Polusi udara Jakarta makin parah, ini 6 tips biar tak mudah sakit

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Polusi udara Jakarta makin parah, ini 6 tips biar tak mudah sakit

Polusi udara Jakarta makin parah, ini 6 tips biar tak mudah sakit

KEPONEWS.COM - Polusi udara Jakarta makin parah, ini 6 tips biar tak mudah sakit Meningkatnya polusi udara Jakarta beberapa waktu lalu sempat menjadi topik hangat. Buruknya kualitas udara mencatatkan Ibukota Indonesia ini sebagai salah satu kota dengan polusi udara paling mempriha...
Loading...

Meningkatnya polusi udara Jakarta beberapa waktu lalu sempat menjadi topik hangat. Buruknya kualitas udara mencatatkan Ibukota Indonesia ini sebagai salah satu kota dengan polusi udara paling memprihatinkan di dunia.

Perlu diketahui, kualitas udara di suatu titik atau wilayah berdasarkan Air Quality Index (AQI) dibagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari kualitas baik (300).

Dilansir dari AirVisual.com, tercatat pada 3 September 2019 siang, nilai AQI di Jakarta mencapai angka 158. Angka ini sudah melebihi batas maksimal udara dengan kualitas yang baik dan bersih untuk dihirup.

Kondisi udara yang tidak sehat secara tidak langsung berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Nah, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, ada beberapa aksi kecil yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dari paparan polusi udara.

Apa saja itu? Yuk simak ulasan di bawah ini sebagaimana dihimpun dari banyak sekali sumber, Senin (9/9).

1. Memakai masker pelindung saat keluar rumah.

tips sehat meski polusi udara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Meski kerap dianggap sepele, memakai masker saat keluar rumah merupakan perlindungan paling mudah. Agar dapat terhindar dari partikel-partikel kecil berbahaya yang terhirup seperti Particular Matter (PM) 2,5, sebaiknya kamu memakai masker N95. Masker warna putih yang mempunyai penyaring di bagian depan ini lebih efektif dalam melindungimu dari terpaan polusi udara.

2. Menanam tanaman anti-polutan.

tips sehat meski polusi udara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain memakai masker, menanam sejumlah tanaman anti-polutan juga bisa melindungimu dari polusi udara. Sebut saja seperti tanaman daun ivi, dracanea, lidah buaya, spider plant atau lili paris, dan palem kuning yang dikenal bisa membersihkan udara dan menyerap racun polusi udara.

Tanaman-tanaman hias ini dapat kamu taruh di dalam rumah atau pun kantor. Tak hanya baik untuk lingkungan, tanaman hias ini akan mempercantik ruangan.

3. Konsumsi makanan dan minuman bergizi.

tips sehat meski polusi udara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu cara mudah melindungi diri dari polusi udara merupakan menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Mengonsumsi buah dan sayur kaya antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari efek buruk pencemaran udara.

Selain buah dan sayur tinggi antioksidan, lengkapi asupan bergizi dengan rajin mengonsumsi Bear Brand. Minuman yang terbuat dari 100% susu murni berbobot tinggi ini kaya akan kandungan protein, lemak, dan vitamin. Dengan segala kebaikan susu, kemurnian Bear Brand dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, Bear Brand juga dapat langsung dikonsumsi dikarenakan telah mengalami proses sterilisasi tanpa penambahan bahan pengawet. Nggak perlu khawatir lagi deh. Dengan Bear Brand, jaga kesehatan dari polusi udara dan cuaca yang tidak bersahabat #BisaBanget.

4. Memakai air purifier.

tips sehat meski polusi udara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Memakai air purifier merupakan aksi kecil lainnya yang bisa kamu lakukan. Bukan tanpa karena mengingat kualitas udara dalam ruangan atau rumah tidak sebersih yang kamu kira. Alih-alih berlindung dari jahatnya polusi udara dari luar, kamu justru tetap mendapat paparan polusi udara dalam rumah.

Meski kondisinya tidak seburuk di luar rumah, ada baiknya kamu memastikan kebersihan udara dengan memakai air purifier. Penggunaan air purifier bisa menjadi investasi untuk kesehatan keluarga dalam jangka panjang.

5. Bersihkan udara dalam mobil.

tips sehat meski polusi udara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Banyak yang tidak menyadari jikalau kondisi udara dalam mobil dapat lebih buruk dibanding di luar mobil. Hal ini sesuai dengan pernyataan Environmental Protection Agency (EPA) bahwa polusi dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi daripada polusi di luar ruangan.

Biasanya saat berada dalam mobil, secara tidak disadari kamu akan menghirup polusi asap knalpot kendaraan di depanmu. Maka dari itu, rajin membersihkan udara dalam mobil sangat penting.

Bisa dimulai dengan cara menghindari berkendara pada jam sibuk, menjaga jarak aman dari kendaraan besar seperti truk diesel, menjaga kebersihan interior mobil, dan menghindari penggunaan pewangi mobil.

6. Gunakan software pemantau udara.

tips sehat meski polusi udara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Terakhir, aksi sederhana yang bisa kamu lakukan merupakan dengan selalu mengetahui kualitas udara saat hendak keluar rumah. Meski sepele, cara ini dapat membantumu terhindar dari jahatnya paparan polusi udara dan radikal bebas. Tak perlu susah-susah, saat ini sudah banyak software pemantau udara gratis yang bisa kamu dapatkan lewat smartphone.

Recommended By Editor
Loading...

Comments