Prabowo tolak hasil perhitungan KPU, ini tanggapan Jokowi

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Prabowo tolak hasil perhitungan KPU, ini tanggapan Jokowi

Prabowo tolak hasil perhitungan KPU, ini tanggapan Jokowi

KEPONEWS.COM - Prabowo tolak hasil perhitungan KPU, ini tanggapan Jokowi Perhitungan Pilpres 2019 masih berlangsung hingga kini. Berdasarkan hasil hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU), paslon nomor urut 01 masih unggul. Meski demikian, hasil Pilpres 2019 baru bisa dium...
Loading...

Perhitungan Pilpres 2019 masih berlangsung hingga kini. Berdasarkan hasil hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU), paslon nomor urut 01 masih unggul. Meski demikian, hasil Pilpres 2019 baru bisa diumumkan pada 22 Mei 2019.

Belum diumumkan hasil Pilpres 2019, sudah ada beberapa polemik. Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menolak hasil penghitungan suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU. Ia menilai Pilpres 2019 diwarnai kecurangan. Prabowo tak akan mendapatkan hasil suara yang dimanipulasi.

"Sikap saya ialah saya akan menolak hasil penghitungan yang curang, kamu tidak bisa mendapatkan ketidakadilan, ketidakbenaran dan ketidakjujuran," kata Prabowo saat mengungkap fakta-fakta kecurangan pilpres di Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Mantan Danjen Kopassus itu masih berharap kepada KPU memperjuangkan kebenaran. Demikian seperti dikutip dari Liputan6 pada Kamis (16/5).

"Kau yang harus memutuskan, kau yang harus memilih, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia atau meneruskan kebohongan ketidakadilan, berarti kau mengizinkan penjajahan terhadap rakyat Indonesia," tutur Prabowo.

Lebih lengkapnya, Jokowi menyatakannya sikapnya itu melalui akun Instagram @jokowi. Berikut pernyataan Jokowi.

"Negara kita ini aturan mainnya jelas, konstitusinya jelas, undang-undangnya jelas, aturannya jelas. Ya, diikuti." Itu jawaban saya atas pertanyaan para jurnalis di Jakarta, selepas buka puasa tadi.

Soal hasil Pemilihan Umum 2019 ini, menurut undang-undang, Komisi Pemilihan Umum merupakan satu-satunya lembaga yang diberi amanat dan kewenangan untuk melakukan rekapitulasi dan mengumumkan hasil Pemilu.

Saya sebagai peserta, kita semua, hendaknya menyerahkan sekaligus mempercayakan sepenuhnya kepada KPU. Apabila ada keberatan-keberatan setelah diumumkan nanti, konstitusi juga telah menyediakan jalur dan proses penyelesaian melalui Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga yang berwewenang untuk memutus perselisihan perihal hasil pemilihan umum," tulis Jokowi.

Recommended By Editor Prabowo tolak hasil perhitungan KPU, ini tanggapan Jokowi
Loading...

Comments