Prancis akan Membangun Akuarium Raksasa di Teluk Kendari

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Prancis akan Membangun Akuarium Raksasa di Teluk Kendari

Prancis akan Membangun Akuarium Raksasa di Teluk Kendari

KEPONEWS.COM - Prancis akan Membangun Akuarium Raksasa di Teluk Kendari Jum'at, 31 Maret 2017 | 06:47 WIBPetugas kebersihan membersihkan kaca akuarium raksasa di Sea world Ancol, Jakarta, 1 Oktober 2014. Sea world terpaksa tutup karena masih terjadi sengketa kontrak perja...

Jum'at, 31 Maret 2017 | 06:47 WIB

Prancis akan Membangun Akuarium Raksasa di Teluk Kendari

Petugas kebersihan membersihkan kaca akuarium raksasa di Sea world Ancol, Jakarta, 1 Oktober 2014. Sea world terpaksa tutup karena masih terjadi sengketa kontrak perjanjian antara PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Sea World Indonesia. Tempo/M IQBAL ICHSAN

Kendari - Prancis melalui pemerintah Kota La Rochelle siap membantu pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membangun akuarium raksasa di daerah Teluk Kendari. "Kami tidak hanya sekadar membantu membangun, tetapi juga dalam pengelolaannya, kata Wali Kota La Rochelle, Jean Francous Fountaine, usai bertemu jajaran Pemerintah Kota Kendari, di Kendari, Kamis, 30/03.

Baca: Seperti Apa Ikon Pariwisata Kendari Senilai Rp 40 ...

Jean menyatakan di kotanya ada pengusaha yang berpengalaman membangun akuarium raksasa itu. Dia diklaim sudah berhasil membangun sekitar 70 akuarium raksasa di Eropatentu saja termasuk di Kota La Rochelle

"Akuarium raksasa merupakan objek wisata utama di La Rochelle dan menyerap wisatawan dalam jumlah besar," kata Jean. Kalau nanti terwujud, maka akuarium raksasa itu akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Rencananya, akan ada tenaga ahli dari Prancis yang membantu pengelolan dan perawatan akuarium. Menurut Jean, akuarium semacam ini butuh pemeliharaan ekstra. Tenaga ahli kami akan tinggal beberapa tahun membina pengelola setempat hingga berdikari," kata Jean.

Wali Kota kendari, Asrun menyambut baik tawaran bantuan tersebut. Dia berharap akuarium raksasa itu bisa menjadi ikon Kota Kendari. "Desain akuarium raksasa nantinya memadukan antara hiburan dan edukasi, kata dia.

Karena Kendari berada di tepi laut Banda, akuarium raksasa akan menggambarkan keanekaraaagaman ekosistem dan ekologi laut Banda dan Wakatobi.

Asrun menyatakan keinginan La Rochelle membantu pembangunan akuarium raksasa tersebut sebagai tindak lanjut kerja sama kemaritiman kedua kota yang telah ditandatangani di Jakarta dan disaksikan Presiden Prancis.

ANTARA

Comments