Proyeksi Medali SEA Games 2022: Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas Nomor Dobel

All Sports

Sports / All Sports

Proyeksi Medali SEA Games 2022: Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas Nomor Dobel

Proyeksi Medali SEA Games 2022: Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas Nomor Dobel

KEPONEWS.COM - Proyeksi Medali SEA Games 2022: Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas Nomor Dobel Proyeksi Medali SEA Games 2022: Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas Nomor Dobel Abdul Majid/Tribunnews JAKARTA Timnas Sepak Takraw Indonesia mengandalkan taktik demi medali emas SEA Game...

Proyeksi Medali SEA Games 2022: Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas Nomor Dobel


Abdul Majid/Tribunnews

JAKARTA Timnas Sepak Takraw Indonesia mengandalkan taktik demi medali emas SEA Games Vietnam.

Terhitung 20 hari menuju penyelenggaraan, tim yang dinakhodai Tri Aji ini optimistis mempertahankan gelar juara di nomor double tim putra.

Aji memaparkan anak-anak latihnya dalam kondisi bugar dan siap berlaga di multi event dua tahunan daerah Asia Tenggara ini. Sebagai berita, tim takraw menurunkan enam atlet putra yang akan turun di tiga nomor, adalah double, quadrant, dan regu.

Wacana VAR di Liga 1, Ketua Umum PSSI: Rp 90 Miliar Per Alat, Sekali Main di Stadion Rp 200 Juta

Pesepak takraw putri DKI Jakarta (hitam) melawan tim takraw putri Jawa Timur (hijau) dalam final sepak takraw ganda putri beregu PON XX Papua 2021 di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Pada pertandingan final tersebut, DKI Jakarta mengalahkan Jawa Timur dengan skor 2-1. Pertarungan DKI Jakarta melawan Jawa Timur di final PON XX Papua berlangsung sengit dan menegangkan. Dengan capaian ini, sepak takraw putri DKI Jakarta sukses menciptakan sejarah baru di PON karena bisa mendapatkan medali emas. Tribunnews/JeprimaPesepak takraw putri DKI Jakarta (hitam) melawan tim takraw putri Jawa Timur (hijau) dalam final sepak takraw ganda putri beregu PON XX Papua 2021 di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Pada laga final tersebut, DKI Jakarta mengalahkan Jawa Timur dengan skor 2-1. Pertarungan DKI Jakarta melawan Jawa Timur di final PON XX Papua berlangsung sengit dan menegangkan. Dengan capaian ini, sepak takraw putri DKI Jakarta sukses menciptakan sejarah baru di PON karena bisa mendapatkan medali emas. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Latihan sentralisasi sebenarnya baru dilakukan awal April, tetapi kami pelatnas desentralisasi semenjak Januari. Saya memberikan program kepada anak-anak dan dipantau khusus, kata Aji dalam kunjungan Tim Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam di tempat latihan sepak takraw, Jakarta Utara, Kamis (21/4/2022).

Aji memaparkan ia memilih meramu tim dengan gabungan atlet senior dan junior.

Hal ini dilakukan karena pertimbangan sasaran medali dan proyeksi regenerasi di takraw Indonesia.

Satu sisi kami butuh pemain-pemain yang matang, tetapi di sisi lain kami juga harus memikirkan regenerasi dengan memberikan pengalaman bagi atlet muda untuk ke depannya. Kami sangat sadar sepak takraw bukan cabor DBON, sehingga kami perlu menyesuaikan tuntutan medali dan juga kompetisi untuk menambah jam terbang atlet-atlet kami, ujar Aji.

Berbicara sasaran dan peta kekuatan, Aji optimistis timnya dapat mempertahankan emas di nomor double.

Meski demikian, ia meyakini peluang di nomor quadrant dan regu juga terbuka.

Untuk diketahui, sepak takraw Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak, 1 perunggu di SEA Games 2019 Manila. Emas didapat oleh nomor double yang dipunggawai M Hardiansyah dkk.

Untuk nomor double kami yakin bisa mempertahankan gelar. Namun di nomor quadrant juga berpotensi karena lawan terberat yaitu Malaysia juga menurunkan kekuatan baru di SEA Games kali ini, kata Aji.

Sementara itu, pemain sepak takraw nasional Abdul Halim S Radjiu mengatakan fokus menjaga kondisi mental dan psikologis.

Untuk fisik kami rasa bisa meski turun di beberapa nomor, tetapi fokus saya pribadi saat ini lebih ke psikologis bagaimana memotivasi diri dan juga teman-teman lain agar bisa lebih fokus, kata Abdul Halim.

Comments