Punya 2 Unyeng-Unyeng Tanda Anak Nakal, Mitos atau Fakta?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Punya 2 Unyeng-Unyeng Tanda Anak Nakal, Mitos atau Fakta?

Punya 2 Unyeng-Unyeng Tanda Anak Nakal, Mitos atau Fakta?

KEPONEWS.COM - Punya 2 Unyeng-Unyeng Tanda Anak Nakal, Mitos atau Fakta? Banyak anggapan di masyarakat mengatakan, anak mempunyai unyeng-unyengnya dua berarti nakal. Persepsi ini masih terus dipercaya sampai sekarang dan akibatnya mereka yang punya unyeng-unyeng dua diangg...
Loading...

Banyak anggapan di masyarakat mengatakan, anak mempunyai unyeng-unyengnya dua berarti nakal. Persepsi ini masih terus dipercaya sampai sekarang dan akibatnya mereka yang punya unyeng-unyeng dua dianggap anak nakal.

Padahal, menurut Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros Tangerang dr. Robert Soetandio, SpA, MSi, Med, jumlah unyeng-unyeng tidak berkolerasi pada perilaku anak.

Sebelumnya, dr Robert coba memaparkan dari mana datangnya unyeng-unyeng ini. Menurutnya, unyeng-unyeng atau hair whorls secara umum hanya ada satu di kepala.

Menurut penelitian genetis yang dilakukan Wunderlich dan Hereema pada 1975, hanya sekitar 1,5 persen populasi yang mempunyai dua atau lebih unyeng-unyeng. Beberapa penelitian lain menemukan angka lebih besar, tapi tak lebih dari 6 persen.

Jumlah unyeng-unyeng ternyata ditentukan oleh genetik. Artinya, bila si kecil punya dua unyeng-unyeng, sifat itu ia dapatkan dari ayah, ibu, atau kakek-neneknya. Genetik ternyata juga berperan dalam menentukan arah pertumbuhan rambut di sekitar unyeng-unyeng, adalah sesuai arah jarum jam atau berlawanan.

Unyeng-Unyeng

Unyeng-unyeng sesuai arah jam lebih umum, adalah dimiliki 94 persen bayi baru lahir pada 1975, sesuai penelitian Wunderlich dan Hereema. Penelitian lain menyebutkan populasi yang mempunyai unyeng-unyeng berlawanan dengan arah jarum jam tak lebih dari 10 persen.

"Jadi, tak perlu khawatir bila si kecil mempunyai dua unyeng-unyeng. Bukan berarti ia punya abnormalitas genetis, fisik, ataupun psikologis. Belum ada penelitian komprehensif yang mengungkapkan kaitan jumlah unyeng-unyeng dengan perilaku anak," tegasnya pada Okezone melalui pesan singkat, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, masyarakat tidak boleh menuduh anak yang mempunyai dua atau lebih unyeng-unyeng itu anak nakal. Karena secara umum wajar kalau seorang anak sangat aktif dan energik sesuai tingkatan usia nya. "Selain itu normal jikalau mereka ingin melakukan beberapa hal yang dilarang orangtua-nya, karena rasa keingintahuan yang tinggi, bukan karena pengaruh dua unyeng unyeng di kepalanya," pungkas dr Robert.

(hel)

Comments