PMI: Selain Pasien Covid-19, Donor Plasma Konvalesen Bermanfaat bagi Penyintas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

PMI: Selain Pasien Covid-19, Donor Plasma Konvalesen Bermanfaat bagi Penyintas

PMI: Selain Pasien Covid-19, Donor Plasma Konvalesen Bermanfaat bagi Penyintas

KEPONEWS.COM - PMI: Selain Pasien Covid-19, Donor Plasma Konvalesen Bermanfaat bagi Penyintas TERAPI tambahan dalam upaya pengobatan pasien Covid-19 yang cukup menyita perhatian salah satunya ialah plasma konvalesen. Terapi tambahan ini dianggap cukup baik untuk mengatasi kasus infeksi Covid-1...

TERAPI tambahan dalam upaya pengobatan pasien Covid-19 yang cukup menyita perhatian salah satunya ialah plasma konvalesen. Terapi tambahan ini dianggap cukup baik untuk mengatasi kasus infeksi Covid-19 gejala ringan dan sedang yang dirawat di rumah sakit.

Di sosmed sendiri banyak kita melihat sahabat, saudara, atau netizen meminta tolong untuk para penyintas Covid-19 mau menjadi pendonor plasma konvalesen. Keterbatasan stok membuat terapi ini pun masih belum bisa optimal dilakukan.

Data PMI per 21 Juli 2021 sendiri mengungkapkan bahwa pendonor plasma konvalesen sebanyak 60.090. Namun, jumlah tersebut diyakini masih jauh dibandingkan permintaan untuk pasien Covid-19.

Donor Darah

Padahal, manfaat dari terapi ini diyakini cukup baik. Diterangkan Ketua Bidang Pengembangan Unit Donor Darah PMI Pusat, dr Linda Lukitari Waseso, salah satunya merupakan menyingkatkan waktu penyembuhan pasien di rumah sakit. Artinya, proses mencapai kesembuhan jadi bisa lebih cepat.

"Tapi, yang harus diketahui masyarakat merupakan terapi plasma konvalesen ini tidak bisa memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak. Tetapi terapi ini lebih menekankan untuk menyerang virus penyebab peradangan," papar dr Linda di Instagram Live bertajuk 'Pentingnya Kita Membuatkan Plasma Konvalesen', Selasa 27 Juli 2021.

"Ini juga alasan ada baiknya terapi plasma konvalesen dilakukan untuk pasien Covid-19 yang bukan kritis atau sudah memakai ventilator," tambahnya.

Mau Jadi Pendonor Plasma Konvalesen, Kenali Dulu 7 Syaratnya

Lebih lanjut, Kamu perlu tahu bahwa plasma konvalesen yang didonorkan penyintas Covid-19 itu punya peran penting dalam proses penyembuhan pasien Covid-19. Apa saja perannya?

1. Antibodi Imunoglobulin G (IgG) yang ada pada plasma konvalesen berperan untuk melawan Virus SARS-CoV-2 dengan menurunkan jumlah virus yang ada di dalam tubuh pasien Covid-19.

2. Kandungan protein lainnya yang terdapat di dalam plasma konvalesen berguna untuk menjaga sel tetap utuh sehingga organ hati, ginjal, paru, jantung tidak rusak. Ini membuat pasien tidak jatuh ke kasus lebih berat atau kritis dan mencegah tidak terjadi long Covid, yaitu gejala sisa yang dapat dirasakan penyintas seperti masih sesa dan sebagainya walaupun hasil PCR sudah menunjukkan hasil tes negatif.

Comments