PSSI Perjuangkan Ezra Walian Bisa Kembali Berseragam Timnas Indonesia

Sepakbola

Sports / Sepakbola

PSSI Perjuangkan Ezra Walian Bisa Kembali Berseragam Timnas Indonesia

PSSI Perjuangkan Ezra Walian Bisa Kembali Berseragam Timnas Indonesia

KEPONEWS.COM - PSSI Perjuangkan Ezra Walian Bisa Kembali Berseragam Timnas Indonesia Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengaku pihaknya kini tengah mengupayakan agar Ezra Walian bisa memperkuat timnas Indonesia di masa yang akan datang. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PSSI merupakan...

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengaku pihaknya kini tengah mengupayakan agar Ezra Walian bisa memperkuat timnas Indonesia di masa yang akan datang. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PSSI merupakan dengan berkomunikasi dengan FIFA.

Sebagaimana diketahui, Ezra gagal memperkuat timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020. AFC dengan persetujuan dari FIFA atas rekomendasi KNVB (federasi Belanda) melarang Ezra tampil di ajang itu karena masalah administrasi.

Hal itu dikarenakan, Ezra Walian pernah memperkuat timnas Belanda U-17 di ajang kualifikasi Piala Eropa U-17 pada 2013 silam.

Melalui keterangan resminya, PSSI menyebutkan statuta FIFA melarang seorang pemain yang sudah bermain membela negara A dalam kompetisi resmi, untuk main kompetisi resmi bersama negara B, sebelum sang pemain menetap di negara barunya selama dua tahun.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria ditemui wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). [Adie Prasetyo]Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria ditemui wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). [Adie Prasetyo]

"PSSI lagi mencari cara secara football goverment dan football law melalui bantuan beberapa bantuan hukum, Kementerian Hukum di area football goverment untuk bisa kami appeal ke FIFA atau cara lain. Apakah Ezra harus bermukim di Indonesia beberapa tahun atau lain sebagainya," kata Ratu Tisha Destria.

Sebelumnya, Ezra Walian pernah memperkuat timnas Indonesia di ajang SEA Games 2017. Namun, ajang tersebut tidaklah di bawah naungan FIFA ataupun AFC.

"Betul. Ezra kan memperkuat Timnas Indonesia bukan di bawah under FIFA dan AFC tapi di SEA Games dan kami akan lampirkan additional apa yang mesti dilengkapi ke FIFA agar bisa diproses lebih lanjut," ia menambahkan.

Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ezra Walian (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Leonard Tupamahu (kiri) saat pertandingan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3/2019). Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Fikri YusufPesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ezra Walian (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Leonard Tupamahu (kiri) saat laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3/2019). Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

"Kami akan upayakan berupa data dan testimoni serta lain-lainnya sebagai pelengkap data ditambah lagi Ezra kan sudah main di SEA Games dan dia juga sudah main di kelompok umur. Kami lihat responsnya nanti," pungkas Ratu Tisha.

Comments