Presiden Jokowi Disarankan Balikin Calon Anggota BPK Berpolemik ke DPR

Nasional

News / Nasional

Presiden Jokowi Disarankan Balikin Calon Anggota BPK Berpolemik ke DPR

Presiden Jokowi Disarankan Balikin Calon Anggota BPK Berpolemik ke DPR

KEPONEWS.COM - Presiden Jokowi Disarankan Balikin Calon Anggota BPK Berpolemik ke DPR Presiden Joko Widodo disarankan mengembalikan nama calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Nyoman Adhi Suryadnyana ke DPR. Alasannya, proses pemilihan Nyoman dinilai memantik polemik lantaran...

Presiden Joko Widodo disarankan mengembalikan nama calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Nyoman Adhi Suryadnyana ke DPR. Alasannya, proses pemilihan Nyoman dinilai memantik polemik lantaran tak memenuhi syarat.

"Ya, Presiden harus berani mengembalikan lagi (nama itu ke DPR). Sebaiknya begitu, sehingga Presiden tidak tersandera," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago kepada wartawan, Jumat, 15 Oktober 2021.

Menurut Pangi, dalam pemilihan anggota BPK mesti merujuk aturan dan konstitusi. Bila pemerintah atau partai politik ingin ada orangnya dalam pemilihan BPK, mesti memakai etika politik karena akan jadi perhatian masyarakat.

"Dalam hal ini, Presiden harus taat pada UU dan konstitusi. Karena, Presiden sebagai Kepala Negara menjadi panutan dan harus memberikan contoh yang baik kepada publik," jelas Pangi.

Ilustrasi rapat paripurna DPR. Photo : VIVA/ Anwar Sadat. Ilustrasi rapat paripurna DPR.

Terkait kans pemilihan ulang calon anggota BPK, ia menjawab terbuka. Alasannya adalah, auditor itu mesti bersih dan berintegritas.

"Masalah auditor itu sangat penting dan tidak main-main. Karena itu moralitas dan etika harus dijaga betul dan tidak boleh cacat hukum," ujar Pangi.

Comments