Pesona Pulau Baer, Pecahan Surga di Maluku Tenggara

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Pesona Pulau Baer, Pecahan Surga di Maluku Tenggara

Pesona Pulau Baer, Pecahan Surga di Maluku Tenggara

KEPONEWS.COM - Pesona Pulau Baer, Pecahan Surga di Maluku Tenggara Tak ada yang meragukan keindahan pulau di Indonesia Timur. Jikalau ditanya, mungkin banyak yang menjawab bahwa Raja Ampat ialah poros keindahan di Indonesia Timur. Padahal jikalau Anda menengok ke ara...

Tak ada yang meragukan keindahan pulau di Indonesia Timur. Jikalau ditanya, mungkin banyak yang menjawab bahwa Raja Ampat ialah poros keindahan di Indonesia Timur. Padahal jikalau Anda menengok ke arah Tenggara, di sana ada pecahan surga yang tak kalah elok dari Raja Ampat.

Namanya pulau Bair (Baer), letaknya di pulau Kei Kecil Maluku Tenggara. Pulau Baer merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang berdekatan dengan Desa Dullah Laut di Kota Tual Maluku Tenggara, pulau yang lebih dikenal oleh pencinta traveling dengan sebutan Bair Island oleh penduduk setempat dijuluki Raja Ampat versi mini.

Persis seperti julukannya, pemandangan dan kontur alam pulau Baer ini tak jauh berbeda dengan Raja Ampat.

Landskap Pulau Baer ini sangat memanjakan mata. Ketika VIVA berkunjung ke sana terlihat laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat.

Pulau Baer di Kota Tual Maluku Tenggara

Tak hanya itu, Pulau kecil ini dikelilingi tebing karang cantik yang bisa Anda telusuri dengan menumpangi perahu sampan. Selain itu aktivitas berenang, piknik dan snorkeling bisa Anda lakukan di sini.

Untuk yang bernyali lebih, naiklah ke salah satu tebing di sisi selatan pantai. Tidak ada tangga, undakan dan pegangan hanyalah batu-batu tajam dan akar pohon yang menjuntai. Tingginya sekitar 7 meter. Dari atas, Anda bisa melihat dan berselfie dengan tebing karang Pulau Baer secara utuh.

Karena masih belum banyak dikunjungi, sayangnya belum ada fasilitas memadai untuk bermain di pulau ini seperti alat snorkeling, warung-warung untuk beristirahat, atau toilet untuk sekadar membilas pasir yang menempel pascaberenang.

Namun jangan khawatir, di pulau ini sudah tersedia dermaga untuk berlabuh dan perahu sampan yang bisa Anda sewa untuk berkeliling pulau.

Pulau Baer di Kota Tual Maluku Tenggara

Pulau Baer di Kota Tual Maluku Tenggara

Untuk menuju ke Pulau Baer, anda perlu melakukan beberapa rute perjalanan darat-laut dari kota Tual hingga bisa sampai di pulau ini.

Perjalanan menuju ke Pulau Baer cukup mudah ditempuh. Dari pusat kota Tual, perjalanan dimulai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat ke pulau Dullah Darat.

Waktu tempuh dari Tual ke Dullah Darat menggunakan kendaraan darat sekitar 30 menit. Setelah sampai di dermaga Dullah Darat, Anda bisa lanjut menyewa speedboat (pulang pergi) seharga Rp500 ribu sesuai kesepakatan menuju Pulau Baer.

Terkesan mahal memang, namun Anda bisa 'patungan' dengan orang-orang yang akan berangkat ke Pulau Baer, karena speedboat tersebut muat hingga 20 orang.

Perjalanan dengan speedboat ini memakan waktu kurang lebih satu jam. Meskipun agak lama waktu tempuhnya, Anda tidak akan merasa bosan, karena sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhi dengan deretan-deretan pulau kecil yang indah dan unik.

Pulau Baer di Kota Tual Maluku Tenggara

Comments