PM Kanada Justin Trudeau akan Beli Sistem Pertahanan Udara AS untuk Disumbangkan ke Ukraina

Internasional

News / Internasional

PM Kanada Justin Trudeau akan Beli Sistem Pertahanan Udara AS untuk Disumbangkan ke Ukraina

PM Kanada Justin Trudeau akan Beli Sistem Pertahanan Udara AS untuk Disumbangkan ke Ukraina

KEPONEWS.COM - PM Kanada Justin Trudeau akan Beli Sistem Pertahanan Udara AS untuk Disumbangkan ke Ukraina Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan pemerintahnya akan membeli sistem pertahanan udara Amerika Serikat (AS) untuk disumbangkan ke Ukraina. "Sistem pertahanan udara AS itu bernilai 302 ju...

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan pemerintahnya akan membeli sistem pertahanan udara Amerika Serikat (AS) untuk disumbangkan ke Ukraina.

"Sistem pertahanan udara AS itu bernilai 302 juta dolar Amerika," kata Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand, seperti dikutip The Guardian.

"Kanada akan terus menyokong rakyat Ukraina saat mereka berperang melawan invasi Rusia yang ilegal dan tidak dapat dibenarkan," imbuhnya.

Diwartakan cbc.ca, Kanada sedang bersiap menyambung kunjungan Presiden AS Joe Biden pada Maret mendatang.

Departemen Pertahanan Nasional mengonfirmasi pembelian tersebut dalam rilis gosip Selasa (10/1/2023) malam.

Joe Biden Umumkan Kondisi Darurat di Negara Bagian California, Amerika Serikat

biden, trudeau, lopez obradorPresiden AS Joe Biden (kiri), Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kanan) dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador tiba untuk berbicara setelah KTT ke-10 Pemimpin Amerika Utara, di The National Palace di Mexico City, pada 10 Januari 2023.

"Sumbangan sistem rudal permukaan-ke-udara tingkat lanjut nasional (NASAMS) Kanada akan membantu Ukraina memperkuat sistem pertahanan udaranya terhadap serangan udara yang merusak di lokasi militer, infrastruktur kritis sipil, dan pusat populasi," kata Departemen Pertahanan dalam rilis informasi.

Sistem pertahanan rudal dirancang dan dikembangkan bersama oleh perusahaan pertahanan Amerika Raytheon dan Kongsberg Defense & Aerospace yang berbasis di Norwegia.

Zelensky minta bantuan militer

Sebelumnya, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah meminta sistem pertahanan udara dalam permintaan bantuan militernya.

Zelensky berterima kasih kepada Trudeau atas donasinya dalam sebuah tweet hari pada Selasa (10/1/2023).

Presiden Joe Biden: Amerika Tidak Merencanakan Latihan Nuklir Bersama Korea Selatan

"Dear @JustinTrudeau, kepemimpinan sejati Kamu dalam membela demokrasi dan hak asasi manusia telah dibuktikan dengan jelas lagi," kata Zelensky dalam tweet tersebut.

"Terima kasih telah membantu kami melindungi langit kami. NASAMS yang diperoleh Kanada untuk kami akan menjadi perisai yang kuat bagi kota dan warga negara kami," ucapnya.

Kanada telah memberikan lebih dari $3,4 miliar bantuan militer dan kemanusiaan ke Ukraina.

Biden kunjungi Kanada

Justin Trudeau mengundang Presiden AS ke Kanada.

Joe Biden akan berkunjung pada Maret mendatang.

Tapi tidak ada berita lokasi atau tanggal yang dibagikan.

Ini akan menjadi perjalanan resmi pertama Biden ke Kanada semenjak dia menjadi presiden pada Januari 2021.

(Andari Wulan Nugrahani)

Comments