Puasa di Tengah Pandemi, Konsumsi Menu Sehat Ini saat Sahur dan Berbuka

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Puasa di Tengah Pandemi, Konsumsi Menu Sehat Ini saat Sahur dan Berbuka

Puasa di Tengah Pandemi, Konsumsi Menu Sehat Ini saat Sahur dan Berbuka

KEPONEWS.COM - Puasa di Tengah Pandemi, Konsumsi Menu Sehat Ini saat Sahur dan Berbuka PANDEMI covid-19 tentu tidak menghalangi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1442 Hijriah ini. Maka itu, mengonsumsi makanan sehat ketika sahur dan berbuka puasa ialah pilihan...

PANDEMI covid-19 tentu tidak menghalangi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1442 Hijriah ini. Maka itu, mengonsumsi makanan sehat ketika sahur dan berbuka puasa ialah pilihan yang bisa dilakukan agar tetap sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Koordinasi Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Rabu (14/4/2021), dijelaskan bahwa kebutuhan asupan makanan yang dimiliki setiap orang berbeda satu sama lain.

Luar Biasa, Puasa Ternyata Efektif Meremajakan Sistem Imun Tubuh

Dokter spesialis gizi klinik RSUI, Wahyu Ika Wardhani, pun memberikan sejumlah menu sahur dan buka puasa yang sehat bagi masyarakat.

Kurma menu sehat saat Ramadhan. (Foto: Freepik)

1. Sahur

Saat sahur disarankan mengonsumsi makanan berjenis karbohidrat kompleks seperti beras merah atau gandum. Selain itu, memperbanyak sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta serat.

2. Berbuka puasa

Ketika waktu berbuka puasa tiba sebaiknya tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Dianjurkan menikmati makanan secara perlahan. Hal yang paling penting, hindari gorengan dan batasi konsumsi gula sederhana. Mengonsumsi kurma bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk berbuka puasa.

Tes Swab Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan, Ini Penjelasan Medisnya

Hal penting lainnya selama menjalankan ibadah puasa merupakan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Salah satunya mencukupi asupan air putih minimal 8 gelas sehari. Kamu bisa mengonsumsi 4 gelas air pada saat sahur dan 4 gelas lainnya ketika berbuka puasa.

Masyarakat juga diimbau terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Caranya dengan rajin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta selalu mengenakan masker saat beraktivitas.

(han)

Comments