Point of Nemo, Tempat Paling Sepi dan Misterius di Bumi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Point of Nemo, Tempat Paling Sepi dan Misterius di Bumi

Point of Nemo, Tempat Paling Sepi dan Misterius di Bumi

KEPONEWS.COM - Point of Nemo, Tempat Paling Sepi dan Misterius di Bumi Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano) Untuk kamu yang ingin menyendiri dan menghindari keramaian, Point of Nemo sepertinya merupakan tempat yang tepat. Point of Nemo diklaim sebagai tempat paling s...

Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)

Untuk kamu yang ingin menyendiri dan menghindari keramaian, Point of Nemo sepertinya merupakan tempat yang tepat. Point of Nemo diklaim sebagai tempat paling sepi dan misterius di Bumi.

Nama Point of Nemo atau Oceanic Pole of Inaccessibility sendiri diambil dari kisah fiksi milik Jules Verne. Nemo dalam bahasa Latin berarti 'no one' atau 'tidak ada satu orang pun'.

Point of Nemo dikenal sebagai kuburan masal dari banyak sekali puing canggih pesawat luar angkasa dan tanki bensin titanium. Sangat sepi, Point of Nemo dijadikan kuburan luar angkasa yang paling tepat di Bumi.

Dilansir dari All Thats Interesting, Point of Nemo berada pada koordinat 48 derajat 52,6 menit lintang selatan dan 123 derajat 23,6 menit bujur barat.

Tempat ini juga dikenal sebagai titik terpencil Samudera. Daratan yang paling dekat dengan Point of Nemo berjarak sekitar 2.250 kilometer.

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

Pada tahun 1971, badan antariksa seluruh dunia tercatat sudah membuang 260 wahana antariksa di lokasi ini. Sejauh ini, Point of Nemo sudah menjdi kuburan untuk 300 wahana antariksa.

Point of Nemo menjadi kuburan untuk laboratorium antariksa MIR milik Rusia. Wahana antariksa ini disebut-sebut merupakan benda terbesar yang pernah terkubur dan ditenggelamkan di Point of Nemo. Laboratorium ini jatuh di Point of Nemo pada 2011 lalu dan mempunyai bobot sekitar 120 ton.

Selain Rusia, badan antariksa Amerika, Eropa, dan Jepang sering menjadikan Point of Nemo sebagai tempat sampah raksasa sekaligus kuburan raksasa untuk banyak sekali wahana antariksa.

Lokasi ini dirasa sangat tepat untuk membuang seluruh sampah antariksa tersebut. Pasalnya, Point of Nemo mempunyai jarak yang cukup jauh dengan manusia dan jarang dilewati oleh kapal pelayaran.

Ilustrasi laut. (pexels/Jayson Delos Santos)Ilustrasi laut. (pexels/Jayson Delos Santos)

Sampah antariksa yang dibuang di Point of Nemo diklaim tidak akan melukai manusia atau kehidupan lain yang ada di lokasi tersebut.

Hingga kini, Point of Nemo sering digunakan sebagai tempat sampah dan kuburan yang menampung kapsul Progress.

Rumor menyebutkan jikalau nantinya Point of Nemo sudah tidak akan digunakan lagi. Para ilmuwan sedang dalam usaha untuk mendesain wahana antariksa yang dapat terbakar hangus saat tiba di atmosfer.

NASA bersama ESA sedang dalam usaha untuk mengganti bahan bakar wahana antariksa dari titanium ke alumunium yang mudah terbakar pada suhu rendah.

Dijadikannya sebagai kuburan dan tempat sampah raksasa, wajar bila Point of Nemo disebut sebagai tempat paling sepi dan misterius di Bumi kan? Tertarik menyendiri di lokasi ini?

Comments