Peta Persaingan Dapil 'Neraka' DKI III, Elite PDIP Vs Ponakan Prabowo

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Peta Persaingan Dapil 'Neraka' DKI III, Elite PDIP Vs Ponakan Prabowo

Peta Persaingan Dapil 'Neraka' DKI III, Elite PDIP Vs Ponakan Prabowo

KEPONEWS.COM - Peta Persaingan Dapil 'Neraka' DKI III, Elite PDIP Vs Ponakan Prabowo Dua bulan jelang hari pencoblosan Pileg 2019, lembaga survei Charta Politika merilis hasil riset terbaru terkait dinamika caleg DPR dari daerah pemilihan atau dapil DKI Jakarta. Salah satu dapil yang...

Dua bulan jelang hari pencoblosan Pileg 2019, lembaga survei Charta Politika merilis hasil riset terbaru terkait dinamika caleg DPR dari daerah pemilihan atau dapil DKI Jakarta. Salah satu dapil yang dinilai neraka merupakan dapil DKI-III.

Dapil DKI III mencakup Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Di dapil neraka ini, ada nama-nama politikus beken seperti politikus Gerindra sekaligus ponakan Prabowo Subianto, Saraswati Djojohadikusumo, dua politikus PDIP Darmadi Durianto, Charles Honoris, politikus PAN Abraham Lunggana atau Haji Lulung, hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Dalam survei tersebut, salah satunya diukur dengan simulasi kertas suara. Diketahui, ponakan Prabowo yaitu Saraswati Djodjohadikusumo atau Sara bersaing ketat dengan duo PDIP Darmadi Durianto dan Charles Honoris. Namun, dari simulasi ini, Darmadi lebih unggul dibanding Charles di internal surat suara PDIP.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin mengatakan metode dalam survei ini ialah sainte lague. Dalam metode itu ada skema simulasi pileg berdasarkan surat suara. Dengan simulasi ini bisa menganalisa caleg.

"Simulasi ini dimaksudkan menganalisa parpol dan caleg mana saja yang menempati urutan pertama di dapilnya masing-masing jikalau pemilu dilaksanakan hari ini," kata Muslimin dalam keterangannya, Selasa, 12 Februari 2019.

image_title

Erick Thohir: Dikit-dikit Hukum Dibilang Kriminalisasi

image_title

Wantimpres: Kandidat Lain Kebalikan Jokowi, Tak Bisa Baca Alquran

image_title

Gara-gara Sebutan 'Sandiwara Uno', Ibunda Sandi Berkaca-kaca

Di dapil III ini, Darmadi bertengger di urutan pertama dari PDIP. Saat ini, Darmadi merupakan anggota DPR dari Komisi VI. Dari Gerindra, ada Sara yang merupakan anggota Komisi VIII DPR. Lalu, Golkar menyertakan nama Andi Rukman Nurdin.

Politikus PDIP Darmadi DuriantoFoto: Politikus sekaligus caleg PDIP Darmadi Durianto.

Adapun dari PKS ada eks Wakapolri Adang Daradjatun. Sementara, dari PAN ada eks politikus PPP, Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Sementara, Nasdem ada anggpta DPR petahana, Ahmad Sahroni.

Charta Politika dalam survei ini mengambil sampel 800 responden di setiap daerah pemilihan dengan waktu 18 Januari-25 Januari 2019. Selain itu dengan wawancara tatap muka. Margin of error dari survei di tiap-tiap daerah pemilihan +/-3,4%. (dau)

Comments