Punya 182.000 Penggilingan Beras, Perlukah Pemerintah Bangun yang Baru?

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Punya 182.000 Penggilingan Beras, Perlukah Pemerintah Bangun yang Baru?

Punya 182.000 Penggilingan Beras, Perlukah Pemerintah Bangun yang Baru?

KEPONEWS.COM - Punya 182.000 Penggilingan Beras, Perlukah Pemerintah Bangun yang Baru? JAKARTA - Indonesia ketika ini telah memiliki cukup banyak penggilingan beras. Hanya saja, tak semua penggilingan beras di Indonesia memiliki fasilitas pengeringan."Duduk perkara yang dihadapi ada 182...

JAKARTA - Indonesia ketika ini telah memiliki cukup banyak penggilingan beras. Hanya saja, tak semua penggilingan beras di Indonesia memiliki fasilitas pengeringan.

"Duduk perkara yang dihadapi ada 182.000 penggilingan padi, yang besar hanya 2000, sedang 8000, kecil 172.000-an. Tapi yang miliki pengering hanya yang besar," kata Anggota Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso dalam diskusi Polemik Radio Sindotrijaya, Jakarta, Sabtu (29/7/2017).

BERITA REKOMENDASI

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya 'wisata gabah' pada banyak sekali daerah. Alasannya adalah, gabah harus dikirim banyak sekali daerah untuk proses penggilingan.

Pemerintah dinilai tak perlu untuk membangun fasilitas penggilingan beras. Pemerintah dinilai hanya perlu untuk mengembangkan fasilitas penggilingan beras yang ketika ini telah ada pada banyak sekali daerah di Indonesia.

"Kita jangan bangun baru karena kapasitas itu hampir 4 kali produksi kita. Kita bisa giling lebih dari 200 juta ton gabah," ujarnya.

Sementara, menurut Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) Moeldoko, penggilingan kecil juga memiliki kekurangan lainnya. Salah satunya ialah tingkat pecahan yang cukup tinggi. Untuk itu, fasilitas penggilingan memang perlu untuk ditingkatkan oleh pemerintah.

Anggota Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Khudori mengatakan bahwa pemerintah memang perlu berhati-hati dalam pengelolaan beras. Alasannya adalah, rezim pemerintah bisa saja terancam bila tidak serius menangani hal ini

"Beras itu bukan hanya komoditas ekonomi, tapi komoditas politik," ujarnya. (ded)

Punya 182.000 Penggilingan Beras, Perlukah Pemerintah Bangun yang Baru?

Comments