Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Habiskan Rp60 Triliun

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Habiskan Rp60 Triliun

Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Habiskan Rp60 Triliun

KEPONEWS.COM - Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Habiskan Rp60 Triliun JAKARTA - Kementerian Perhubungan masih melakukan kajian mendalam terkait pendanaan Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya. Diperkirakan total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan Kereta Semicepat J...

JAKARTA - Kementerian Perhubungan masih melakukan kajian mendalam terkait pendanaan Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya. Diperkirakan total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya sebesar Rp60 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perkiraan nilai investasi tersebut masih bersifat sementara. Pasalnya, pemerintah masih menunggu preparatory survey dari Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) dan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) yang rampung Oktober 2020.

Tarif Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Cuma Rp400.000

"Semula kita memberikan satu nilai Rp60 triliun, harapan kita tidak lebih jauh dari itu, tapi tentunya ada suatu proses studi yang detail yang bisa dipertanggung jawabkan, proses inilah yang kita hendak lakukan," ujarnya saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Nantinya lanjut Budi, investasi proyek ini akan memakai pinjaman swasta dari luar negeri sehingga tidak membebani anggaran negara. Dengan demikian, pengerjaan proyek infrastruktur lainnya juga tetap bisa berjalan dengan baik.

"Skema pembiayaan proyek melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)," ucapnya.

Kereta Cepat

Nantinya lanjut Budi, sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan Preparatory Survey, pada Bulan Mei 2020 JICA akan menyajikan hasil kajian sementara (interm report) untuk memutuskan kelanjutan dari proyek ini.

Dengan adanya hasil kajian sementara sampai dengan Bulan Mei 2020 tersebut, dia berharap dapat memperoleh gambaran yang lebih objektif dan komprehensif untuk pengambilan keputusan, baik secara teknis, skema pembiayaan proyek maupun kebijakan operasional.

Dibangun 2022, Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya Ditargetkan Rampung 2025

Preparatory survey yang telah dimulai pelaksanaannya oleh JICA pada Juni lalu ini bisa dilakukan setelah penandatanganan summary record hari ini. Summary record ini berisi kesepakatan teknis yang menjadi acuan dalam pelaksanaan preparatory survey.

Selanjutnya

Comments