Prediksi Inggris vs Kroasia: Adu Kemampuan Dua Kapten

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Prediksi Inggris vs Kroasia: Adu Kemampuan Dua Kapten

Prediksi Inggris vs Kroasia: Adu Kemampuan Dua Kapten

KEPONEWS.COM - Prediksi Inggris vs Kroasia: Adu Kemampuan Dua Kapten Laga Inggris vs Kroasia akan menjadi laga pembuka Grup D Euro 2020 yang diperkirakan bakal mempunyai persaingan cukup ketat. Pasalnya, selain Inggris dan Kroasia, dua tim lainnya di grup ini merupakan...

Laga Inggris vs Kroasia akan menjadi laga pembuka Grup D Euro 2020 yang diperkirakan bakal mempunyai persaingan cukup ketat. Pasalnya, selain Inggris dan Kroasia, dua tim lainnya di grup ini merupakan Ceko dan Skotlandia yang juga relatif cukup kuat.

Inggris dan Skotlandia berkesempatan menjadi tuan rumah di sangkar masing-masing dalam laga mereka di grup ini, lantaran stadion milik mereka sudah ditunjuk jadi venue jauh sebelumnya. Tentu ini akan jadi keunggulan tersendiri atau setidaknya faktor penambah semangat, termasuk bagi Inggris dalam laga perdananya yang dimainkan di Stadion Wembley ini.

Bila faktor tuan rumah ialah satu hal, maka pertimbangan lain yang membuat banyak orang lebih mengunggulkan Inggris dalam laga kontra Kroasia ini merupakan performa kekinian mereka. Inggris tercatat selalu menang dalam beberapa penampilan terakhir mereka, bahkan hanya kebobolan 1 gol dan mencetak 11 gol di lima laga terbarunya.

Inggris memang masih bisa disebut sebagai salah satu favorit juara untuk ajang Euro 2020 ini. Ditambah kenyataan bahwa mereka akan bermain di hadapan publik sendiri di stadion kebanggaan (Wembley) yang juga kerap disebut-sebut sebagai "stadion keramat" mereka, bahkan pelatih Kroasia pun tidak menampik bahkan mengakuinya.

Gebuk Turki di Laga Pembuka Euro 2020, Mancini: Italia Tampil Tepat!

"Inggris merupakan salah satu tim favorit untuk menjuarai Euro 2020 (ini). Mereka mempunyai tim yang hebat, banyak pemain top, terutama dalam penyerangan. Kami butuh menghentikan mereka dan itu tak akan mudah, khususnya lagi di Wembley," ungkap Zlatko Dalic, pelatih timnas Kroasia, sebagaimana dikutip dari UEFA.com.

Namun laga belum dimulai dan jalan masih panjang. Apalagi seperti diketahui, calon-calon lawan Inggris di Grup D Euro 2020 ini pun tidak akan mudah dikalahkan. Termasuk Kroasia, yang sebagaimana diakui banyak pihak ialah tim yang punya kekompakan dan semangat juang tinggi, serta bisa menghadirkan kejutan sebagaimana saat mereka melaju ke final Piala Dunia 2018 lalu.

"Kami jelas harus merasakan kekecewaan (saat bertemu) di Moskow (Piala Dunia 2018). Dan kami telah menjalani dua duel ketat (lawan Kroasia) semenjak itu," kata manajer Inggris, Gareth Southgate, seperti ditulis UEFA.com.

"Mereka ialah tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain-pemain hebat, mentalitas kuat, semangat luar biasa, dan dapat menyesuaikan diri secara taktik. Jadi mereka benar-benar jadi tantangan besar buat kami di laga perdana ini. Tapi kami juga tahu bahwa kami pernah dan bisa mengalahkan mereka," tambahnya.

Kroasia memang punya banyak pemain hebat. Salah satunya ialah Luka Modric, gelandang Real Madrid yang di Piala Dunia 2018 lalu itu pun akhirnya terpilih sebagai Pemain Terbaik. Kapten Kroasia ini bahkan berlanjut mendapatkan beberapa gelar lain seperti Pemain Terbaik UEFA 2017 18, Pemain Terbaik FIFA 2018, Ballon d'Or 2018, hingga Golden Foot 2019 dan seterusnya.

Euro 2020: Kisah Harry Maguire, dari Suporter ke Pemain Inti Timnas Inggris

Dengan visi bermainnya ditambah skill bola yang mumpuni, Modric yang kemungkinan akan ditemani Ante Rebic dan Ivan Perisic, dua pemain yang juga hebat, masih bakal ditopang pula oleh Marcelo Brozovic dan Mateo Kovacic di sekitarnya. Mereka dapat bergerak dalam satu irama namun juga terkadang lewat aksi individu, dengan Bruno Petkovic berdiri sebagai ujung tombak utama.

Para pemain timnas Inggris saat merayakan gol mereka dalam laga uji coba melawan Rumania, 6 Juni 2021 lalu di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, dalam rangka persiapan jelang Euro 2020. [Paul ELLIS / POOL / AFP]Para pemain timnas Inggris saat merayakan gol mereka dalam laga uji coba melawan Rumania, 6 Juni 2021 lalu di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, dalam rangka persiapan jelang Euro 2020. [Paul ELLIS / POOL / AFP]

Di kubu Inggris, meski saat ini ada masalah pemain cedera terutama pemain veteran Harry Maguire dan Jordan Hendersonyang menyebabkan Southgate harus memilih opsi pemain pengganti, kekuatan mereka juga sebenarnya sudah cukup meyakinkan. Dan itu telah mereka buktikan dengan deretan kemenangan di beberapa penampilan terakhir Three Lions julukan timnas Inggris.

Mengandalkan Harry Kane yang juga seperti Modricmendapatkan trofi di Piala Dunia 2018 lalu sebagai Pencetak Gol Terbanyak, lini serang Inggris memang pantas diwaspadai lawan-lawannya. Dalam laga kontra Kroasia ini, Kane yang juga kapten tim akan ditopang tiga pemain kuat, yaitu Raheem Sterling, Phil Foden dan Mason Mount, di mana sisi lainnya diperkirakan akan diisi oleh Kalvin Phillips dan Declan Rice.

Dapatkah Kroasia membalikkan posisi favorit dan mematahkan faktor keunggulan tuan rumah yang dimiliki Inggris? Ataukah Kane dan kawan-kawan yang akan terus melanjutkan tren hasil positifnya? Apa pun prediksinya, adu kekuatan kedua tim akan segera tersaji dan dapat segera disaksikan bersama nanti malam siapakah yang akan unggul di antara mereka.

Data Laga Inggris vs Kroasia di Grup D Euro 2020

Venue: Stadion Wembley, LondonWasit: Daniele Orsato (Italia)Waktu Kick-off: 20.00 WIBSiaran Langsung: RCTI/MNCTV dan Mola TV

Kondisi Tim

Inggris:
Di tim Inggris, pemain veteran Harry Maguire dan Jordan Henderson masih diragukan bisa tampil dalam laga pembuka Grup D ini. Henderson sempat tampil di uji coba kontra Rumania beberapa hari lalu, tapi diragukan akan dipasang kali ini.

Kroasia:
Tidak ada kabar cedera atau pemain bermasalah maupun kena hukuman di tim Kroasia sejauh ini, sehingga mereka bisa dikatakan akan tampil full team.

Para pemain timnas Kroasia saat menghadiri latihan di Stadion Rovinj, Kroasia, Kamis (10/6/2021), dalam rangka persiapan menghadapi Inggris dalam laga awal Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6). [Damir SENCAR / AFP]Para pemain timnas Kroasia saat menghadiri latihan di Stadion Rovinj, Kroasia, Kamis (10/6/2021), dalam rangka persiapan menghadapi Inggris dalam laga awal Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6). [Damir SENCAR / AFP]

Head to Head Inggris vs Kroasia (5 Duel Terakhir)

18 Nov 2018: Inggris vs Kroasia 2-1 (UEFA Nations League)12 Oct 2018: Kroasia vs Inggris 0-0 (UEFA Nations League)11 Jul 2018: Kroasia vs Inggris 2-1 (Piala Dunia)09 Sep 2009: Inggris vs Kroasia 5-1 (Piala Dunia)10 Sep 2008: Kroasia vs Inggris 1-4 (Piala Dunia)

Hasil 5 Laga Terakhir

Inggris

06 Jun 2021: Inggris 1-0 Rumania (M)02 Jun 2021: Ingrris 1-0 Austria (M)31 Mar 2021: Inggris 2-1 Polandia (M)28 Mar 2021: Albania 0-2 Inggris (M)25 Mar 2021: Inggris 5-0 San Marino (M)

Kroasia

06 Jun 2021: Belgia 1-0 Kroasia (K)01 Jun 2021: Kroasia 1-1 Armenia (S)30 Mar 2021: Kroasia 3-0 Malta (M)27 Mar 2021: Kroasia 1-0 Siprus (M)24 Mar 2021: Slovenia 1-0 Kroasia (K)

Perkiraan Susunan Pemain Inggris vs Kroasia di Grup D Euro 2020

Inggris (4-2-3-1): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 5-John Stones, 15-Tyrone Mings, 21-Ben Chilwell; 1-Kalvin Phillips, 4-Declan Rice; 20-Phil Foden, 19-Mason Mount, 10-Raheem Sterling; 9-Harry Kane
Manajer: Gareth Southgate

Kroasia (4-2-3-1): 1-Dominik Livakovic; 2-Sime Vrsaljko, 21-Domagoj Vida, 5-Duje Caleta-Car, 3-Borna Barisic; 11-Marcelo Brozovic, 8-Mateo Kovacic; 10-Luka Modric, 17-Ante Rebic, 4-Ivan Perisic; 20-Bruno Petkovic
Pelatih: Zlatko Dalic

Comments