Profil Emilio Segr - Penemu antiproton, Teknetium, Astatine

Tokoh

Ragam / Tokoh

Profil Emilio Segr - Penemu antiproton, Teknetium, Astatine

Profil Emilio Segr - Penemu antiproton, Teknetium, Astatine

KEPONEWS.COM - Profil Emilio Segr - Penemu antiproton, Teknetium, Astatine Biodata Emilio Segr :Lahir: Emilio Gino Segr , Tivoli, ItaliaMeninggal: 22 April 1989 Lafayette, California, Amerika SerikatKewarganegaraan: Italia (1905-89), Amerika Serikat (1944-89)Alma mater: Univ...
Biodata Emilio Segr :
Lahir: Emilio Gino Segr , Tivoli, ItaliaMeninggal: 22 April 1989 Lafayette, California, Amerika SerikatKewarganegaraan: Italia (1905-89), Amerika Serikat (1944-89)Alma mater: Universitas Sapienza di RomaDikenal sebagai: Penemuan antiproton, Penemuan teknetium, Penemuan astatinePenghargaan: Hadiah Nobel dalam Fisika (1959)
Karir ilmiah
Institusi:Laboratorium Nasional Los Alamos Universitas California, Berkeley Universitas Palermo Universitas Sapienza di Roma Universitas Columbia
Penasehat doktor: Enrico Fermi
Siswa doktor: Basanti Dulal Nagchaudhuri , Thomas Ypsilantis, Herbert York

Emilio Gino Segr merupakan seorang fisikawan Italia dan peraih Nobel yang menemukan unsur-unsur teknetium dan astatine, dan antiproton, antipartikel sub-atom, yang dengannya dia dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1959. Dari tahun 1943 sampai 1946 ia bekerja di Laboratorium Nasional Los Alamos sebagai pemimpin kelompok untuk Proyek Manhattan. Pada bulan April 1944, ia menemukan bahwa Thin Man, senjata nuklir tipe senjata plutonium yang diusulkan, tidak akan berfungsi karena adanya kotoran plutonium-240.

Lahir di Tivoli, dekat Roma, Segr belajar teknik di Universitas Roma La Sapienza sebelum mengambil fisika pada tahun 1927. Segr ditunjuk sebagai asisten profesor fisika di Universitas Roma pada tahun 1932 dan bekerja di sana sampai tahun 1936, menjadi salah satu Via Panisperna anak laki-laki Dari tahun 1936 sampai 1938 ia merupakan Direktur Laboratorium Fisika di Universitas Palermo. Setelah berkunjung ke Laboratorium Radiasi Berkeley Ernest O. Lawrence, dia dikirimi sepotong molibdenum dari deflektor siklotron laboratorium pada tahun 1937 yang memancarkan bentuk radioaktif anomali. Setelah analisis kimia dan teoritis yang cermat, Segr dapat membuktikan bahwa beberapa radiasi dihasilkan oleh unsur yang sebelumnya tidak dikenal, yang disebut teknetium, yang merupakan unsur kimia pertama yang disintesis secara artifisial yang tidak terjadi di alam.

("Sejarah Penemuan Teknesium oleh Carlo Perrier dan Emilio Segr ")

Pada tahun 1938, pemerintahan fasis Benito Mussolini mengeluarkan undang-undang anti-Semit yang melarang orang Yahudi masuk universitas. Sebagai seorang Yahudi, Segr sekarang menjadi seorang migr yang tidak terbatas. Di Lab Radiasi Berkeley, Lawrence menawarinya pekerjaan sebagai Asisten Riset. Sementara di Berkeley, Segr membantu menemukan unsur astatine dan isotop plutonium-239, yang kemudian digunakan untuk membuat bom atom Fat Man jatuh di Nagasaki.

Pada tahun 1944, ia menjadi warga negara naturalisasi Amerika Serikat. Sekembalinya ke Berkeley pada tahun 1946, dia menjadi seorang profesor fisika dan sejarah sains, yang melayani sampai tahun 1972. Segr dan Owen Chamberlain ialah co-head dari sebuah kelompok penelitian di Lawrence Radiation Laboratory yang menemukan antiproton, yang keduanya menyebarkan Hadiah Nobel Fisika 1959.

Segr juga aktif sebagai fotografer, dan mengambil banyak foto untuk mendokumentasikan kejadian dan orang-orang dalam sejarah sains modern, yang disumbangkan ke Institut Fisika Amerika setelah kematiannya. American Institute of Physics menamai arsip fotografi sejarah fisika untuk menghormatinya.

Penemuan Teknesium

Penemuan elemen 43 akhirnya dikonfirmasi dalam eksperimen bulan Desember 1936 di Universitas Palermo di Sisilia oleh Carlo Perrier dan Emilio Segr . Pada pertengahan 1936, Segr mengunjungi Amerika Serikat, Columbia University pertama di New York dan kemudian Lawrence Berkeley National Laboratory di California. Dia membujuk penemu siklon Ernest Lawrence untuk membiarkan dia mengambil kembali beberapa bagian siklotron yang dibuang yang telah menjadi radioaktif . Lawrence mengirimkannya foil molibdenum yang telah menjadi bagian dari deflektor siklotron.

("Profil Carlo Perrier - Penemu Unsur Teknesium Bersama Emilio Segr ")

Segr mendaftarkan rekannya Perrier untuk mencoba membuktikan, melalui kimia komparatif, bahwa aktivitas molibdenum memang berasal dari unsur dengan nomor atom 43. Pada tahun 1937 mereka berhasil mengisolasi isotop teknesium-95m dan teknesium-97. Pejabat Universitas Palermo ingin mereka menamai penemuan mereka " panormium ", setelah nama Latin untuk Palermo, Panormus. Pada tahun 1947 unsur 43 dinamai sesuai dengan kata Yunani , yang berarti "buatan", karena ini merupakan elemen pertama yang dibuat secara artifisial. Segr kembali ke Berkeley dan bertemu dengan Glenn T. Seaborg. Mereka mengisolasi isotop tektonik-99m metastabil, yang sekarang digunakan dalam sekitar sepuluh juta prosedur diagnostik medis setiap tahunnya.

Sumber: en.wikipedia.org

Tweet

Comments