PlayStation 5 dan Xbox Baru Nanti Punya Performa Mirip, Kenapa?

Games

Updates / Games

PlayStation 5 dan Xbox Baru Nanti Punya Performa Mirip, Kenapa?

PlayStation 5 dan Xbox Baru Nanti Punya Performa Mirip, Kenapa?

KEPONEWS.COM - PlayStation 5 dan Xbox Baru Nanti Punya Performa Mirip, Kenapa? Paten DualShock 5, controller PlayStation 5. (The Verge) Konsol baru dipastikan muncul 2020 mendatang. Sony menghadirkan PlayStation 5 sebagai penerus PLayStation 4. Sedangkan Microsoft telah menyiap...
Loading...

Paten DualShock 5, controller PlayStation 5. (The Verge)

Konsol baru dipastikan muncul 2020 mendatang. Sony menghadirkan PlayStation 5 sebagai penerus PLayStation 4.

Sedangkan Microsoft telah menyiapkan Xbox Baru yang kni masih bernama Project Scarlett. Penerus Xbox One ini juga akan diungkap 2020 mendatang.

Soal performa, kedua konsol game baru ini nanti diduga akan setingkat. Kurang lebih seperti yang terjadi pada PlayStation 4 dan Xbox One.

Seperti diketahui, PlayStation 4 dan Xbox One memakai arsitektur chip yang sama. Yaitu berbasiskan AMD Jaguar 8 core.

Lalu bagimana dengan konsol game baru nanti? Ternyata kurang lebih sama. Hal ini terungkap dari investigasi Jason Schreier, jurnalis Kotaku.

Hasil penyelidikannya menyebutkan kalau baik PlayStation 5 maupun Xbox baru penerus Xbox One ini mempunyai performa yang serupa.

Dari sisi hardware, disebutkan kalau keduanya juga akan sangat mirip satu sama lain. Meski begitu, ada beberapa faktor yang membedakan konsol ini.

PlayStation 5 pakai arsitektur baru AMD. (AMD)PlayStation 5 pakai arsitektur baru AMD. (AMD)

Disebutkan kalau PlayStation 5 akan fokus pada aksesibilitas yang makin maksimal. Juga fokus pada pengurangan waktu loading.

Seperti diberitakan sebelumnya, konsol game Sony ini disebutkan akan memakai SSD buatan Samsung. Bukan lagi memakai HDD seperti PlayStation 4.

Sony sendiri sempat memamerkan bagaimana game Marvel's Spider-Man bisa berjalan seolah tanpa loading dengan teknologi baru mereka.

Di sisi lain, semenjak awal Microsoft sudah mengumumkan memakai SSD untuk konsol game dari Project Scarlett ini. Namun detailnya masih belum diungkap.

Investigasi Jason Schreier pada konsol baru. (Twitter/ jasonschreier)Investigasi Jason Schreier pada konsol baru. (Twitter/ jasonschreier)

Soal performa, hal ini tidak luput dari pemakaian chip buatan AMD yang berbasiskan pada arsitektur baru mereka, Zen2 dan NAVI.

Karena itu, dua konsol game baru ini akan mempunyai performa yang mengagumkan. Baik untuk PlayStation 5 maupun Xbox baru mendatang.

Comments