Punya HongMeng, Huawei Tertarik Gunakan OS Aurora Asal Rusia Ini

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Punya HongMeng, Huawei Tertarik Gunakan OS Aurora Asal Rusia Ini

Punya HongMeng, Huawei Tertarik Gunakan OS Aurora Asal Rusia Ini

KEPONEWS.COM - Punya HongMeng, Huawei Tertarik Gunakan OS Aurora Asal Rusia Ini Logo Huawei. (Huawei) Salah satu laporan beberapa waktu yang lalu menyebutkan bahwa Huawei tengah menyiapkan sistem operasinya atau OS sendiri yaitu HongMeng. Kabar terbaru menyebutkan kalau Huawei t...

Logo Huawei. (Huawei)

Salah satu laporan beberapa waktu yang lalu menyebutkan bahwa Huawei tengah menyiapkan sistem operasinya atau OS sendiri yaitu HongMeng. Kabar terbaru menyebutkan kalau Huawei tertarik memakai OS Aurora asal Rusia.

Melansir Forbes, Huawei dilaporkan tengah melakukan diskusi dengan Kementrian Komunikasi Rusia untuk kemungkinan penggunaan OS Aurora buatan Rusia.

Ditinggal Google bersama Android, Huawei memang tengah bekerja keras untuk menyelamatkan perangkat-perangkatnya dengan OS teranyar.

Berdasarkan laporan Huawei Central, Deputi Menteri Rusia menyebutkan kalau tengah berdiskusi dengan Kementrian Komunikasi di musim panas ini untuk penggunaan OS Aurora.

OS Aurora sendiri merupakan sistem operasi yang dibangun pada platform open source Sailfish. Sistem operasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan penyedia jaringan nirkabel asal Rusia yaitu Rostelecom dan Grigory Berezkin.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

Sistem operasi Aurora ini dibangun atas pendahulunya yaitu OS Sailfish yang dirancang oleh Jolla, perusahaan teknologi asal Finlandia yang berbasis OS Linux.

Tahun lalu, Rostelecom mengakuisisi 75 persen saham Open Mobile Platform dan mengubah nama Sailfish OS menjadi Aurora. Perbedaan antara Sailfish dan OS Aurora ada pada Aurora yang tidak dapat menjalankan software Android, sedangkan Sailfish bisa.

Sebelumnya, Huawei dilaporkan tengah mengembangkan sistem operasi buatannya sendiri bernama HongMeng. Usaha Huawei ini dibantu oleh beberapa vendor smartphone asal China lainnya yaitu Xiaomi hingga Vivo.

Logo Huawei. (Huawei)

Laporan terakhir menyebutkan jikalau Huawei tengah dalam usaha intensif untuk menguji sistem operasi HongMeng. Huawei lalu melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan raksasa internet dan vendor smartphone domestik.

Dilansir dari Global Times, Huawei kabarnya akan segera merilis sistem operasi anyarnya ini pada beberapa bulan ke depan di tahun 2019 ini.

Lebih lanjut, OS HongMeng milik Huawei ini disebut-sebut akan sangat kompatibel untuk semua software Android dan dapat digunakan di seluruh perangkat seperti smartphone, komputer, tablet, TV hingga mobil.

Tidak diketahi dengan pasti mengenai bagaimana akhirnya Huawei akan berlabuh dan memilih memakai OS apa. Apakah akan menjalankan OS HongMeng atau malah mencoba OS buatan Rusia, yaitu OS Aurora. Kita nantikan ya.

Comments