Pria Sering Sakit Kepala, Mungkin karena Kurang Vitamin Ini

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Pria Sering Sakit Kepala, Mungkin karena Kurang Vitamin Ini

Pria Sering Sakit Kepala, Mungkin karena Kurang Vitamin Ini

KEPONEWS.COM - Pria Sering Sakit Kepala, Mungkin karena Kurang Vitamin Ini KEKURANGAN vitamin D pada orang dewasa tak hanya menyebabkan melemahnya tulang. Sejumlah studi menemukan bahwa mungkin ada hubungan antara kurangnya asupan vitamin D dengan keluhan sering sakit kepala...

KEKURANGAN vitamin D pada orang dewasa tak hanya menyebabkan melemahnya tulang. Sejumlah studi menemukan bahwa mungkin ada hubungan antara kurangnya asupan vitamin D dengan keluhan sering sakit kepala, khususnya pada pria dewasa.

Kenapa kurang vitamin D bikin sering sakit kepala?

Sebuah studi terbaru dari University of Eastern Finland meneliti bahwa pria yang sering sakit kepala (sering di sini artinya terjadi setidaknya sekali seminggu) memiliki kadar vitamin D hanya sebatas 15,3 ng/ml, dibandingkan dengan kelompok pria yang tidak sering sakit kepala namun memiliki level vitamin D dalam darahnya sekitar 17,6 ng/ml. Sementara itu, pria dengan kadar vitamin D terendah (di bawah 11,6 ng/ml) ditemukan dua kali lebih mungkin untuk mengeluhkan sering sakit kepala, dibandingkan dengan laki-laki dengan kadar vitamin D tertinggi (di atas 22 ng/ml).

Di tahun 2009, dua peneliti dari India menemukan bahwa mencukupi asupan vitamin D merupakan faktor penting dalam meringankan kasus sakit kepala tegang. Mereka menjelaskan bahwa kadar kalsium yang digunakan oleh tubuh biasanya akan kembali normal setelah seminggu. Tapi keluhan sering sakit kepala dilaporkan tidak kunjung membaik setelah empat sampai enam minggu pada pasien yang mengalami kekurangan vitamin D, yang merupakan jangka waktu pemenuhan kadar vitamin D dalam tubuh mereka hingga kembali normal.

Apa yang menyebabkan seseorang bisa kekurangan vitamin D?

Untuk seseorang bisa dikatakan kekurangan vitamin D, kadar vitamin dalam tubuhnya haruslah berada di bawah 20 nanogram per mililiter darah. Sejumlah kondisi medis dapat menjadi alasan mengapa seseorang mengalami kekurangan vitamin D, mirip malanutrisi, penyakit ginjal atau hati, penyakit Celiac.

Minim paparan sinar matahari juga menjadi salah satu faktor utama rendahnya asupan vitamin D dalam tubuh. Untuk diingat, vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang diproduksi berdikari oleh tubuh dan diaktifkan oleh sinar UVB matahari. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Headache Pain, peneliti menemukan terjadinya peningkatan angka kejadian sakit kepala kronis, baik itu migrain maupun sakit kepala tegang, terutama di wilayah-wilayah geografis yang posisi lintangnya semakin mendekati kutub utara atau selatan. Dengan kata lain, keluhan sering sakit kepala mungkin lebih umum pada orang yang tinggal jauh dari khatulistiwa di mana ada sedikit sinar matahari.

Namun demikian, sekalipun Anda berada di wilayah tropis yang bermandikan sinar matahari, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin cenderung menghabiskan waktu di dalam ruangan tertutup sehingga tubuh jadi kurang terpapar sinar matahari yang mungkin menjadi alasan utama mengapa Anda sering sakit kepala.

Pria Sering Sakit Kepala, Mungkin karena Kurang Vitamin Ini

Comments