Punya Hobi Berkebun Bisa Jadi Duit? Intip 10 Tips untuk Memulainya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Punya Hobi Berkebun Bisa Jadi Duit? Intip 10 Tips untuk Memulainya

Punya Hobi Berkebun Bisa Jadi Duit? Intip 10 Tips untuk Memulainya

KEPONEWS.COM - Punya Hobi Berkebun Bisa Jadi Duit? Intip 10 Tips untuk Memulainya JAKARTA - Biasanya orang yang hobi bertani hanya untuk kesenangan mereka saja dan bukan untuk sebagai keuntungan mereka. Bila kamu hobi bertani, pastikan bahwa kamu mempunyai bentuk pendapatan lain, s...
Loading...

JAKARTA - Biasanya orang yang hobi bertani hanya untuk kesenangan mereka saja dan bukan untuk sebagai keuntungan mereka. Bila kamu hobi bertani, pastikan bahwa kamu mempunyai bentuk pendapatan lain, seperti pekerjaan sampingan dan tabungan untuk pensiun.

Bila diseriusi, tidak tertutup kemungkinan bisa menghasilkan uang dari hobi bercocok tanam tersebut. Tetapi sebelum memulainya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus dilakukan. Dilansir dari Thespruce.com, Sabtu (21/9/2019) berikut tips untuk kamu yang baru saja memulai hobi bertani.

Ladang

1. Mulai dari Kecil

Jikalau kamu terjun dunia pertanian, ada kemungkinan kamu akan merasa kewalahan dengan merawat tiga atau empat spesies hewan yang baru bagi kamu, mencoba menyiapkan makanan dan ditambah mengelola taman.

Jikalau kamu mulainya dengan dari kecil dan hanya satu atau dua proyek besar per tahun, tergantung pada jumlah waktu yang harus kamu curahkan untuk bercocok tanam, kamu akan mempunyai kesempatan untuk belajar seiring dengan tingkat kegagalan yang lebih rendah, dan kamu akan merasa lebih santai dan gembira saat kamu menambahkan spesies baru dan berkembang setiap tahun.

2. Jangan mencoba mencari keuntungan dulu

Hobi ialah sesuatu yang kamu lakukan untuk kesenangan, bukan keuntungan. Bila kamu menjalankan usaha dan harapkan menghasilkan sesuatu di luar makanan yang kamu makan dan beberapa ribu dolar di pasar petani, itu berarti kamu bukan hobi bertani.

Tentu saja, kamu mungkin menghasilkan sedikit uang ekstra dengan menjalankan tempat pertanian kecil atau menjual produk ke restoran lokal, tetapi hindari menghabiskan lebih banyak waktu menjual daripada bertani. Ingatlah bahwa kamu memilih bertani sebagai hobi itu hanya untuk bersenang-senang.

3. Jangan Ada Utang

Aturan yang penting melakukan hobi apa pun ialah jangan menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kamu miliki. Karena kamu tidak berniat untuk mendapatkan uang dari pertanian kamu, maka jangan pernah membuat utang untuk membayar ekspansi.

Selanjutnya
Loading...

Comments