Motor Matik Jangan Cuma Ganti Oli Mesin Banyak alasan mengapa sepeda motor yang masuk dalam kategori skuter matik disukai oleh orang Indonesia. Mulai dari mudah dikendarai, hingga tampilannya yang menarik. Desain motor matik juga dianggap i...

Banyak alasan mengapa sepeda motor yang masuk dalam kategori skuter matik disukai oleh orang Indonesia. Mulai dari mudah dikendarai, hingga tampilannya yang menarik.

Desain motor matik juga dianggap ideal saat harus menembus jalanan yang diguyur hujan. Genangan air tidak bakal terciprat ke sepatu atau kaki, karena ada dek pelindung.

Sepeda motor ini juga tidak memerlukan perawatan rantai, karena roda belakang digerakkan oleh sabuk khusus yang terbuat dari karet campuran. Meski demikian, komponen ini perlu diperiksa secara bersiklus dan diganti saat kondisinya sudah aus.

Sama seperti motor lain, skuter matik juga memerlukan pergantian oli mesin. Tapi, bedanya pelumas tersebut hanya digunakan untuk keperluan jantung pacu saja, karena sistem transmisinya terpisah.

Meski demikian, bukan berarti komponen itu tidak memerlukan perawatan. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Federaloil, Jumat 4 Desember 2020, motor matik juga membutuhkan oli gardan agar bisa berfungsi maksimal.

Sesuai namanya, pelumas ini berfungsi untuk melindungi dan memperlancar komponen-komponen yang saling bergesekan di dalam rumah transmisi.

Bila tidak diganti, maka lama kelamaan akan muncul suara kasar dari rumah transmisi, yang diakibatkan oleh gesekan antar komponen karena kekentalan olinya sudah berkurang. Penggantian oli gardan pada motor matik disarankan untuk dilakukan setiap 8.000 kilometer.

Sebagai berita, para pengguna skuter matik yang berencana mengganti pelumas mesin dengan produk Federal Oil berkesempatan mengikuti program Sobek Berhadiah, dengan cara membeli produk Federal Matic series bertanda khusus.

Caranya mudah, cuku[ sobek label bagian belakang dan temukan kode uniknya, kemudian kirimkan kode unik melalui SMS ke nomor 95899 untuk mengetahui apakah mendapatkan hadiah motor, smartphone atau voucher belanja.

2 Wheel Sales Business to Consumer General Manager Federal Oil, Yanto Iskandar mengatakan bahwa adanya program ini diharapkan bisa mendorong para pemilik skuter matik untuk melakukan perawatan kendaraan, sehingga bisa membantu bengkel dalam menghadapi pandemi.

Melihat kondisi ekonomi di tengah pandemi, kami rasa penting ikut berkontribusi, dan berharap melalui program
Sobek Berhadiah ini dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian di bengkel, agar dapat meningkatkan pendapatan mereka, ujarnya.

Photo : Federal Oil

Comments