Protokol Memakai dan Melepas Masker Bedah dari Dokter Spesialis Paru

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Protokol Memakai dan Melepas Masker Bedah dari Dokter Spesialis Paru

Protokol Memakai dan Melepas Masker Bedah dari Dokter Spesialis Paru

KEPONEWS.COM - Protokol Memakai dan Melepas Masker Bedah dari Dokter Spesialis Paru Kelangkaan masker, sebagai salah satu bagian dari APD (alat pelindung diri) di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga negara-negara lainnya di dunia. Mir...

Kelangkaan masker, sebagai salah satu bagian dari APD (alat pelindung diri) di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga negara-negara lainnya di dunia.

Mirisnya, kelangkaan masker yang terjadi di Indonesia merupakan kelangkaan pada masker bedah yang sejatinya bukan diperuntukkan untuk masyarakat biasa yang sehat.

Masker bedah merupakan masker kesehatan, masker pelindung yang digunakan oleh para tenaga medis saat bertugas di fasilitas kesehatan. Kalau orang biasa yang memakai masker bedah ini merupakan orang yang memang sedang sakit, dan orang sehat yang merawat orang sakit, atau orang-orang khusus yang kerap berpergian harus terpaksa berada di kerumunan banyak orang.

Infografis

Digunakan oleh banyak orang, sebetulnya seperti apa cara yang benar memakai masker bedah ini? Dijelaskan oleh dokter spesialis paru, dr Erlina Burhan, M.Sc, SpP cara pertama ialah memastikan seluruh bagian hidung, mulut bahkan di sisi wajah bawah adalah bagian dagu tertutupi semuanya. Bagian kawat elastis yang ada di bagian atas, juga harus diposisikan bentuknya sampai mengikuti lekukan hidung.

Menutupi hidung dan mulut, itu bagian bawahnya ditarik sampai dagu. Lalu bagian atasnya kana da kawat eleastisnya, itu ditekan sampai mengikuti tekstur bentuk hidung kita. Tujuannya supaya celah itu sesedikit mungkin, terang dr Erlina Burhan, M.Sc, SpP, dalam konferensi pers daring Protokol Pemakaian Masker , Rabu (1/4/2020) langsung dari Gedung BNPB, Jakarta.

Dokter spesialis paru yang sehari-harinya bertugas di salah satu rumah sakit rujukan nasional COVID-1, RS Umum Persahabatan ini juga mengingatkan bukan hanya soal tata cara memakai, tapi protokol wacana cara melepas masker bedah setelah usai digunakan juga patut dipahami.

Melepas masker juga harus diperhatikan, melepas itu hanya dengan memegang bagian talinya. Jangan langsung merasa aman karena pakai masker, ya habis melepas masker tetap harus mencuci tangan, tegasnya.

(hel)

Comments