PPKM Jawa-Bali, KLB Askab PSSI Malang Dibubarkan Polisi

Sepakbola

Sports / Sepakbola

PPKM Jawa-Bali, KLB Askab PSSI Malang Dibubarkan Polisi

PPKM Jawa-Bali, KLB Askab PSSI Malang Dibubarkan Polisi

KEPONEWS.COM - PPKM Jawa-Bali, KLB Askab PSSI Malang Dibubarkan Polisi Kongres Luar Biasa (KLB) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Malang dihentikan oleh Polsek Klojen, Kota Malang, Kamis, 14 Januari 2020. Selain tidak mempu...

Kongres Luar Biasa (KLB) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Malang dihentikan oleh Polsek Klojen, Kota Malang, Kamis, 14 Januari 2020. Selain tidak mempunyai izin dari Bupati Malang M Sanusi, panitia KLB juga tidak mengantongi izin dari Satgas COVID-19 Kota Malang, dan Polresta Malang Kota.

Kapolsek Klojen, Ajun Komisaris Polisi Akhmad Fani Rakhim mengatakan, pihaknya melakukan penghentian proses KLB PSSI Kabupaten Malang karena berlangsung di wilayah hukum Kota Malang. KLB digelar di Ruang Anusapati, Komplek Pendopo Kabupaten Malang yang ada di Jalan Agus Salim, Kota Malang.

"PSSI Kabupaten tidak punya izin Bupati dan Polresta Malang Kota, cuma membuat permohonan pengaman ke Satpol PP Kabupaten Malang. Izin tempat tidak ada izin pemberitahuan Polresta tidak ada. Satpol PP Kabupaten akhirnya membuat surat balasan, isinya pihak Satpol PP tidak memberikan izin keamanan karena sedang berlangsung PPKM," kata Fani, Kamis, 14 Januari 2020.

Photo : VIVA/Lucky Aditya

Fani mengatakan, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2021 segala kegiatan pengumpulan massa saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlangsung dilarang. KLB PSSI Kabupaten Malang akhirnya dihentikan sebelum dimulai, salah satu rencana KLB ialah pemilihan ketua PSSI.

"Kita melakukan koordinasi dengan ketua panitia KLB dan Satpol PP. Permasalahannya ialah surat panitia tidak ada pemberitahuan ke Polresta Malang Kota maupun Satgas COVID-19 Kota Malang. Tidak dibubarkan karena kongres belum dimulai. Kalau dalam pelaksanaan sebenarnya tidak boleh, acuannya ialah Instruksi Mendagri," ujar Fani.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando H Matondang membenarkan Askab PSSI Malang memang meminta bantuan keamanan ke mereka. Namun, karena berada di Kota Malang izin harus diurus ke Satgas COVID-19 Kota Malang. Saat dihentikan, pelaksanaan KLB masih pada tahap absensi peserta sekitar pukul 9.30 WIB. Karena belum juga mendapatkan izin dari Satgas COVID-19 Kota Malang, akhirnya KLB dihentikan.

"Memang kemarin PSSI minta bantuan keamanan kepada Satpol PP. Pada intinya kami siap menjalankan keamanan tetapi karena itu kegiatan masyarakat dan berada di wilayah Kota Malang tentunya harus mengurus izin dari Satgas COVID-19 Kota Malang. Karena sampai pukul 09.30 panitia belum bisa menunjukkan surat izin dari Satgas, makanya sementara kegiatan belum bisa dilaksanakan," tutur Firmando.

Ketua Komite Pemilihan Askab PSSI Malang, Muali mengatakan, mengaku hanya bersurat ke Satpol PP Kabupaten Malang untuk menggelar Kongres tersebut. Dengan penghentian ini, KLB harus ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan sembari mengurus persyaratan perizinan.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Kepolisian setempat via telepon. Karena saat mengurus persiapan kongres belum PPKM. Kami tunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hingga persyaratan perizinan selesai," kata Muali.

Comments