Phuket Selain Miliki Pantai Indah, ada Tempat Lain yang Tak Kalah Menarik

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Phuket Selain Miliki Pantai Indah, ada Tempat Lain yang Tak Kalah Menarik

Phuket Selain Miliki Pantai Indah, ada Tempat Lain yang Tak Kalah Menarik

KEPONEWS.COM - Phuket Selain Miliki Pantai Indah, ada Tempat Lain yang Tak Kalah Menarik Phuket,reportasenews.com Kalau hendak berwisata ke Phuket yang terpikir pertamakali ialah pantai-pantainya yang terkenal indah, seperti Patong, Karon, dan Kata. Phuket sendiri bukan hanya pant...

Phuket,reportasenews.com Kalau hendak berwisata ke Phuket yang terpikir pertamakali ialah pantai-pantainya yang terkenal indah, seperti Patong, Karon, dan Kata. Phuket sendiri bukan hanya pantainya yang terkenal, namun ada juga tempat-tempat indah yang sayang kalau tak dikunjungi.

Petualangan saya ke Phuket kali ini tidak akan menceritakan perihal pantai Phuket yang indah, tapi ke tempat lainnya. Bila ingin berjalan jalan ke sekitar Phuket sebaiknya sewa motor saja, untuk menyewa motorpun kita sangat mudah karena ada beberapa agen travel yang memberikan jalan-jalan dalam kota, harganya sekitar 1000 baht.

Ada beberapa tempat yang akan dikunjungi tak memungut biaya untuk tiket masuk. Untuk menghemat budget traveller sebaiknya sewa motor saja, sehari sekitar 250-300 baht.

Sewa motor di Phuket memang lebih mahal dari tempat lain, karena Phuket merupakan lokasi yang sangat turistik. Berikut ini beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Phuket.

1. The Big Budha Phuket

Seperti yang kita ketahui, masyarakat Thailand merupakan penganut Budha, sehingga banyak sekali kuil-kuil Budha yang dibuat spektakuler dan seindah mungkin.

The Big Budha Phuket merupakan sebuah patung Budha raksasa dengan posisi duduk diatas bunga lotus, setinggi 45 meter dengan lebar lebih dari 25 meter. Terletak di atas puncak bukit Nakkerd. Untuk sampai ke tempat ini tak usah khawatir tersasar, banyak petunjuk arah menuju Sang Budha berada.

The Big Budha Phuket (foto:ist)

The Big Budha Phuket (foto:ist)

Yang menyenangkan sepanjang perjalanan mendaki bukit, pemandangan indah, hutan, pemukiman penduduk, laut akan menjadi santapan rohani anda. Patung Budha duduk diatas sebuah bunga lotus. Dan di dalam bunga lotus yang besar itu ada sebuah ruangan yang seperti kuil.

Di dalamnya terdapat patung-patung biksu, dan patung lainnya yang tidak saya kenal. Tidak ada keterangan juga itu patung siapa atau patung apa. Di pintu masuk ada sebuah banner besar yang bertuliskan ajaran Budha. Yang paling istimewa, seluruh bangunan patung dan kuil di bawahnya semuanya terbuat dari Marmer putih. Luar biasa!

Dari lokasi Patung Budha ini, anda juga dapat menikmati pemandangan 360 derajat pulau Phuket bagian selatan. Di bagian lain di luar area kuil ada prasasti tapak kaki Budha, dan beberapa patung Budha kuningan dalam banyak sekali posisi.

Sayangnya kuil ini masih dalam tahap pembangunan, terutama di bagian dalam kuil. Jadi penasaran, akan seperti apa nantinya kalau sudah jadi nanti. Untuk masuk ke lokasi ini, tidak dipungut biaya, tapi anda bisa memberikan sumbangan ala kadarnya di tempat-tempat yang sudah disediakan.

Di salah satu area ada sebuah aula dimana ada 2 biksu yang mendapatkan konsultasi. Jadi kalau pengunjung ingin mendapat siraman rohani dari para biksu, bisa antri di aula ini. Tapi saya kurang paham, apakah konsultasinya menggunakan bahasa Thailand atau bahasa Inggris. Di tempat ini anda harus berpakaian rapi dan sopan, tidak bercelana pendek dan tidak berbusana tanpa lengan.

2. Promthep Cape

Ini ialah sebuah view point yang pemandangannya sangat menakjubkan. Ini merupakan titik paling selatan di pulau. Dari sini pemandangan laut Andaman di Selatan Phuket bisa anda nikmati dengan terang dan luas.

Promthep Cape (foto:ist)

Promthep Cape (foto:ist)

Biasanya orang kesini menjelang matahari terbenam, karena suasananya begitu cantik dan romantis. Tapi kapanpun waktunya, tempat ini sangat cantik, sehingga rasanya tak ingin beranjak dari tempat itu. Mata tak ingin berkedip menikmati keindahannya. Inilah salah satu tempat paling terkenal di Phuket. Ada tangga-tangga batu untuk anda yang ingin turun sampai ke ujungnya.

Tapi hati-hati, karena kalau jatuh, langsung ke laut dalam. Jangan lewatkan untuk singgah di sini kalau ke Phuket. Belum ke Phuket kalau anda belum ke Promthep Cape. Disini juga tidak dipungut biaya.

3. Wat Chalong

Ini merupakan komplek kuil Budha dimana ada satu kuil yang terbesar dan tertinggi. Nah kita fokus ke kuil utama ini saja ya.. Sebelum masuk kuil, harus buka alas kaki. Bila pakaian anda kurang sopan ada petugas yang akan meminjamkan kain untuk menutupi tubuh anda yang terbuka. Kuil ini terdiri dari 3 tingkat.

Tingkat pertama dipenuhi dengan patung-patung Budha yang terbuat dari kuningan dalam banyak sekali posisi. Sementara dindingnya penuh lukisan yang berkisah perihal perjalanan Sang Budha.

 Wat Chalong (foto:ist)

Wat Chalong (foto:ist)

Ditingkat kedua juga dipenuhi dengan patung-patung kuningan Sang Budha dengan banyak sekali posisi. Lukisan dindingnya pun sama dengan tingkat pertama.

Nah di tingkat 3, ruangannya lebih sempit, ada sebuah ruangan kaca yang didalamnya merupakan patung bunga lotus terbuat dari marmer merah muda dan Kristal.

Pada keempat sudutnya ada patung Budha yang seolah menjaga Lotus tersebut. Didalamnya berserakan uang kertas dan koin hasil sumbangan masyarakat yang berkunjung. Ternyata sumbangan tak harus dalam mata uang baht, karena saya melihat ada mata uang lain seperti Korea Won bahkan Indonesian Rupiah.

Dari ketinggian di tingkat teratas kuil anda dapat melihat patung Big Budha di kejauhan. Berkunjung ke tempat ini juga tidak dipungut biaya.

4. Karon View Point

Seperti halnya View Point di Promthep Cape, ini juga lokasi tempat kita bisa melihat pemandangan indah di bagian selatan Phuket. Dari tempat ini, anda bisa melihat 3 pantai terkenal di Phuket, yaitu Kata Noi beach,

Karon View Point (foto:ist)

Karon View Point (foto:ist)

Karon Beach, dan Patong Beach. Dimana lagi bisa melihat keunikan pemandangan seperti ini? Tapi saya pribadi entah kenapa melihat pulau yang memisahkan ketiga pantai itu seperti membentuk lafaz Allah. Mungkin tak begitu terang bagi yang lain, tapi seolah mirip.

Di Karon View Point, anda bisa menikmati keindahan pemandangan laut dan pantai di siang hari, di sore hari anda bisa nikmati keindahan matahari terbenam, dan di malam hari, giliran pemandangan kelap kelip lampu yang menerangi wilayah Kata, Karon dan Patong. Tidak dipungut biaya untuk datang ke tempat ini.

Itulah tempat-tempat yang saya kunjungi selain pantai dan shopping center di Phuket. Masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya di Phuket yang layak dikunjungi dan berbeda dari tempat lain. (Nina Harita)


Comments