Preview Final Liga Champions 2019, Tottenham Hotspur Vs Liverpool

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Preview Final Liga Champions 2019, Tottenham Hotspur Vs Liverpool

Preview Final Liga Champions 2019, Tottenham Hotspur Vs Liverpool

KEPONEWS.COM - Preview Final Liga Champions 2019, Tottenham Hotspur Vs Liverpool Laga Hidup Mati akan dilakoni dua tim Inggris di Estadio Wanda Metropolitano. Minggu (2/6/2019), Tottenham Hotspur akan berhadapan dengan Liverpool di partai final Liga Champions musim 2018/19. Berdas...

Laga Hidup Mati akan dilakoni dua tim Inggris di Estadio Wanda Metropolitano. Minggu (2/6/2019), Tottenham Hotspur akan berhadapan dengan Liverpool di partai final Liga Champions musim 2018/19.

Berdasarkan catatan pertemuan kedua tim, Liverpool lebih unggul. Dari lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Inggris, Liverpool unggul dengan empat kemenangan dan satu kali tumbang.

Kemenangan tersebut termasuk dua pertemuan di Liga Inggris musim 2018/19, di mana Liverpool mengantongi poin penuh dengan kemenangan 2-1 di Wembley dan Anfield.

Namun catatan tersebut tidak menjadi jaminan, karena tak ada yang mustahil dalam sepak bola. Seperti yang terjadi di babak semifinal, di mana kedua tim melakoni aksi comeback luar biasa.

Pemain Liverpool merayakan gol ketiga mereka selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Liverpool melawan Barcelona di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (8/5) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]Pemain Liverpool merayakan gol ketiga mereka selama laga sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Liverpool melawan Barcelona di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (8/5) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Liverpool yang menelan kekalahan telak 3-0 di leg pertama, bisa mengejutkan dunia setelah mengalahkan Barcelona 4-0 di leg kedua yang berlangsung di Anfield.

Begitu pula dengan Tottenham Hotspur. Tim besutan Mauricio Pochettino dikalahkan Ajax 0-1 di leg pertama yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium. Akan tetapi di leg kedua yang digelar di markas Ajax, Tottenham memastikan tiket final usai memetik kemenangan 3-2.

Selain comeback spektakuler di semifinal, kedua tim juga mempunyai motivasi tinggi yang memastikan duel di Wanda Metropolitano Minggu dini hari berlangsung sengit. Sebagaimana diketahui, bagi Tottenham, final Liga Champions ini merupakan yang pertama. Kemenangan akan mengukir sejarah tidak terlupakan bagi klub asal London tersebut.

Para pemain Tottenham merayakan kemenangan mereka di akhir pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions antara Ajax Amsterdam melawan Tottenham Hotspur di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]Para pemain Tottenham merayakan kemenangan mereka di akhir laga leg kedua semifinal Liga Champions antara Ajax Amsterdam melawan Tottenham Hotspur di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (9/5) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]

Sedangkan bagi Liverpool, trofi Liga Champions musim ini menjadi satu-satunya 'obat penenang' bagi skuat asuhan Jurgen Klopp yang musim ini nyaris menjuarai Liga Premier Inggris. Plus, di musim lalu mimpi Liverpool untuk memenangi trofi Liga Champions keenamnya dikandaskan Real Madrid.

Mengingat pentingnya laga ini, kedua manajer pastinya akan memutar otak dalam menetapkan taktik di final nanti. Di kubu Tottenham, Harry Kane yang absen semenjak awal April diragukan tampil. Meski bomber tim nasional Inggris itu ikut ke Madrid, namun kondisi kebugarannya masih menjadi perhatian Pochettino.

Sejumlah pemain juga diragukan bisa bermain di partai bersejarah ini. Diantaranya Jan Vertonghen, Harry Winks, Davinson Sanchez, Victor Wanyama.

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane sudah ikut mengambil bagian di sesi latihan bersama timnya menjelang menghadapi Liverpool di final Liga Champions. Daniel LEAL-OLIVAS / AFPStriker Tottenham Hotspur Harry Kane sudah ikut mengambil bagian di sesi latihan bersama timnya menjelang menghadapi Liverpool di final Liga Champions. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP

Dengan formasi 4-3-1-2, tugas berat menanti barisan belakang Tottenham untuk menghalau trisula maut Liverpool. Begitu pula dengan barisan depan yang dituntut untuk meruntuhkan kokohnya pertahanan Liverpool yang dimotori Virgil van Dijk.

Di kubu Liverpool, Naby Keita dipastikan menepi karena cedera. Sedangkan peran Roberto Firmino, yang kabarnya belum fit 100 persen, diragukan.

Absennya Keita dan peran Firmino yang diragukan, tidak berarti barisan belakang Tottenham bisa bernapas lega. Karena Liverpool masih mempunyai pemain pengganti yang sama tajam, yang bisa mengisi posisi Keita dan Firmino.

Ditambah kepiawaian sang juru taktik asal Jerman yang bisa membuat keajaiban di leg kedua babak semifinal yang digelar di Anfield saat menyingkirkan Barcelona tanpa kehadiran Mohamed Salah dan Firmino.

Trisula maut Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Mohamed Salah dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]Trisula maut Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Mohamed Salah dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]

Perkiraan Susunan Pemain partai final Liga Champions 2018/19 antara Tottenham Hotspur versus Liverpool.

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Lloris; Trippier, Vertonghen, Alderweireld, Rose; Eriksen, Wanyama, Sissoko; Alli; Son, Kane.
Pelatih: Mauricio Pochettino.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Van Dijk, Matip, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Salah, Firmino, Mane.
Pelatih: Jurgen Klopp.

Statistik

Lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Inggris

31-03-2019 Liverpool 2-1 Tottenham
15-09-2018 Tottenham 1-2 Liverpool
04-02-2018 Liverpool 2-2 Tottenham
22-10-2017 Tottenham 4-1 Liverpool
12-02-2017 Liverpool 2-0 Tottenham

Lima laga terakhir Tottenham Hotspur

27-04-2019 Tottenham 0-1 West Ham (EPL)
01-05-2019 Tottenham 0-1 Ajax (UCL)
04-05-2019 Bournemouth 1-0 Tottenham (EPL)
09-05-2019 Ajax 2-3 Tottenham (UCL)
12-05-2019 Tottenham 2-2 Everton (EPL)

Lima laga terakhir Liverpool

27-04-2019 Liverpool 5-0 Huddersfield (EPL)
02-05-2019 Barcelona 3-0 Liverpool (UCL)
05-05-2019 Newcastle 2-3 Liverpool (EPL)
08-05-2019 Liverpool 4-0 Barcelona (UCL)
12-05-2019 Liverpool 2-0 Wolverhampton (EPL)

Comments