'PUBG Mobile' Kedatangan Fitur Membatasi Jam Main

Nasional

News / Nasional

'PUBG Mobile' Kedatangan Fitur Membatasi Jam Main

'PUBG Mobile' Kedatangan Fitur Membatasi Jam Main

KEPONEWS.COM - 'PUBG Mobile' Kedatangan Fitur Membatasi Jam Main Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaPUBG. ShutterstockKOMPAS.com - Untuk mengurangi efek kecanduan dalam bermain PUBG Mobile, Tencent meluncurkan sebuah fasilitas bertajuk "Health Reminder". Fasilit...
"PUBG Mobile" Kedatangan Fitur Membatasi Jam Main
Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
PUBG. Shutterstock

KOMPAS.com - Untuk mengurangi efek kecanduan dalam bermain PUBG Mobile, Tencent meluncurkan sebuah fasilitas bertajuk "Health Reminder". Fasilitas ini sudah bisa ditemui di PUBG Mobile versi Indonesia.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, fasilitas ini diketahui telah diuji coba di dalam game PUBG Mobile semenjak 21 Maret lalu di India. Di Indonesia sendiri, Tencent mengatakan sudah meluncurkan fasilitas kesehatan ini.

"Untuk memastikan para pemain meninggalkan game PUBG Mobile sejenak dan kemudian keluar rumah, kami memutuskan untuk meluncurkan fasilitas game management system (di Indonesia)," ujar Oliver Ye, Marketing Director of SEA PUBG Mobile, di panggung acara yang digelar PUBG Mobile di Jakarta, Jumat (24/5/2019.

Seperti namanya, fasilitas ini sejatinya bakal mengingatkan pengguna ketika mereka bermain PUBG Mobile lebih dari 6 jam dalam satu hari. Kalau pemain sudah melewati batas waktu tersebut, ia baru bisa kembali melakukan login di hari berikutnya.



Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Ilustrasi menu fasilitas Health Reminder di PUBG Mobile Bill Clinten/Kompas.com

Fasilitas ini, seperti tampak pada gambar tangkapan layar yang dikumpulkan oleh KompasTekno, bisa diaktifkan oleh para pemain PUBG Mobile dan bisa diakses melalui sub-menu "Others" pada menu pengaturan game atau "Settings".

Para pemain kemudian bisa memilih tombol "Yes" di sebelah keterangan "Age 18 or above" untuk mengaktifkan fasilitas "Health Reminder".

Ye pun menambahkan, dengan hadirnya fasilitas ini, tim PUBG Mobile berharap bisa mengurangi kasus kecanduan yang bisa melanda siapa pun.

Ia juga berharap pemain bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk beristirahat sejenak dari game battle royale ini dan berkumpul bersama keluarga dan teman-temannya di luar dunia PUBG Mobile.

Seperti diketahui, game PUBG Mobile memang beberapa waktu lalu sempat menjadi kontroversi.

Game PUBG menuai kontroversi setelah sebagian masyarakat menilai permainan tersebut dapat memicu radikalisme karena mempraktikkan peperangan dan pembunuhan.

Bahkan, pemerintah India menyebut game PUBG sudah menjadi seperti "iblis" di rumah-rumah, lantaran efek adiktif yang bisa menjangkit para pemainnya.

Penulis: Bill Clinten

Editor: Reska K. Nistanto

Copyright Kompas.com

Comments