PT KAI Uji Coba Teknologi Face Recognition, Ini Cara Kerjanya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

PT KAI Uji Coba Teknologi Face Recognition, Ini Cara Kerjanya

PT KAI Uji Coba Teknologi Face Recognition, Ini Cara Kerjanya

KEPONEWS.COM - PT KAI Uji Coba Teknologi Face Recognition, Ini Cara Kerjanya PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan uji coba fasilitas Face Recognition Boarding Gate. Uji coba ini mulai dilakukan semenjak 28 September di Stasiun Bandung....

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan uji coba fasilitas Face Recognition Boarding Gate. Uji coba ini mulai dilakukan semenjak 28 September di Stasiun Bandung.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, hadirnya Face Recognition Boarding Gate bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh, yang ingin naik kereta api.

Pelanggan tidak perlu repot menunjukan banyak sekali dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

"KAI mengujicobakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung dalam rangka memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru dari KAI ini," ucap Joni, dikutip dari situs resmi KAI, Jumat (7/10/2022).

Brand New Acorn Market Part 1: EXO Bocorkan Kegiatan Terbaru Para Member

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera.

Teknologi ini berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah, yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan.

Face Recognition Boarding Gate. [KAI]Face Recognition Boarding Gate. [KAI]

Untuk menikmati fasilitas tersebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya.

Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

"Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding," papar Joni.

KAI Jaga Ketat Daerah Gunung Antang

Saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Utara Stasiun Bandung. Registrasi dapat dilakukan di Customer Service, Vending Machine, ataupun Check in Counter yang telah dilengkapi e-KTP reader.

Comments