Polemik Kurir Sepeda dari Pekerja Migran dan Pedang Bermata Dua Gig Economy

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Polemik Kurir Sepeda dari Pekerja Migran dan Pedang Bermata Dua Gig Economy

Polemik Kurir Sepeda dari Pekerja Migran dan Pedang Bermata Dua Gig Economy

KEPONEWS.COM - Polemik Kurir Sepeda dari Pekerja Migran dan Pedang Bermata Dua Gig Economy JUSMELY Vasquez merupakan kurir sepeda di Rappi, sebuah software ekspedisi yang menggemparkan Kolombia. Vasquez, mekanik sekaligus musikus berusia 24 tahun yang pindah ke Kolombia dua tahun lalu, bert...

JUSMELY Vasquez merupakan kurir sepeda di Rappi, sebuah software ekspedisi yang menggemparkan Kolombia. Vasquez, mekanik sekaligus musikus berusia 24 tahun yang pindah ke Kolombia dua tahun lalu, bertemu saya dengan tas punggung khusus yang diproduksi Rappi.

Sweter yang kerap dikenakan Vasquez, yang memuat tulisan 'Made in Venezuela, bukan bagian dari seragamnya sebagai kurir Rappi. Di ibu kota Kolombia, Bogota, sebagian besar karyawan Rappi diperkirakan merupakan warga negara Venezuela yang bermigrasi untuk menghindari kelaparan dan kemiskinan.

Fakta Menarik Fintech Ilegal Kian Ganas

Pada 2018, Rappi mencapai status unicorn alias mempunyai nilai valuasi leih dari USD1 miliar. Titel itu merupakan pencapaian besar bagi perusahaan yang didirikan tiga warga Kolombia tahun 2015 tersebut.

pekerja di Rappi

Momentum naik daun perusahaan ini bertepatan dengan kejatuhan Venezuela, tetangga Kolombia di sisi timur. Ketidakpuasan politik yang berakar dari hiperinflasi, pemotongan daya listrik, hingga kelangkaan makanan memaksa warga negara itu meninggalkan kampung halaman.

Bagi banyak pelarian dari Venezuela itu, Rappi telah berubah menjadi menjadi penyelamat hidup karena menyediakan pekerjaan yang banyak diidamkan.

Supaya Tak Tertipu, Ini Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Namun, para pekerja lokal di Kolombia berasumsi bahwa keberadaan tenaga kerja asing justru membuat standar upah menurun. Sementara sejumlah pakar terus mencari tahu apakah kesuksesan Rappi didorong krisis Venezuela.

Angkatan kerja baru

Rappi mulai usaha mereka dengan menjalankan jasa pesan-antar makanan. Namun setelahnya, mereka berubah menjadi software super dengan menunjukkan banyak sekali jasa lain.

Rappi menunjukkan jasa pembelian makanan dan obat (Instacart), belanja di restoran (Uber Eats dan Deliveroo), penarikan uang tunai serta pengiriman uang via ponsel (Venmo).

Fintech Diminta Jangkau Masyarakat yang Belum Tersentuh Perbankan

Software ini juga menjadi cara bagi para pelanggan untuk menuntaskan ragam pekerjaan: karyawan Rappi dapat mengirim paket bahkan membelikan Kamu pakaian (TaskRabbit).

Enam tahun setelah didirikan, Rappi berekspansi ke enam negara di Amerika Selatan. Mereka mengklaim bekerja sama dengan 100 ribu kurir.

Rappi mendapat titel unicorn tahun 2018, usai investasi senilai USD1 miliar dari lembaga perbankan Jepang, SoftBank, resmi mengucur ke kas mereka.

Rappi enggan membuka data wacana jumlah warga Venezuela yang bekerja di perusahaan mereka. Mereka mengklaim tidak ingin memunculkan sentimen anti-pekerja migran di daerah tersebut.

Namun mereka menyatakan bahwa 30% kurir mereka merupakan migran yang berasal dari banyak sekali negara Amerika Latin.

Selanjutnya

Comments