Profesi unik, tuntun kaum tunanetra nonton bola

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Profesi unik, tuntun kaum tunanetra nonton bola

Profesi unik, tuntun kaum tunanetra nonton bola

KEPONEWS.COM - Profesi unik, tuntun kaum tunanetra nonton bola Fans sepak bola biasanya selalu aktif memantau jadwal laga club kesayangannya. Meski harus begadang sampai dini hari, fans sepak bola rela menonton club andalan di layar kaca. Bahkan kalau perlu, mere...
Loading...

Fans sepak bola biasanya selalu aktif memantau jadwal laga club kesayangannya. Meski harus begadang sampai dini hari, fans sepak bola rela menonton club andalan di layar kaca. Bahkan kalau perlu, mereka akan datang lansung ke stadion tempat jagoan mereka bertanding.

Dengan mononton laga via layar kaca atau langsung di stadion, para fans terpuaskan dengan melihat langsung tendangan mematikan dan startegi permainan yang keren. Kepuasan ini tiada tara dan kadang memberikan euforia yang luar biasa. Namun tunggu dulu, bagaimana nasib fans sepak bola yang tunanetra?

Nah tak perlu khawatir, kaum tunanetra kini tetap bisa menonton bola. Biasanya kaum tunanetra menonton bola dengan mendengarkan siaran dari komentator bola. Dengan begitu ia dapat memantau posisi pemain dan bola di lapangan.

Namun kini ada metode yang lebih keren. Beberapa orang membuka jasa untuk menuntun penyandang tunanetra menonton bola lewat jarinya. Bagaimana ya caranya? Pertama, penyandang tunanetra dan penuntun duduk berhadapan. Di depan mereka disajikan miniatur lapangan kecil yang mekiliki garis timbul. Selanjutnya tangan penuntun akan memegang tangan penyandang tunanetra. Kedua tangan mereka diletakkan di atas miniatur lapangan sepak bola.

Penuntun akan menggerakkan tangan penyandang tunanetra sebagaimana posisi bola berada di lapangan. Ia juga memaparkan bola ada di pemain mana. Saat terjadi penalti, kartu merah atau tendangan bebas, penuntun akan memberikan gestur khusus sebagai tanda.

Salah satu penuntun penyandang tunanetra untuk menonton bola bernama Cesar. Pria asal Colombia ini awalnya membantu temannya bernama Jose untuk menonton bola. Jose kehilangan penglihatan semenjak umur sembilan tahun. Saat Piala Dunia 2018, Cesar menuntun Jose menonton bola. Cesar fokus memandang layar kaca saat permain berlangsung. Sementara tangannya menggerakkan tangan Jose. Semenjak saat itu Cesar sering membantu Jose dan penyandang tunanetra lainnya untuk menonton bola.

Dengan metode ini, penyandang tunanetra seperti Jose bisa mendapatkan pengalaman memahami posisi bola. Ditambah mendengarkan siaran TV atau semarak stadion saat permain berlangsung, pengalaman menonton bola lebih menarik. Keren juga ya cara membantu penyandang tunanetra menonton bola.?

Untuk lebih jelasnya simak videonya berikut ini.

This is how visually impaired people are able to experience soccer.

My deepest respect and admiration for those who dedicate their lives in this type of work.

Retweet pic.twitter.com/dpQwb45o3v

StanceGrounded (@_SJPeace_) 6 Maret 2019 Recommended By Editor Profesi unik, tuntun kaum tunanetra nonton bola
Loading...

Comments