Proyek Kereta Cepat Bisa Pakai APBN, PKS: Akal-akalan Pemerintah

Nasional

News / Nasional

Proyek Kereta Cepat Bisa Pakai APBN, PKS:  Akal-akalan Pemerintah

Proyek Kereta Cepat Bisa Pakai APBN, PKS: Akal-akalan Pemerintah

KEPONEWS.COM - Proyek Kereta Cepat Bisa Pakai APBN, PKS: Akal-akalan Pemerintah Anggota DPR RI Fraksi PKS memberikan kritikan tajam terhadap dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 wacana penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pemba...

Anggota DPR RI Fraksi PKS memberikan kritikan tajam terhadap dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 wacana penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Dia menyoroti karena dalam perpres tersebut, ada beberapa perubahan regulasi yang di antaranya proyek KCJB dapat dibiayai APBN. Menurut dia, padahal ini berlawanan dengan peraturan sebelumnya.

Menurutnya, dalam pasal 4 ayat 2 dinyatakan pelaksanaan penugasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 tidak memakai dana dari APBN serta tidak mendapatkan jaminan Pemerintah.

"Perpres baru hanya akal-akalan Pemerintah untuk memakai dana APBN untuk menyuntik proyek KCJB," kata Ecky dalam keterangannya yang dikutip pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam

Ecky memaparkan skema pendanaan yang tertuang dalam Perpres baru berupa penyertaan modal negara kepada pimpinan konsorsium BUMN dan/atau penjaminan kewajiban pimpinan konsorsium BUMN akan membuat APBN semakin berat.

Dengan adanya polemik ini, Eky menilai proyek infrastruktur KCJB ini tidak mempunyai perencanaan yang matang.

Comments